Ini 5 Tips Memotret di Tempat Gelap dengan Smartphone Agar Tetap Instagrammable


Kamera smartphone di tempat gelap (Pxhere)

Sekarang ini sudah banyak smartphone yang memiliki fitur kamera canggih sekelas kamera digital bahkan kamera DSLR. Namun kebanyakan masih memiliki kekurangan, yaitu menghasilkan foto yang kurang baik saat kondisi kurang cahaya alias gelap. Buat JB’ers yang ingin menghasilkan foto keren dan Instagrammable meskipun dalam kondisi gelap, bisa dicoba nih tips-tips berikut ini.

1. Pakai tripod

Tripod (Freegreatpicture)

Saat memotret foto lalu bergoyang, bagaimana pun keadaannya, pasti tidak akan bagus. Goyangan sedikit saja pada saat memotret dalam kondisi gelap, sangat mempengaruhi hasil gambar. Pasalnya, kamera perlu waktu untuk menangkap gambar karena tingkat cahaya yang rendah. Untuk itu lebih baik menggunakan tripod. Selain tripod, kamu juga bisa memanfaatkan benda lain seperti meja, yang penting saat memotret tidak goyang. Kamu juga bisa pakai fitur timer untuk meminimalisir getaran saat kamu menekan tombol shutter.

2. Pakai flash pada jarak sedang

Flash pada smartphone (Flickr)

Jika digunakan dengan tidak tepat, maka hasil foto menggunakan flash bisa tak maksimal. Hindari penggunaan jarak jauh, karena akan membuat LED flash tidak bekerja dengan maksimal. Penggunaan LED flash terlalu dekat juga akan membuat objek kurang detail atau membuat latar belakang tak terlihat dengan jelas. Flash pada kamera smartphone akan sangat bermanfaat bila digunakan pada jarak sedang, di mana peneranggannya jauh lebih baik daripada dari jarak jauh atau terlalu dekat.

3. Atur ISO secara manual

Ilustrasi atur ISO (Freegreatpicture)

Kamu dapat mengatur ISO pada mode manual di kamera smartphone. ISO yang digunakan sebaiknya sekitar 800-6400 (tergantung tingkat cahaya yang ada). Namun, sama seperti flash, penggunaan ISO juga bisa menjadi hal buruk. ISO tinggi dapat membuat kualitas foto menjadi kurang baik, jadi harus tetap diukur sesuai tingkat cahaya yang ada di sekitar.

4. Pakai HDR

Ilustrasi pakai HDR (Pxhere)

Mode HDR dapat mengambil gambar dengan tingkat cahaya yang berbeda-beda, lalu kemudian dikombinasikan menjadi suatu gambar dengan cahaya yang lebih baik. Dengan kata lain, mode ini dapat membantu kamu menghasilkan foto lebih banyak detail dalam bayangan dan menghindari overexposing pada area yang terang. Jika kamu memakai mode ini, pastikan kamu memakai tripod.

5. Jangan pakai zoom

Ilustrasi zoom (Wikimedia)

Menggunakan digital zoom pada kamera smartphone adalah ide yang sangat buruk, apalagi saat gelap. Zoom sebenarnya tidak membuat gambar lebih rinci, justru akan membuat gambar kurang detail. Memotret lewat kamera smartphone, ada baiknya memilih jarak yang tak terlalu jauh dengan objek. Cara itu berguna untuk menghasilkan gambar yang lebih jelas. Jika kamu tipe orang yang suka memotret dari jarak jauh, cobalah memakai lensa zoom tambahan yang bisa ditempel di smartphone.

Jika kamu sudah terapkan tips di atas, dijamin foto kamu tak akan terlihat buruk meskipun kondisi tempat kamu memotret gelap. Selamat mencoba! (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak