5 Penelitian Ilmiah Ini Buktikan Cewek Lebih Unggul dari Cowok

Meski kesetaraan adalah sebuah isu yang penting, sains menyebut banyak sekali perbedaan antara cowok dan cewek. Memang tak ada yang lebih baik antara gender tertentu, namun dalam beberapa aspek, cewek adalah penguasanya. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, berikut adalah 5 keunggulan cewek dari cowok dipandang dari sains.

1. IQ cewek lebih tinggi dari cowok

IQ cewek (Merdeka)

Beratus-ratus tahun lalu, cowok selalu lebih baik dalam soal IQ. Namun kini tidak lagi. Di era IQ manusia sedang meningkat sangat pesat dalam 100 tahun terakhir, IQ rata-rata cewek meningkat dengan lebih cepat.

Melansir pernyataan profesor dari Cambridge English, Helena Jamieson, “Wanita sebenarnya tahu bahwa mereka lebih pintar, namun dalam hati mereka diam dan membiarkan pria yang lebih mendominasi.”

Hal ini ada mungkin karena kultur masyarakat yang mengharuskan cewek untuk menyeimbangkan kehidupan keluarga dan juga karir, di mana hal tersebut banyak berhasil.

2. Cewek lebih banyak selamat dari kecelakaan

Melahirkan (Merdeka)

Ketika kecelakaan, cewek sedikit lebih beruntung soal pria. Dari data sebanyak 48 ribu pasien yang kehilangan banyak darah ketika kecelakaan, ditarik kesimpulan bahwa cewek lebih mudah pulih dari kecelakaan. Jika dilakukan kalkulasi, dalam satu kecelakaan maut, cowok 77 persen lebih berpotensi meninggal ketimbang cewek.

Dikatakan, hal ini sangat berhubungan dengan kemampuan cewek dalam melahirkan. Melahirkan sebenarnya adalah kegiatan yang sangat berbahaya di mana cewek bisa kehilangan banyak darah. Jadi bisa disimpulkan bahwa hormon tertentu pada cewek bisa sangat menolong dalam hal kecelakaan apapun.

3. Cewek lebih jago multitasking

Multitasking (Merdeka)

Para ilmuwan telah memindai otak dari 949 cowok dan cewek untuk mencari perbedaan beberapa bagian otak keduanya. Hasilnya menyebut bahwa cewek mempunyai koneksi lebih kuat antara otak kiri dan kanan, sementara cowok punya koneksi lebih kuat antara bagian depan dan belakang.

Hal ini berarti bahwa cewek lebih baik soal multitasking, sementara cowok bisa lebih baik di satu tugas saja yang lebih sederhana maupun rumit. Temuan ini menyebut juga bahwa cewek akan lebih baik soal mengingat wajah, sementara cowok akan lebih baik dalam parkir paralel.

4. Cewek lebih peka terhadap bau

Cewek dan parfum (Merdeka)

Tak perlu heran jika cewek akan lebih peka jika seseorang berganti parfum, dan juga mengenali bebauan berbagai jenis bunga. Hal ini karena memang cewek akan lebih punya indera penciuman yang lebih baik ketimbang cowok.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Brasil, ditemukan bahwa cewek rata-rata memiliki 43 persen sel lebih banyak di saraf olfaktori mereka. Sarat ini merupakan pengontrol penciuman di otak.

Para peneliti juga percaya bahwa peningkatan indera penciuman pada cewek secara alami terkait dengan pengalaman dan emosi yang membuat kemampuan penciuman cewek ini makin jadi aspek kognitif, tak lagi perseptual. Bahkan selama hamil, cewek memiliki indera penciuman yang lebih kuat berkat hormon kehamilan mereka.

5. Cewek bisa lihat lebih banyak warna

Cewek pelukis (Merdeka)

Sebuah studi yang dihelat oleh seorang profesor dan juga psikolog dari Brooklyn College, menyebut bahwa cewek melihat sesuatu berbeda dengan cowok. Dalam jurnal berjudul “Biology of Sex Differences”, disebut bahwa “di sebagian besar spektrum yang terlihat, cowok membutuhkan panjang gelombang yang lebih panjang ketimbang cewek untuk merasakan rona warna yang sama.”

Studi tersebut menyebut bahwa cewek melihat nuansa warna yang berbeda di mana cowok bahkan tak bisa mengidentifikasinya. Studi tersebut juga menemukan bahwa cewek lebih baik dalam menentukan warna, sementara cowok lebih baik dalam melacak benda yang bergerak cepat dan mengetahui detil objek yang berada di kejauhan. Hal ini dipercaya merupakan produk evolusi dari zaman berburu dan meramu. (tom)

Pembaca Lain Juga Suka Dari Penulis

Comments

Loading...