Don't be Captious

Kamu Pelupa? Lakukan 5 Hobi Ini Agar Ingatanmu Semakin Tajam

Ilustrasi otak (Konilife)

Manusia memang dilahirkan untuk berbeda. Ada yang memang memiliki daya ingat tajam, sehingga mampu mengingat segalanya, ada juga yang sulit untuk mengingat sesuatu alias pelupa. Jika JB’ers merupakan orang yang pelupa, mungkin kamu perlu menekuni salah satu dari 5 hobi ini agar ingatanmu semakin tajam.

1. Mewarnai

Mewarnai (YouTube)

Mewarnai sendiri secara harfiah adalah membubuhkan warna atau cat pada suatu gambar. Kegiatan ini merupakan sebuah keterampilan yang cukup disukai oleh siapapun, baik anak-anak maupun orang dewasa,  untuk menuangkan segala imajinasi dan inspirasi. Diketahui kegiatan mewarnai ini bisa melepas atau mengurangi stres. Dengan berkurangnya stres, otomatis otak kamu akan bekerja lebih ringan, dan hal ini meningkatkan kemampuan memori otak kamu.

2. Menggambar/melukis

Melukis di papan tulis (Animeupdater)

Menggambar adalah kegiatan membentuk imaji, dengan menggunakan banyak pilihan teknik dan alat. Bisa pula berarti membuat tanda-tanda tertentu di atas permukaan dengan mengolah goresan dari alat gambar. Menggambar, seperti halnya melukis dan mewarnai, mengaktifkan otak kamu dan menjadikannya lebih bersemangat, apalagi jika gambarnya rumit. Kegiatan ini menghasilkan neuron yang menjaga kesehatan otak kamu. Otak yang sehat tentu memiliki memori yang baik.

3. Berkebun

Berkebun (Twitter)

Merawat tanaman dengan cara berkebun bisa menenangkan perasaan kita, dan mengurangi tingkat stres. Relaksasi ini membantu bagian otak yang dinamakan dengan hippocampus (bagian otak yang menangani ingatan) untuk bekerja lebih baik. Sebuah jurnal medis di Australia menemukan bahwa kegiatan berkebun tiap hari menurunkan resiko demensia alias pikun yang dialami pada usia tua. Buat kamu yang masih muda, ada baiknya melakukan atau menekuni hobi ini jika nggak mau pikun.

4. Memasak

Memasak (Wovgo)

Adakah di antara JB’ers yang gemar memasak? Jika ada, maka beruntunglah kamu, karena orang yang hobi memasak biasanya memiliki daya ingat yang baik. Saat memasak, otak otak kamu harus memproses berbagai kegiatan satu persatu secara berurutan, mulai dari memotong bawang sampai menyajikan makanan. Jika ini sering dilakukan, lama-lama otak akan terlatih untuk bisa memasak tanpa melihat contekan resepnya.

5. Menjahit

Menjahit (Gosipitang)

Menjahit adalah pekerjaan menyambung kain, bulu, kulit binatang, pepagan, dan bahan-bahan lain yang bisa dilewati jarum jahit dan benang. Yang namanya menjahit, pasti ada tahap membuat pola, menggunting baju dan lain sebagainya. Hal ini bisa membuat otak kamu tersinkronisasi, apalagi jika kamu membuat pola yang lebih rumit, dan memerlukan ketelitian. Dijamin memori otak kamu bakal semakin baik.

Dari kelima hobi di atas, yang mana yang menjadi hobi JB’ers? Apapun hobi kamu, pilihlah hobi yang bermanfaat, dan jangan sampai melakukan hobi yang justru mengganggu orang lain. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Loading...