Keren, Lagu Virgoun Eks-Last Child Dicover Pakai Alat Musik Tradisional Dayak

Tembang “Surat Cinta untuk Starla” yang dinyanyikan oleh Virgoun jadi salah satu lagu hits di tanah air. Seperti yang kamu tahu, Virgoun adalah mantan member band Last Child yang kini memilih untuk bersolo karier.

Menariknya, lagu yang sedang populer ini ditampilkan dengan cara berbeda oleh musisi lokal yang membawakannya dengan cara yang indah, yaitu dengan menggunakan alat musik tradisional asal Dayak bernama Sampe. Dengan Sampe, lagu “Surat Cinta untuk Starla” pun terdengar lebih indah.

Cover lagu “Surat Cinta untuk Starla” itu dilakukan oleh musisi bernama Uyau Moris lewat channel Youtubenya. Video yang diunggahnya pada tanggal 17 Maret lalu ini telah mendapatkan lebih dari 500 ribu view serta lebih dari 10 ribu likes. Di kolom komentarnya juga banyak berisikan pujian serta kekaguman netizen.

Sampe dalam bahasa lokal suku Dayak dapat diartikan “memetik dengan jari”. Dari makna namanya itu diketahui dengan jelas bahwa sampe adalah perangkat musik yang dimainkan dengan cara dipetik.

Sampe adalah alat musik yang berfungsi untuk menyatakan perasaan, baik perasaan riang gembira, rasa sayang, kerinduan, bahkan rasa duka nestapa. Dahulu, memainkan sampe pada siang hari dan malam hari memiliki perbedaan. Apabila dimainkan pada siang hari, umumnya irama yang dihasilkan sampe menyatakan perasaan gembira dan suka-ria. Sedangkan jika sampe dimainkan pada malam hari biasanya akan menghasilkan irama yang bernada sendu, syahdu, atau sedih.

Berikut ini video Uyau membawakan lagu Virgoun.

(tom)

Pembaca Lain Juga Suka Dari Penulis

Comments

Loading...