Bandung yang dijuluki dengan sebutan Kota Kembang ini ternyata punya banyak spot taman yang bisa kamu jadikan rekomendasi untuk menghabiskan weekend kamu kali ini. Taman yang ada di Bandung ini bukan hanya sekedar taman biasa loh JBers. Taman-taman yang ada di Bandung ini adalah taman tematik yang memanfaatkan lahan atau ruang kosong yang terbengkalai. Taman tematik adalah sebuah taman yang memiliki satu tema alias satu konsep dalam penataan tamannya. Taman tematik selalu mempunyai satu karakter yang menonjol yang bisa dijadikan daya tarik taman tersebut. Jadi Berita merangkum lima taman tematik di Bandung yang cocok untuk pilihan weekend kamu.

1. Taman Balai Kota

Taman Gembok Cinta (bandung.panduanwisata.id)
Taman Gembok Cinta (bandung.panduanwisata.id)

Taman ini terletak di area Balaikota Bandung, tepatnya di Jalan Wastukencana. Di taman ini kamu bisa menemukan gembok cinta yang sengaja dipasang sebagai daya tarik untuk anak muda. Gembok cinta berbentuk prisma ini mempunyai ukuran luas sekitar 2,5 meter dengan tinggi mencapai 2 meter dengan tulisan â??LOVEâ?? berwarna merah di atasnya. Bagi kamu yang datang bersama pasangan, kamu bisa memasang gembok cinta kamu sendiri di sana. Jika kamu membuang kunci gembok yang dipasang, katanya cinta kamu dan pasangan kamu akan tetap abadi nih JBers.

2. Taman Musik Centrum

Taman Musik (www.freemagz.com)
Taman Musik (www.freemagz.com)

Sejak 1 Maret 2014, Bandung mempunyai taman baru yaitu Taman Musik Centrum. Taman yang berlokasi di Jalan Belitung itu diperuntukkan bagi mereka gemar musik, terutama anak band. Tempat ini juga bisa jadi tempat bagi band-band yang ingin manggung. Jika kamu dan bandmu ingin membuat pertunjukan musik, syaratnya pun cukup mudah cukup koordinasi dan mengajukan perizinan pada Diskamtam.

3. Taman Jomblo (Pasupati)

Taman Jomblo (www.pegipegi.com)
Taman Jomblo (www.pegipegi.com)

Taman ini terletak di kolong jalan layang Pasupati, tepatnya di daerah Tamansari. Nama ini dicetuskan secara iseng oleh Wali Kota Ridwan Kamil untuk para anak muda Bandung yang bingung ingin melakukan apa saat weekend. Nah, di taman ini kamu bisa bertemu para jomblo dan siapa tahu kamu bisa menemukan tambatan hati kamu di sana. Di taman ini juga ada lahan untuk arena skateboard.

4. Taman Fotografi

Taman Fotografi (airfotonetwork.wordpress.com)
Taman Fotografi (airfotonetwork.wordpress.com)

Taman di sekitar Jalan Anggrek ini memang dimaksudkan sebagai lokasi kumpulnya komunitas foto di Bandung. Banyak fasilitas yang sengaja disediakan untuk menunjang kegiatan berfoto, seperti cermin dan spot foto. Namun, tentu taman ini bisa juga dikunjungi oleh mereka yang tidak bermaksud berfoto-foto. Taman ini dilengkapi juga dengan bangku-bangku untuk duduk bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana taman yang asri.

5. Taman Film

Taman Film (wisatadisemarang.com)
Taman Film (wisatadisemarang.com)

Taman ini menjadi taman tematik dengan fasilitas megatron yang pertama di Indonesia. Dalam peresmiannya, taman ini sengaja dibuat sebagai sarana warga dalam mengapresiasi film. Karena berhubungan dengan film, maka pemerintah kota Bandung menyerahkan sepenuhnya pengelolaan taman Film pada komunitas Film Bandung. Di taman seluas 1.300 meter ini disediakan layar videotron berukuran 4×8 dengan daya listrik hingga 33.000 watt. Film-film yang ditayangkan juga beragam, mulai dari film Indonesia, film indie Bandung, film Bollywood, film Korea, hingga pertandingan sepak bola juga ditayangkan di sini. (jow)