Dont be Captious
Traveling Murah ala Mahasiswa (ytimg.com)

Cukup Modal Sedikit, 5 Profesi Travel Ini Bisa Hasilkan Pundi Uang Banyak

Hobi traveling hanya menghabiskan uang? Jangan salah, hobi yang sedang naik daun di kalangan anak muda ini ternyata juga bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan, loh, JB’ers! Kamu bisa memanfaatkan kemampuan dan pengalaman kamu dalam bidang traveling. Tentunya akan semakin menyenangkan melakukan hobi yang juga bisa menghasilkan. Lalu, kira-kira usaha apa saja ya yang bisa menguntungkan dan jalan berbarengan dengan hobi kamu? Yuk, simak penjelasan JadiBerita berikut:

1. jadi pemandu wisata, kamu bisa bekerja sama dengan agent tour atau malah kementerian pariwisata

Tour Guide (Goborobudur.com)

Pemandu wisata atau travel guide adalah salah satu jasa yang sangat dibutuhkan para traveler, terutama bagi mereka yang baru pertama kali mengunjungi tempat wisata tertentu. Kamu bisa memanfaatkan pengetahuan kamu akan tempat wisata tersebut untuk membuka jasa pemandu wisata. Kamu bisa melakukannya seorangan atau membuat tim. Pemandu wisata juga berpeluang membawa kamu keliling dunia secara gratis loh JB’ers! Jika kamu ingin membesarkan usahamu ini, kamu bisa membentuk sebuah tim dan memberinya pelatihan hingga dirasa cukup memiliki bekal untuk menjadi pemandu wisata. Lalu, kamu bisa mengajukannya untuk kerja sama dengan tour agent atau dengan kementrian pariwisata.

Pekerjaan ini juga bisa membuat kamu dengan mudah mengumpulkan pundi-pundi loh JB’ers. Jika kamu ramah, dapat berkomunikasi dengan baik, dan membuat traveler senang, mereka tidak akan segan-segan memberikan kamu komisi. Bahkan menjadi tour guide juga bisa kamu kerjakan secara freelance.  Mengutip Tribunnews ternyata penghasilan seorang freelance guide di Belitung mencapai 250 rupiah, belum lagi ditambah dengan kemampuan bahasa asing yang dimiliki guide tersebut. Jika diakumulasikan per bulan seorang guide bisa mencapai penghasilan 8 juta rupiah. Namun, meskipun Industri Pariwisata di Indonesia saat ini sedang berkembang,rupanya belum ada angka pasti jumlah penghasilan per bulannya. Tetapi, jika kita melihat negara tetangga seperti Singapura, dikatakan bahwa seorang guide bisa memiliki penghasilan mencapai 14 juta rupiah per bulannya. Wah, hebat ya JB’ers jika hobi kamu bisa menjadi hal yang menguntungkan!

2. traveler pasti butuh jasa fotografi, kamu bisa manfaatkan itu JB’ers!

Jasa Fotografi (www.palljokull.net)

Apa lagi yang dibutuhkan saat kamu traveling? Tentunya foto, kamu perlu untuk mengabadikan momen yang terjadi di sekeliling kamu. Foto biasanya menjadi sahabat bagi traveler. Kamu hanya bermodalkan kemampuan dan kamera yang sudah kamu miliki. Jika kamu memiliki kemampuan fotografi yang bagus, kamu bisa menjadikannya peluang usaha. Apalagi jika kamu mengenal tempat tersebut, kamu bisa menunjukkan spot yang menarik untuk foto. Dijamin itu akan menjadi nilai lebih kamu di mata traveler, JB’ers. Jika kamu masih seorang diri, kamu bisa membuka jasa fotografi pribadi. Kamu bisa mengikuti jejak travelshoot, jasa foto travel yang sudah lintas dunia itu JB’ers.

Fotografer sendiri memang pekerjaan yang menjanjikan. Melansir Fotodeka di Jakarta sendiri  menganggarkan biaya fotografer bersih kisaran 750 ribu rupiah per hari. Itu baru menjadi Freelance loh JB’ers. Bagaimana jika kamu memiliki usahanya, kamu bersama 5-6 temanmu dan bekerja sama membuka jasa foto travel. Tentunya bisa mendapatkan harga yang lebih menguntungkan bukan!

3. pengalaman kamu bisa dijadikan peluang usaha, Travel planner contohnya!

Travel Planner (theunworldlytravelers.com)

Siapa bilang, memulai usaha membutuhkan modal yang besar? Kamu bisa kok melakukan peluang usaha ini dengan nol rupiah. Ya, jasa travel planner. Kamu hanya mengandalkan kemampuan kamu dalam bidang travel. Melalui pengalaman yang sudah kamu miliki sebagai traveler, tentunya kamu sudah tahu banyak pengaturan waktu dan membuat travel plan yang murah, nyaman, dan sesuai kebutuhan wisatawan. Kamu bisa mempromosikan usahamu di media sosial seperti blog kamu. Bagikan pengalaman kamu selama menjadi traveler, bangun citra sebagai traveler andal dan terpercaya. Jika mereka tertarik mereka akan menghubungi kamu untuk dibuatkan travel plan sesuai harapan mereka.

Dengan menjadi travel planner, bisa dimulai dari mencarikan tiket murah, memberikan itinerary (rencana perjalanan) yang paling cocok sampai memberikan tips-tips sebelum keberangkatan. Nah, kamu tahu berapa kisaran yang bisa kamu dapat untuk satu travel planner? Dikutip melalui laman payscale dalam satu tahun travel planner mengantongin sekitar $41,873 jika dirupiahkan mencapai 564 juta rupiah. Gimana? Cukup menarik kan JB’ers menjadi travel planner!

4. punya perlengkapan travel, bisa kamu Sewakan loh jB’ers!

Perlengkapan Travel (viva.id)

Perlengkapan travel, kamu bisa menyewakan perlengkapan travel yang kamu miliki. Mulai dari perlengkapan naik gunung atau perlengkapan menyelam. Semua alat yang kamu miliki bisa kamu sewakan dan menjadi modal utama usahamu ini. Lalu, uang sewa tersebut bisa kamu jadikan modal selanjutnya untuk menambah perlengkapan kamu. Jika melihat kepada kebutuhan para traveler, mereka yang tidak memiliki perlengkapan camping seperti tenda, kamu bisa menyewakannya. Untuk harga tenda ukuran 4-5 orang harga paling rendahnya berada di kisaran 40 ribu rupiah dalam satu hari. Bagaimana jika kamu memiliki beberapa tenda untuk disewakan? Belum lagi peralatan lain yang tidak kalah tinggi harganya. Tentu pekerjaan ini menjanjikan bukan?

Langkah pertama yang kamu lakukan untuk memulai usaha ini, yaitu kamu bisa menawarkan ke kerabat atau teman-teman dekatmu dahulu yang ingin traveling ya. Pastikan pelayanan kamu memuaskah ya JB’ers. Karena  promosi melalui orang terdekat lebih menjanjikan. Maka perlahan usaha kamu bisa semakin berkembang dan menjanjikan.

5. ajak kerja sama teman sesama petualangmu untuk membuka sewa penginapan yang sesuai kebutuhan traveler

Penginapan (wp.com)

Penginapan adalah salah satu hal wajib yang harus dipersiapkan oleh seorang traveler. Sebagai traveler, kamu pasti lebih tahu apa yang paling dibutuhkan oleh teman sesama petualang. Pengetahuan kamu itulah yang dibutuhkan, kamu bisa memberikan apa yang dibutuhkan oleh traveler saat menginap. Untuk urusan modal, kamu bisa mengajak kerja sama teman sesama traveler kamu dulu. Pilih tempat wisata dan buat konsep yang dibutuhkan traveler. Pastinya bisa kamu bayangkan dong berapa penghasilan yang akan kamu dapatkan?

Sewa penginapan di tempat destinasi wisata biasanya berkisar harga 400 ribu ke atas. Namun, akan sangat menarik wisatawan dan menjadi nilai tambah jika di penginapanmu diberitahu rute-rute yang menyenangkan untuk dikunjungi.

Nah, gimana JBers, kalau kamu bisa menghasilkan pundi-pundi dari hobi yang kamu miliki, kenapa tidak dilakukan? Tidak selamanya kok menjadi traveler membuat kantong jebol. Kamu bisa mengikuti peluang usaha yang sudah JB jelaskan.

(rei)

Apa Komentarmu
Loading...