Don't be Captious

5 Kecanggihan Pesawat N219 Buatan Anak Bangsa, Bukti Indonesia Mampu Bersaing di Kancah Dunia

Pesawat N219 (Goodnewsfromindonesia)

Pada hari pahlawan yang lalu, Indonesia mendapat kado istimewa berupa peresmian nama pesawat karya anak bangsa N219. Pesawat bermesin baling-baling ganda tersebut diberi nama Nurtanio, nama dari seorang pelopor penerbangan di Indonesia. Nama tersebut diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). N219 sendiri menyimpan kecanggihan luar biasa, bahkan lebih baik dari pesawat sejenis buatan asing. Tak heran jika pesawat ini sudah mendapatkan pesanan dari negara lain, yaitu Meksiko, bahkan sebelum terbang. Apa saja kecanggihannya? Berikut pembahasannya.

1. Memakai common technology

Presiden Joko Widodo saat pemberian nama dan uji terbang pesawat N219 (Kompas)

Teknologi pesawat yang digunakan N219 tergolong merupakan common technology. Sehingga biaya produksinya relatif lebih murah dan biaya perawatan bisa lebih rendah. Selain itu, suku cadangnya juga bisa lebih mudah didapatkan.

2. Teknologi avionik canggih

Pilot pesawat N219, Esther Gayatri Saleh (Kompas)

Teknologi avionik yang digunakan oesawat N219 adalah Garmin G-1000 dengan Flight Management System yang telah terpasang Global Positioning System (GPS), sistem autopilot dan Terrain Awareness and Warning System. Berkat teknologi-teknologi tersebut, N-219 sangat cocok untuk kebutuhan di wilayah-wilayah perintis yang hanya memiliki landasan pacu pendek.

3. Bisa dimodifikasi jadi pesawat amfibi

Pesawat N219 (Goodnewsfromindonesia)

Kelebihan lain dari N219 ini juga mampu dimodifikasi menjadi pesawat angkut amfibi, yaitu pesawat yang bisa mendarat di laut atau perairan selain di daratan. Ini diklaim akan menopang wisata bahari di Indonesia.

4. Bisa dikendalikan di kecepatan rendah

Pesawat N219 (Goodnewsfromindonesia)

Pesawat N219 memiliki kecepatan maksimum hingga 210 knot dengan kecepatan terendahnya mencapai 59 knot. Berkat kemampuan ini, pesawat bisa terbang dengan kecepatan cukup rendah namun tetap bisa dikendalikan. Hal ini penting karena di daerah perintis medan yang dilalui bisa sangat tidak terduga, seperti pegunungan-pegunungan, maupun tebing-tebing yang membutuhkan manuver ekstrim dalam kecepatan rendah.

5. Dilengkapi Multihop Capability Fuel Tank

Pesawat N219 (Kompas)

Wilayah-wilayah perintis yang tidak banyak memiliki infrastruktur penerbangan memaksa pesawat seperti jenis N219 untuk bisa menyiasati kebutuhan bahan bakar. Pesawat N219 dilengkapi dengan teknologi Multihop Capability Fuel Tank yang mampu mengatur kebutuhan bahan bakar sehingga pesawat dapat melakukan penerbangan ke beberapa rute tanpa perlu mengisi bahan bakar.

Itulah 5 kecanggihan pesawat N219 atau namanya Nurtanio. Nggak kalah canggih kan dibandingkan pesawat buatan luar negeri? Kita harus bangga sebagai orang Indonesia bisa memproduksi pesawat yang kecanggihannya diakui oleh negara lain. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Loading...