5 Makanan Khas Lebaran dari Berbagai Negara

Saat Lebaran, satu hal yang tidak boleh ketinggalan dan selalu ditunggu-tunggu adalah makanan khas lebaran. Ada berbagai cara dan sajian makanan untuk merayakan hari kemenangan ini. Jika di Indonesia, ketupat dan opor ayam sudah menjadi menu wajib, lalu bagaimana dengan negara lain yang memiliki umat muslim di dalamnya? Berikut ini beberapa makanan khas Lebaran dari berbagai negara, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Kulhi Boakibaa (Maladewa)

Kulhi Boakibaa (Travelingeast)

Apa yang selama ini kamu kenal dari Maladewa? Negara kepulauan dengan hamparan pantai seindah surga? Benar, tapi yang harus kamu coba juga adalah masakan khas Maladewa. Saat kamu ke Maladewa ketika Idul Fitri, kamu akan mendapatkan sajian Gulha dan Kulhi Boakibaa. Karena Maladewa adalah negara kepulauan, kedua masakan itu berbahan dasar olahan hasil laut. Jika Gulha seperti bola ikan, maka Kulhi Boakibaa adalah nasi yang dicampur daging tuna segar.

2. Sup Mie La Mian (Tiongkok)

Sup Mie La Mian (Sendokgarpu)

Jumlah umat Islam di Tiongkok memang mengalami kenaikan setiap tahunnya. Bahkan jumlah masjid di sana pun semakin banyak. Meskipun perayaan Idul Fitri di Tiongkok masih kalah dibandingkan Idul Adha, namun musilm Tiongkok juga sangat antusias menyambut Lebaran. Menyantap hidangan halal, salah satu yang menjadi favorit adalah sup mie La Mian yang kini juga semakin banyak di restoran Tiongkok di Indonesia.

3. Baklava (Turki)

Baklava (Thegourmetouch)

Penyuka roti atau kue-kue berbahan dasar tepung alias pastry? Turki akan menjadi negara favoritmu jika disuruh memilih merayakan Idul Fitri. Ya, di negara Timur Tengah ini kamu akan disuguhkan dengan Baklava. Dengan tekstur kue yang berlapis-lapis dan berisi berbagai macam potongan kacang serta siraman sirup serta madu di atasnya, kamu pasti bakal tergiur.

4. Kahk (Mesir)

Kahk (Wanderingspice)

Sebagai salah satu negara Muslim di Afrika, penyebaran Islam di Mesir sudah berlangsung berabad-abad, sehingga mempengaruhi berbagai hal termasuk makanan khas. Salah satunya adalah Kahk yang sudah ada semenjak 1540-1570 SM. Bahkan perayaan Lebaran di Mesir kurang lengkap tanpa Kahk. Kahk adalah kue bulat berisi kacang dan bertabur tepung gula dengan kandungan kalori rendah namun berprotein dan karbohidrat baik untuk tubuh.

5. Sheer Kurma (Pakistan)

Sheer Kurma (Khanapakana)

Sebagai negara Asia Selatan yang banyak memiliki gurun, maka buah kurma menjadi komoditi berlimpah di Pakistan. Sehingga saat Lebaran, kurma tak bisa dilupakan oleh Muslim Pakistan yakni memakan Sheer Kurma. Namun istimewanya, makanan ini bukan seperti kurma biasa, melainkan puding buah kurma dengan campuran susu serta mie vermicelli. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Bosan Cinta-cintaan, RAN Bikin Lagu yang Bertemakan Rasa Malas

Al Idrisi, Ilmuwan Muslim Pencipta Bola Dunia