Tentunya kamu mengenal sosok Joker yang menjadi musuh bebuyutan Batman. Joker dari masa ke masa, terutama yang dihadirkan ke dalam medium audio visual, selalu berbeda. Mereka punya sosok unik dan menarik, yang sulit dimengerti oleh sang Batman sendiri. Seperti apa penampilan Joker dari masa ke masa? Langsung saja lihat di bawah ini, seperti dilansir dari Hai-Onlinecom, Kamis (30/4/2015).

1. Joker di Serial TV Batman (1966)

Joker di serial TV Batman (Hai Online)
Joker di serial TV Batman (Hai Online)

Ketika Batman dihidupkan ke dalam serial televisi, tak butuh waktu lama buat sang musuh abadi untuk muncul. Di episode 5 season 1, Cesar Romero yang berperan sebagai Joker hadir untuk mengganggu Adam West yang berperan sebagai Batman. Joker muncul dalam episode yang berjudul The Joker Is Wild. Penampilan Cesar sebagai Joker tak jauh beda dengan versi komik (saat itu). Perbedaannya, Cesar menolak untuk mencukur kumisnya, dan kumis itu pun mau tak mau juga dicat warna putih.

2. Joker di Film Pertama Batman (1989)

Joker di film pertama Batman (Hai Online)
Joker di film pertama Batman (Hai Online)

Setelah bertahun-tahun, akhirnya sang badut psycho ini muncul di layar lebar. Joker yang muncul di film “Batman” garapan Tim Burton ini diperankan oleh Jack Nicholson. Akting Jack di film ini seakan membawa Joker versi Brian Bolland menjadi nyata. Joker di film ini juga mirip dengan komik, yaitu rambut hijau, jas ungu, dan senyum pembunuh. Beda dengan Joker lain yang seringkali tak disebutkan asal-usulnya, Joker versi Jack Nicholson punya nama asli. Ia adalah Jack Napier, seorang mafia.

3. Joker di The Dark Knight (2008)

Joker di The Dark Knight (Hai Online)
Joker di The Dark Knight (Hai Online)

Joker di film karya Christopher Nolan ini sangat ikonik. Segala aksi dan kalimat yang dilontarkan badut gila ini masih terngiang di otak para penonton “The Dark Knight”. Adalah Heath Ledger, sosok di belakang facepaint Joker yang sukses menghadirkan akting menawan. Penampilan Heath pun diganjar Oscar untuk Best Supporting Actor. Joker di film ini memang beneran gila dan tak peduli dengan apapun. Ia merobek pipinya agar terlihat seperti tersenyum, rambutnya acak-acakan, plus facepaint yang tak rapi. Beda dengan sosok Joker sebelumnya.

4. Joker di Suicide Squad (2016)

Joker di Suicide Squad (Hai Online)
Joker di Suicide Squad (Hai Online)

Karakter Joker di layar lebar sudah sempurna banget digambarkan oleh Jack Nicholson maupun Heath Ledger. Tak mau dikaitkan dengan dua aktor hebat tersebut, Joker di “Suicide Squad” pun dibuat berbeda. Foto pertama Jared Leto sebagai Joker jelas bikin kita terkejut. Soalnya, sosoknya sama sekali berbeda dengan Joker yang kita kenal, baik di komik ataupun film. Yang jelas, Joker yang diperankan Jared Leto bikin dugaan bahwa ia akan jadi Joker versi Heath Ledger kedua buyar. Meski demikian, ada kabar yang menyebutkan nantinya di film sosok Joker bukanlah seperti foto di atas. Kita nantikan saja. (tom)