BAGIKAN

Kalau selama ini kamu tahunya kalau pasar di Indonesia itu hanya sebuah tempat untuk melakukan transaksi jual beli seperti beras, sayuran, ikan, dan daging, berarti tingkat ke-Indonesia-anmu harus diuji. Sebab, di berbagai daerah di Indonesia ada beberapa pasar unik yang mungkin belum kamu tahu. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, berikut adalah 5 pasar unik yang ada di Indonesia.

1. Pasar Terapung Muara Kuin

Pasar Terapung Muara Kuin (Wikipedia)

Kota Banjarmasin dijuluki sebagai kota seribu sungai, karena di kota ini memang banyak sekali terdapat sungai. Jadi, tidak heran jika masyarakat disana memamfaatkan sungai-sungai tersebut untuk berbagai keperluan, salah satunya dijadikan pasar terapung. Salah satu pasar terapung yang terkenal di Banjarmasin yaitu Pasar Terapung Muara Kuin. Yang unik dari pasar ini bukan dari barang yang dijualnya, melainkan sensasi yang kamu bisa rasakan saat proses berbelanja. Sebab, kamu akan mengunakan perahu kelotok yang bergoyang-goyang diatas air sungai saat berbelanja. Kalau ingin mengunjungi pasar unik ini, datanglah pagi-pagi, karena pasar ini tutup pada jam 9 pagi.

2. Pasar Klithik Yogyakarta

Pasar Klithik (Tribunnews)

Pasar ini terkenal dengan berbagai barang antik seperti korek api, cerutu, jam tua, dan masih banyak barang antik lainnya yang bisa kamu temukan disini. Selain barang antik, pasar ini juga menyediakan barang baru dan barang bekas. Di pasar ini bahasa Jawa sangat lumrah didengar dalam proses tawar menawar. Tapi harus waspada jika mengunjungi pasar ini, kabarnya ada banyak copet yang berkeliaran di Pasar Klithik.

3. Pasar Triwindu Solo

Pasar Triwindu (Pinterest)

Tidak ada yang unik kalau dilihat dari bentuk bangunannya, tapi jika sudah memasuki di dalam pasar tersebut, barulah kita bisa melihat langsung keunikan dari pasar ini. Di pasar ini kamu bisa menjumpai para pedagang yang menjual seperti wayang, logam, hingga patung batu yang berumur sangat tua. Makanya kebanyakan orang menjadikan pasar ini sebagai tempat berburu barang antik. Uniknya lagi, barang-barang antik yang dijual dipasar ini bisa kamu tawar langsung. Selain itu, para pedagang di Pasar Triwindu sangat terkenal dengan keramahtamahannya. Barangnya bisa ditawar dan penjualnya ramah, dijamin acara belanjamu akan semakin menyenangkan.

4. Pasar Bisu Sumatera Barat

Pasar bisu (Satumedia)

Pasar ini mengajarkan para calon pembeli dan penjualnya untuk mengetahui isi hati masing-masing tanpa harus banyak bicara satu sama lainnya. Bagaimana caranya? Tentunya bukan dengan cara telepati, tapi dengan mengunakan tradisi â?Marosokâ??. Selama transaksi jual beli tersebut, penjual dan pembeli akan mengunakan jari untuk menentukan harga tanpa berbicara. Tujuan dari mengunakan bahasa isyarat tersebut adalah agar harga tawar-menawar tersebut tidak diketahui oleh orang lain. Kalau ingin mengunjungi pasar ini, perlu dicatat bahwa Pasar Bisu ini hanya buka setiap hari Selasa saja.

5. Pasar 46 Jambi

Pasar 46 (Kabaraim)

Pasar ini terletak di Jalan Baru, perbatasan Kota Jambi dengan Kabupaten Muaro Jambi. Kalau dilihat dari barang yang dijual di pasar ini tidak ada bedanya dengan pasar pada umumnya, cuma yang menjadikan pasar ini unik yaitu jadwalnya saja. Memang pasar ini buka setiap hari, tapi hanya dari jam 4 sore hingga jam 6 sore saja. (tom)

Apa Komentarmu