Perbedaan Musik Metal dan Rock


Bagi orang awam, mendengarkan musik metal dan juga musik rock menurut mereka tidak ada bedanya, karena dua-duanya sama-sama menghentak telinga. Agak sulit membedakan antara musik metal dan musik rock tersebut, namun yang jelas musik metal sudah tentu bagian dari musik rock, tapi musik rock belum tentu musik metal. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan dijelaskan beberapa perbedannya, seperti dikutip dari blog Supercoolzz, Senin (13/4/2015).

1. Dilihat dari Vokalisnya

Mick Jagger (Hajingfai Blogspot)
Mick Jagger (Hajingfai Blogspot)

Dalam musik metal, banyak atau sebagian besar vokalis mereka memiliki suara yang growl, scream atau teriak-teriak seperti sedang kerasukan. Hal inilah yang membuat beberapa orang menilai bahwa musik metal adalah musik setan. Berbeda dengan metal, suara-suara vokal band rock lebih melodius dan enak didengar. Scream merekapun terdengar lebih asyik dan lebih jelas apa yang sedang dinyanyikannya seperti contoh vokalis Skid Row Sebastian Bach dengan suara tingginya yang khas dan seksi.

2. Dilihat dari Permainan Gitarnya

Gitar (Adnanwardihan Blogspot)
Gitar (Adnanwardihan Blogspot)

Dalam hal pemilihan suara/efek gitar musik metal lebih menggunakan distorsi yang lebih tebal dan terkesan dengan permainan yang acak-acakan dan jauh dari melodius, namun ada juga sebagian yang permainannya cukup melodius contohnya seperti Metallica. Sementara itu dalam musik rock pemilihan dalam efek gitar lebih melodius dan permainan mereka pun terkesan bersih (Clean) dan melodic.

3. Dilihat dari Temponya

Metronom (Radiolab)
Metronom (Radiolab)

Dari segi tempo, musik metal memliki tempo fast (cepat) dan hanya sedikit dari lagu beraliran metal yang bertempo lambat. Sementara itu musik rock selain temponya yang juga cepat musik rock juga menggunakan tempo yang lambat contoh seperti lagunya Guns N’ Roses yang berjudul “Don’t Cry”.

4. Dilihat dari Tema Lagunya

Lagu (Kaskus)
Lagu (Kaskus)

Tema-tema yang ada dalam musik metal lebih pada lagu yang bertemakan tentang kegelapan, penyiksaan, darah, kekerasan, dan tidak sedikit menggunakan tema anti agama. Sedangkan tema-tema dalam musik rock lebih mengacu pada cinta, protes, alam/lingkungan, atau sosial.

Jadi kini kamu tahu apa bedanya musik metal dan musik rock, dan diharap jangan salah lagi di masa depan. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
41
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
62
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
56
Keren Nih
Ngakak Ngakak
81
Ngakak