Ini Dia Uang Kertas Terbesar di Dunia, Lebih Besar dari Kertas A4

Uang kertas biasanya memiliki ukuran tak lebih besar dari perangkat tablet. Namun, rupanya ada uang kertas dengan ukuran jauh lebih besar dari ukuran uang kertas normal.

Uang kertas dengan nominal 100 ribu peso Filipina, setara Rp26 juta, bisa disebut sebagai uang terbesar di dunia. Uang ini dicetak dalam ukuran 35,6 cm x 21,6 cm, lebih lebar dibandingkan kertas ukuran A4.

Uang ini merupakan edisi khusus memperingati 100 tahun kemerdekaan Filipina. Uang tersebut dicetak oleh Bank Sentral Filipina pada tahun 1998 hanya seribu lembar saja.

Uang 100 ribu Peso Filipina (Freemarketfx)

Kala itu, bank menjual pecahan uang kertas tersebut dengan harga 180 ribu peso, atau setara Rp 48 juta, kepada para kolektor benda antik. Salah satu uang tersebut dikoleksi oleh warga Dubai, Uni Emirat Arab.

Koleksi tersebut dipajang di pusat kolektor koin antik Numisbing, di Dubai. Uang tersebut dipajang bersamaan dengan sertifikat dari Guinness Record serta sertifikat dari bank sentral.

Pecahan uang kertas tersebut memuat adegan revolusioner pada 1890an, saat kelompok nasionalis Filipina melepaskan aturan Spanyol yang sudah berlaku 300 tahun.

Pemilik pecahan uang ini, Ram Kumar, berharap koleksinya dapat menarik perhatian komunitas Filipina di UEA. ” Ada banyak warga Filipina di negara ini, tapi sebagian besar dari mereka tidak tahu ada nominal 100 ribu peso di negara mereka,” kata dia seperti dikutip dari Gulf News, Rabu (14/6/2017).

“Ini sangat menarik bagi mereka. Orang Filipina yang datang ke kantor saya merasa takjub, mereka lalu berfoto dengan uang tersebut,” lanjut Kumar.

Selain sebagai kolektor uang, Kumar juga menjabat sebagai kepala Masyarakat Mata Uang International cabang Dubai. Setelah dibeli sembilan tahun lalu, Kumar mengatakan uang tersebut kini bernilai sekitar 146 ribu dirham, atau setara Rp 528 juta. (tom)

Pembaca Lain Juga Suka Dari Penulis

Apa Komentarmu

Loading...