Pesisir Selatan, Satu Lagi Sepotong Surga di Ranah Minang

Pemandangan Teluk Painan dari puncak Bukit Langkisau

Bicara wisata Sumatera Barat, kamu pasti akan langsung menyebut Padang atau Bukittinggi. Sejumlah objek wisata alam, wisata pantai, wisata sejarah dan wisata kuliner sudah jelas terbayang di benak. Tapi, ternyata tak hanya Padang dan Bukittinggi yang menjadi destinasi wisata andalan di Ranah Minang. Ada sekeping surga yang masih tersembunyi di sana.

Belum banyak traveler yang mengetahui keindahan Pesisir Selatan, salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Barat. Ada potensi wisata pantai yang besar tersimpan di sepanjang 234 km pantai di kabupaten ini, yang memanjang dari utara hingga ke selatan. Bisa jadi, daerah ini merupakan salah satu kabupaten dengan garis pantai terpanjang di Indonesia saat ini.

Meski memiliki potensi besar di bidang kelautan, Pesisir Selatan ini malah menjadi salah satu daerah tertinggal di Sumatera Barat. Apalagi wilayahnya yang berada di perbatasan provinsi. Selain itu, jarak dari ibukota provinsi dan akses transportasi yang terbatas juga jadi alasan â??terisolirnyaâ? daerah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Bengkulu dan Jambi ini.

Kota Pesisir

Ibukota Kabupaten Pesisir Selatan, Painan berjarak kurang lebih sekitar 77 km dari Padang, ibukota Provinsi Sumatera Barat, dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Hanya ada satu akses darat dari Padang ke wilayah kabupaten ini. Perjalanan dapat ditempuh dengan angkutan gelap yang banyak ditemukan di kawasan Gauang, Padang, dengan ongkos Rp 25.000/orang,

Pemandangan alam pantai yang menakjubkan sudah dinikmati di sepanjang jalan Pesisir Selatan. Sepanjang perjalanan dari Padang hingga perbatasan dengan Provinsi Bengkulu, kamu akan dimanjakan oleh pesona pantai Pesisir Selatan. Dari Painan menjelang Kecamatan Batang Kapas, jalan raya tepat berada di pinggir pantai Taluak Tampuruang yang indah.

Menjelang Kecamatan Sutera, tepatnya di Bukit Taratak, pesona kawasan pantai dan laut di daerah ini akan membuat kamu kembali takjub saat menyaksikannya dari ketinggian. Jika berangkat dengan kendaraan sendiri, sebaiknya kamu menyempatkan diri untuk singgah sejenak untuk menikmati Pantai Nyiur Melambai Taratak yang berada di bawah tebing.

Gugusan pulau di sepanjang laut Pesisir Selatan juga menarik untuk dijelajahi. Salah satunya Pulau Cubadak di Kawasan Mandeh, yang membuat negeri ini terkenal hingga ke Eropa, karena adanya resort Cubadak Paradiso milik investor asal Italia. Kamu pun bisa menginap di pulau yang sepi itu dengan biaya sekitar Rp 1.000.000/orang/malam dan mencoba diving.

Pantai Carocok

Destinasi paling popular di kalangan wisatawan yang datang ke Pesisir Selatan adalah Pantai Carocok. Saat sampai di Painan, kamu bisa langsung mengujungi pantai yang hanya berjarak sekitar 5 menit dari pusat kota ini. Kamu bisa mencapainya dengan menumpang ojek, becak motor, atau bendi (delman) dari Pasar Painan, dan cukup membayar ongkos Rp5.000/orang.

Untuk memasuki kawasan objek wisata Pantai Carocok hanya membayar retribusi sebesar Rp 2.000/orang. Bermain banana boat dan kapal wisata menjadi pilihan yang menarik bagi kamu. Di depan akan terlihat Pulau Kereta yang berjarak sekitar 200 meter dari bibir pantai. Di kejauhan ada satu pulau lagi, Pulau Cingkuak yang dapat dicapai dengan kapal wisata.

Dulu Pulau Cingkuak menjadi benteng pertahanan Portugis ketika pertama kali masuk ke wilayah Minangkabau. Sisa-sisa bangunan benteng itu pun masih ada hingga saat ini. Bagi yang hobi memancing, lokasi pulau ini juga bisa jadi pilihan. Jangan lupa pula singgah ke Bukit Langkisau yang terlihat memagari kota Painan, tak jauh dari kawasan Pantai Carocok.

Dari puncak Bukit Langkisau ini akan tampak pemandangan yang sangat menakjubkan. Ada hamparan laut Teluk Painan yang bersanding dengan Kota Painan hingga ke kawasan Bukit Barisan. Tata letak alamiah alamnya benar-benar membuat kota kecil ini begitu mempesona. Jika ingin menantang adrenalin, kamu juga bisa mencoba olahraga paralayang di bukit ini. (jow)

Written by Ardy Messi

Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

5 Tokoh Wanita Cantik dengan Keahlian Tak Kalah dari Cowok

5 Tips Mudah untuk Kamu yang Suka Traveling Sendirian