Don't be Captious

Punya Jerawat Membandel? Hilangkan dengan 5 Bahan Alami Ini, Tanpa Efek Samping

Ilustrasi wajah berjerawat (Pxhere)

Masalah jerawat mungkin merupakan masalah yang dialami semua orang, baik cowok atau cewek, apalagi jika jerawatnya membandel. Segala cara dilakukan untuk bisa menghilangkan jerawat itu, seperti menggunakan produk penghilang jerawat dengan berbagai macam khasiat yang ditawarkan. Sebenarnya, kamu bisa menghilangkan jerawat tanpa menggunakan produk penghilang jerawat itu. Caranya adalah dengan menggunakan bahan alami. Selain lebih murah, memakai bahan alami ini juga bebas efek samping. Bahan alami apa saja itu?

1. Lemon

Lemon (Pixnio)

Kandungan asam Askorbat dari buah lemon, ternyata mampu mengurangi masalah kulit yang berjerawat. Selain itu, buah masam satu ini juga bisa menghilangkan bekas-bekas dan juga mencerahkan kulit. Bagaimana caranya? Cukup oleskan perasaan buah tersebut ke muka hingga 15 menit kemudian bilas menggunakan air hangat.

2. Lidah buaya

Lidah buaya (Pixabay)

Senyawa aktif Polifenol dalam lidah buaya ternyata berguna untuk menghilangkan jerawat yang membandel di dalam kulit. Caranya sangat mudah, yaitu iris dan ambil bagian daging dari buah. Kemudian, oleskan ke seluruh permukaan wajah secara merata. Setelah didiamkan selama 30 menit, kamu bisa bilas dengan menggunakan air hangat.

3. Timun

Timun (Pixabay)

Kamu pasti sudah tahu jika timun merupakan buah yang sangat ampuh untuk dijadikan penghilang jerawat. Keefektifan buat ini dapat terasa apabila dioleskan ke bagian muka secara menyeluruh. Jika bingung, kamu juga bisa menggunakan blender hingga timun ini menjadi bubur. Setelah itu, jus tersebut dioleskan ke muka hingga kurang lebih 30 menit.

4. Kulit jeruk

Kulit jeruk (Pixabay)

Kulit jeruk mengandung Flavonoid dan Antioksidan yang sangat cocok untuk menghilangkan jerawat membandel di dalam kulit. Caranya, kamu harus jemur kulit tersebut di bawah sinar matahari hingga kering. Setelah itu, kulit jeruknya ditumbuk hingga halus sembari dicampurkan dengan air. Oleskan ke muka sebagai masker kemudian diamkan selama 30 menit.

5. Pepaya

Pepaya (Pixabay)

Enzim Papain dalam buah Pepaya ternyata sangat baik untuk mengikis sel kulit mati. Selain itu, buah satu ini ternyata juga baik untuk menghilangkan jerawat yang membandel. Hampir sama dengan cara yang di atas, buah ini harus dihaluskan hingga menjadi bubur dan ditempelkan sebagai masker dalam jangka waktu selama 20 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air panas.

Itulah 5 cara sederhana untuk membersihkan muka dari serangan jerawat. Biasakan untuk sering mencuci tangan apabila setelah melakukan aktivitas karena itu merupakan salah satu faktor jerawat timbul. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Loading...