Ini Filosofi Ondel-ondel Sebenarnya, Dulunya untuk Pengusir Roh Jahat

Bagi yang sudah familier dengan kebudayaan Betawi pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ondel-ondel. Pasalnya, boneka raksasa ini memang sering berseliweran di jalanan ibu kota maupun di sebuah pentas kesenian rakyat. Walaupun banyak yang takut dengan boneka raksasa ini, kehadiran ondel-ondel memang menjadi suatu ornamen penting dalam kekayaan budaya Betawi.

Karena kita sudah sekian lama melihat dan memperhatikan gerak-gerik ondel-ondel, rasanya memang belum pas apabila kita tidak mengetahui makna filosofis dari ondel-ondel itu sendiri. Apa filosofi sebenarnya dari ondel-ondel ini?

Ondel-ondel (Eyeem)

Ondel-ondel merupakan salah satu kesenian Betawi yang bentuknya seperti boneka raksasa. Biasanya ondel-ondel ditampilkan dalam pesta rakyat khas Betawi. Ondel-ondel sering direpresentasikan sebagai leluhur yang menjaga anak cucunya (penduduk) di suatu desa atau wilayah.

Boneka Ondel-ondel terbuat dari rangkaian anyaman bambu yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga mudah untuk dipikul dari dalam. Wajahnya memang sengaja di cat merah menyala untuk ondel-ondel pria dan cat putih untuk ondel-ondel wanita. Rambut ondel-ondel ini pun terbuat dari ijuk.

Ondel-ondel (Eyeem)

Dilansir dari YuKepocom, Rabu (12/7/2017), penciptaan ondel-ondel dulunya ternyata berfungsi sebagai penolak bala. Dengan direpresentasikannya ondel-ondel sebagai nenek moyang, maka ondel-ondel pun diyakini dapat mengusir para roh jahat yang ingin mengganggu ketentraman umat manusia. Makanya tak heran kalau wajah dan bentuk ondel-ondel memang sedikit menyeramkan hingga membuat beberapa orang begitu takut pada boneka raksasa itu. Seiring perkembangan zaman yang semakin modern, fungsi dari ondel-ondel bukan lagi sebagai penolak bala, melainkan sebagai sebuah kesenian rakyat yang menghibur.

Pembuatan ondel-ondel juga tidak bisa sembarangan. Pada proses pembuatannya biasanya disertai pula ragam sesajen yang berisi rujakan tujuh rupa, bubur merah putih, bunga tujuh rupa, asap kemenyan, dan lainnya. Begitu pun saat ondel-ondel sudah jadi, harus tetap disediakan kemenyan dan sesajen untuk menghindari roh halus bersemayam di dalam boneka raksasa tersebut.

Ondel-ondel (Jhonyhutapea)

Perawatan ondel-ondel tidak hanya sampai di situ. Sebelum dikeluarkan untuk berangkat main, ondel-ondel juga membutuhkan beberapa ritual. Salah satunya adalah pembakaran kemenyan yang dilakukan oleh pimpinan rombongan. Ritual ini oleh masyarakat setempat disebut sebagai â??ngukupâ??.

Nah, kini kamu sudah tahu filosofi dari ondel-ondel. Semoga bermanfaat. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Keren, Paduan Suara Anak-anak Asal Indonesia Jadi Juara di Italia

Selain di Jepang, Ternyata Bunga Sakura Juga Ada di Tangerang