Jurus Jitu Cepat Selesaikan Skripsi, Biar Nggak Ditanya Kapan Wisuda Terus


Wisuda (Lumpiastudio)

Membuat skripsi bisa jadi fase yang paling membuat pusing mahasiswa atau mahasiswi. Mungkin JBers pernah atau sedang mengalami fase ini. Selain pengerjaannya yang butuh waktu, ada juga faktor lain yang membuat skripsi kamu jadi lebih lama selesai, seperti dosen pembimbing yang sulit ditemui, atau faktor lainnya. Kali ini, JB bakal memberikan tips buat kamu yang lagi skripsi, supaya bisa lebih cepat selesai, dan bisa langsung diwisuda. Berikut ini tips-tipsnya.

1. Pilih tema skripsi yang kamu kuasai

Skripsi (Ridjam)

Kamu tak perlu membuat skripsi dengan tema yang berat biar dikata keren atau berintelektual tinggi. Hal itu justru bakal mempersulit diri kamu sendiri. Hal ini jelas berbeda jika kamu memilih tema yang kamu kuasai. Dengan demikian, jalan kamu untuk diwisuda akan semakin mudah dan cepat.

2. Cari motivasi

Ilustrasi motivasi skiripsi (YouTube)

Jangan terus menunda untuk mengerjakan skripsi. Kata orang sih, menunda skripsi itu sama dengan menunda pernikahan. Semakin ditunda, maka semakin malas kamu mengerjakan skripsi. Emang kamu mau pernikahan kamu terus-terusan ditunda gara-gara skripsi? Nah, jika kamu tak ingin lulus lebih lama lagi, maka kamu harus mencari motivasi agar tetap semangat mengerjakan skripsi, seperti misalnya kamu setelah lulus kuliah mau langsung kerja, atau menikah.

3. Buat deadline kamu sendiri

Ilustrasi deadline (Freegreatpicture)

Kamu bisa membuat target kamu sendiri mengenai kapan harus selesai skripsi. Setelah itu, jadwalkan dengan pasti setiap bimbingan, target revisi, dan detil-detil lainnya. Perlu diingat juga kamu harus konsisten dengan jadwal yang sudah kamu buat. Jika kamu malas-malasan, jadwal yang sudah kamu buat itu tak akan berguna dan jadi sia-sia.

4. Pilih tempat mengerjakan skripsi yang nyaman

Ilustrasi kerjakan skiripsi (Untidar.ac.id)

Sama dengan cara belajar, setiap orang memiliki cara mengerjakan skripsinya sendiri. Ada yang suka mengerjakannya sendiri, ada juga yang lebih senang mengerjakan skripsi secara kelompok. Jika kamu lebih suka mengerjakan skripsi di tempat yang sepi, maka kamu bisa mengerjakannya di kamar kamu sendiri. Begitu pula jika kamu mengerjakan secara kelompok. Namun kebanyakan orang setuju jika mengerjakan skripsi lebih baik di tempat yang tenang.

5. Pilih dosen pembimbing yang baik jika bisa

Ilustrasi bimbingan skripsi (Uinjkt)

Lamanya skripsi diselesaikan tak hanya berasal dari diri sendiri saja, namun ada juga faktor luar, dalam hal ini dosen pembimbing. Jika kampus kamu membolehkan kamu untuk memilih dosen pembimbing, maka kamu bisa memilih dosen yang sudah kamu kenal baik. Hal ini dilakukan demi lancarnya skripsi kamu. Tentu saja, kamu harus mencari dosen pembimbing yang bisa membimbing kamu saat pengerjaan skripsi, dan tidak menjatuhkanmu saat sidang. Tips tambahan, carilah dosen yang berlawanan jenis kelamin. Ini penting, karena terkadang, dosen yang berjenis kelamin sama dengan kamu tingkat sensinya bakal lebih tinggi dibanding dengan yang berbeda.

Itulah tips dari JB agar kamu bisa selesai skripsi dengan cepat. Semoga tips ini berguna, dan semoga sukses untuk skripsnya JBers semua. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak