BAGIKAN

Segala hal yang berhubungan dengan misteri memang selalu menjadi topik yang menarik untuk diperbincangkan. Begitu pula di Indonesia. Apalagi, hingga saat ini ternyata masih banyak misteri di negeri ini yang belum terungkap faktanya, sehingga terus menjadi incaran sejumlah pihak untuk dibuktikan kebenarannya. Berikut adalah 5 misteri yang belum terpecahkan dalam sejarah Indonesia, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Suku Lingon

Ilustrasi Suku Lingon (Tentik)

Suku Lingon adalah sebuah suku yang tinggal di sekitar Kepulauan Halmahera bagian selatan. Mereka mendiami hutan belantara dan kadang-kadang keluar untuk mencari makan. Mereka memiliki tubuh yang besar, tinggi, putih, dan mata yang biru. Dilihat dari ciri fisik mereka bukan berasal dari ras-ras yang ada di Indonesia, tapi Eropa. Suku ini diperkirakan berasal dari bangsa Eropa yang kapalnya karam di pesisir Halmahera. Namun dugaan ini juga masih misteri. Apalagi saat ini suku Lingon juga dipercaya sudah punah di daerah Halmahera.

2. Suku Berekor dari Kalimantan

Ilustrasi manusia berekor (Indocropcircles)

Pada tahun 1879 seorang pelancong asal Norwegia bernama Carl Alfred Bock menjelajah Borneo atau Kalimantan. Saat sampai di Kalimantan ia mendapat berita tentang adanya manusia berekor. Akhirnya ia meminta jasa kepada seseorang yang dipercaya melihat dan tahu letak orang berekor yang disebut oleh penduduk lokal dengan â??Orang boentoetâ?. Lelah mencari akhirnya Carl menyerah. Manusia berekor tak pernah ditemukan. Meski demikian banyak warga lokal yang mengatakan pernah melihat manusia unik ini. Mereka tinggal di hutan dan hanya keluar di saat tertentu.

3. Piramida Sadahurip di Garut

Piramida Sadahurip (Boombastis)

Sebuah Piramida ternyata juga ditemukan di Indonesia. Orang-orang menyebutnya Gunung Sadahurip dan saat ini telah ditumbuhi banyak tanaman. Piramida ini awalnya dianggap gunung atau bukit biasa oleh penduduk setempat. Namun jika dilihat secara lebih detail, bentuknya mirip limas yang merupakan ciri khas piramida. Peneliti masih melakukan pemetaan piramida ini. Dugaan sementara menyebutkan jika piramida ini benar-benar buatan manusia. Bahkan usianya melebihi usia Piramida Giza di Mesir yang terkenal sangat megah. Hingga saat ini, piramida ini belum jelas asal-usulnya, dan bangsa apa yang kira-kira membangunnya.

4. Kapal hantu SS Ourang Medan

Kru kapal SS Ourang Medan (Tentik)

Sebuah kapal mengarungi perairan Selat Malaka pada 1947 silam, dan mengirim sinyal-sinyal aneh ke beberapa kapal di kawasan Pulau Sumatera. Dalam pesan itu, diketahui semua kru kapal sudah meninggal. Akhirnya, kapal Amerika Serikat Silver Star pun memeriksanya dan menemukan bahwa semua orang sudah meninggal pada posisi seperti ingin meraih sesuatu. Tidak ada yang tahu apa penyebab kematian para kru kapal tersebut.

5. Petrus, Penembak Misterius

Petrus (Tentik)

Penembak misterius yang dikenal dengan istilah â??Petrusâ?? ini diyakini sebagai sebuah operasi rahasia pada masa pemerintahan Orde Baru. Ratusan orang menjadi korbannya sepanjang tahun 1982-1985, yang merupakan para pelaku penjahat di kota-kota besar. Namun, hingga saat ini pelakunya tidak pernah terungkap. Begitu pula otak di balik operasi pembunuhan tersebut. (tom)

Apa Komentarmu