Don't be Captious

Punya Rambut Keriting? Ini 5 Tips untuk Merawatnya Agar Tetap Sehat dan Nggak Ketombean

Sahira Anjani (Netmedia)

Mungkin bagi orang yang memiliki rambut keriting, perawatan rambutnya bisa menjadi satu masalah yang sulit diselesaikan. Hal ini dikarenakan orang yang memiliki rambut keriting membutuhkan perawatan lebih daripada orang yang berambut lurus. Buat JB’ers yang rambutnya keriting, berikut ada 5 tips perawatannya agar tetap sehat dan nggak ketombean.

1. Gunakan sisir bergigi jarang

Sisir gigi jarang (Thewedding)

Rambut yang keriting memang rentan kusut. Jadi agar sisirannya lebih mudah, pilih sisir yang bergigi jarang sehingga kamu lebih mudah mengurai rambutmu. Kalau bisa, sebelum sisiran kamu bisa menyisirnya dengan jari tanganmu dulu. Lalu sisir perlahan mulai dari bagian tengah hingga bawah. Kemudian dari bagian paling atas hingga ke bawah. Pilih juga sisir yang kuat untuk rambut keritingmu.

2. Pakai conditioner

Conditioner (Styledowntheaisle)

Jangan sampai lupa memakai conditioner setelah keramas memakai shampo. Pilih conditioner yang mengandung protein tinggi sehingga rambutmu jadi lebih mudah dirapikan. Pilih juga kondisioner yang khusus untuk rambut keriting. Biar meresap dengan sempurna, gunakan kondisioner selama 3-5 menit lalu dibilas hingga bersih.

3. Pakai sari cuka apel

Sari cuka apel (Positivemed)

Cuka apel memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya adalah bisa menjaga kesehatan rambut keritingmu. Setelah keramas, tuangkan cuka apel ke rambutmu secara merata.Kamu juga bisa mencampurkannya dengan air terlebih dahulu kalau aroma cuka apel terlalu menyengat. Diamkan selama 30 detik hingga meresap. Setelah itu bilas hingga bersih. Terakhir, pakai conditioner, dan bilas kembali.

4. Lindungi rambutmu

Pakai topi (Bustle)

Biasakan melindungi rambutmu jika keluar rumah dan beraktivitas. Misalnya selalu menggunakan penutup kepala ketika berenang. Bahan kimia di kolam renang dapat merusak rambutmu menjadikannya kasar dan kering. Jangan lupa juga untuk menggunakan topi kalau keluar rumah untuk melindungi rambutmu dari efek buruk sinar UV.

5. Creambath alami

Creambath (Onecrazyhouse)

Untuk creambath kamu tak perlu ke salon, karena bisa dilakukan sendiri dengan bahan alami, yaitu santan kelapa dan lidah buaya. Caranya, pertama keramas dulu dengan shampo seperti biasa, lalu keringkan dengan handuk hingga lembab. Setelah itu, oleskan daging lidah buaya atau santan kelapa ke rambutmu secara merata. Tutup rambutmu dengan handuk atau shower cap yang sebelumnya telah dicelupkan air hangat. Terakhir, biarkan selama 30 menit lalu bilas hingga bersih.

Setelah kamu melakukan 5 tips di atas, dijamin rambut keritingmu bakalan halus, lembut dan mudah diatur. Selamat mencoba! (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Loading...