Uniknya Kampung-kampung Pelangi Khas Indonesia yang Jadi Tren Dunia, Sudah Berkunjung?


travelingyuk.com

Belakangan ini, Kampung Pelangi Semarang jadi perbincangan media internasional. Keunikan kampung yang dulunya merupakan kawasan kumuh ini, menarik perhatian masyarakat asing. Bagaimana tidak, proyek senilai Rp3 milyar ini dianggap mampu meningkatkan taraf ekonomi warga miskin. Selain itu, spotnya pun asyik untuk dikunjungi di akhir pekan untuk sekadar berfoto-foto.

Nah, ternyata, selain Kampung Pelangi Makassar masih ada banyak kampung warna-warni lainnya di Indonesia. Rumah-rumah yang dulunya biasa saja, dicat warna-warni yang menarik mata, bangunan-bangunan itupun sukses berubah citra menjadi kawasan wisata yang ramai dikunjungi orang. Berikut ini kampung-kampung pelangi di Indonesia seperti dilansir dari Good News From Indonesia.

1. Kampung Jodipan, Malang.

lampungsae.com

Kampung Jodipan, terletak di bantaran Kali Brantas, kecamatan Blimbing Kota Malang. Perpaduan warna merah, kuning, hijau, dan biru yang menghiasi berbagai rumah yang ada di kampung ini menjadikannya sebagai tempat yang sedap dipandang mata sekaligus menarik untuk dijadikan tempat berfoto ria. Sepintas, jika dilihat dari atas Jembatan Brantas kampung Jodipan sangat mirip dengan Favela Santa Maria yang ada di Rio De Janeiro, Brazil.

2. Kampung Code, Yogyakarta.

wordpress.com

Kampung Code pun tak kalah menarik dari Jodipan. Berada di bantaran Kali Code, Yogyakarta, rumah-rumah ini mulai dicat warna-warni sejak tahun 2015 silam. Pemukiman yang sebelumnya terlihat kumuh itu menjadi semarak dengan warna â?? warni, hasil dari sebuah proyek CSR yang dilakukan sebuah perusahaan. Membawa tema â??Show Your Colour,â?  kampung ini terlihat sangat indah dari tepi jembatan Gondolayu dan menjadi penarik perhatian bagi para pengguna jalan yang kebetulan melewati area tersebut.

3. Kampung Warna-warni Kalilo, Banyuwangi.

travelingyuk.com

4. Kampung Warna-warni Teluk Seribu, Balikpapan.

Goodnewsfromindonesia.id

Kalau kampung yang satu daya tariknya kian bertambah. Sebab tidak hanya dihiasi dengan warna-warni khas pelangi, kampung ini juga dikemas menjadi menarik dengan lukisan, doodle, dan karya-karya lainnya. Rumah-rumah kayu di atas air di kampung tepi Sungai Manggar ini dihiasi dengan beragam karya seni dari para pelukis hingga anak-anak kecil yang turut menyumbangkan kreativitas mereka. Kalau ke Balikpapan, jangan lupa berkunjung ke kampung cantik, ya!

5. Kampung Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

detik.com

Rumah-rumah di kawasan Linggau Ulu dan Ulak Surung di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan makin cantik setelah dihiasi dengan warna -warni pelangi. Siapa sangka, kampung cantik ini sebelumnya, dua kampung yang dikenal sebagai kampung yang sangat kumuh. Saat ini, tidak terlihat satu sampah pun yang berserakan di kawasan ini. tidak hanya itu, perekonomian masyarakat pun perlahan menjadi naik dikarenakan tempat ini menjadi destinasi wisata baru.


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak