Pemandangan Indah Lembah Harau Sumatera Barat yang Mirip Desa Wisata Swiss

Mungkin sebagian dari kita hanya mengenal Bukittinggi, Padangatau Pulau Sikuai  sebagai destinasi wisata di Sumatera Barat. Namun, Sumatera Barat ternyata masih punya banyak tempat wisata yang sangat layak untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Lembah Harau. Nama Lembah Harau menjadi terkenal di kalangan traveler berkat panoramanya yang menawan.

Lembah Harau (Wiranurmansyah)

Dilansir dari Kompascom, Jumat (14/7/2017), Lembah Harau merupakan lembah subur yang terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Berada sekitar 138 km dari Padang dan sekitar 47 km dari Bukittinggi atau sekitar 18 km dari Kota Payakumbuh dan 2 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Lima Puluh Kota. Tempat ini dikelilingi batu granit terjal berwarna-warni dengan ketinggian 100 sampai 500 meter.

Lembah Harau (Kompas)

Harau sendiri diyakini berasal dari kata â??parauâ??, istilah lokal yang artinya suara serak. Dulu, penduduk yang tinggal di atas Bukit Jambu sering menghadapi banjir dan longsor sehingga menimbulkan kegaduhan dan kepanikan. Penduduknya sering berteriak histeris dan akhirnya menimbulkan suara parau. Dengan ciri suara penduduknya banyak yang parau didengar maka daerah tersebut dinamakan â??orauâ?? dan kemudian berubah nama menjadi â??Arauâ?? hingga akhirnya penyebutan lebih sering menjadi â??harauâ??.

Lembah Harau (Kompas)

Untuk mencapai Lembah Harau, kamu bisa memulai perjalanan dari Bukittinggi ke arah barat, tepatnya ke arah Pekanbaru. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 1,5 jam, tapi dijamin kamu tidak akan bosan selama perjalanan karena pemandangan yang tersedia akan membuat kamu enggan memejamkan mata.

Lembah Harau (Kompas)

Meskipun Lembah Harau lebih sepi dibandingkan Bukittinggi dan Padang, tapi kamu tidak perlu khawatir soal kendaraan. Untuk mencapai Lembah Harau kamu bisa naik kendaraan umum ke arah Payakumbuh, ataupun menyewa mobil. Di kawasan Lembah Harau sendiri kamu juga bisa menemukan becak motor untuk mengantarkan kamu ke obyek-obyek wisata di sana.

Becak motor di Lembah Harau (Kompas)

Selain alam hijau yang menyelimuti wilayah ini, Lembah Harau juga menawarkan daya tarik lain berupa air terjun-air terjun yang indah dan eksotis. Diantaranya adalah Air Terjun Akar Berayun, Air Terjun Sarasa Bunta, Air Terjun Sarasa Murai dan Air Terjun Sarasa Luluih.

Lembah Harau (Wiranurmansyah)

Kecantikan air terjun belum cukup untuk membuat kamu terpesona? Buat kamu yang aktif, Lembah Harau juga siap menantang para pecinta olahraga panjat tebing. Ya, Lembah Harau yang dikelilingi tebing-tebing curam ini memang menjadi spot yang ideal bagi pecinta olahraga ekstrem. Bahkan, pada tahun 2010 lalu, Lonely Planet menobatkan Lembah Harau sebagai The Best Developed Rock Climbing Area di Sumatera.

Lembah Harau (Wiranurmansyah)

Suasana di Lembah Harau ini bisa dibilang mirip dengan desa wisata di Swiss yang bernama Lauterbrunnen, karena sama-sama berada di lembah. Jika kamu mengagumi pemandangan di Lauterbrunnen, maka kamu cukup pergi ke Lembah Harau tanpa perlu ke luar negeri. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...