Ini 5 Hal yang Harus Kamu Miliki dalam Diri Jika Ingin Bangun Startup


Ilustrasi startup (Pexels)

Apakah kamu saat ini sedang berencana membangun bisnis startup? Sudah tahu apa saja yang harus disiapkan? Sebenarnya, membangun sebuah usaha bukan hanya bermodalkan materi saja, melainkan banyak hal lain yang perlu kamu miliki, seperti relasi, strategi, perencanaan, dan lain sebagainya. Namun, hal yang nggak kalah penting dan wajib kamu miliki adalah faktor yang ada di dalam dirimu sendiri. Berikut 5 hal yang harus kamu miliki dalam diri jika kamu ingin membangun bisnis startup.

1. Jeli dalam menangkap peluang

Ilustrasi jeli (Freegreatpicture)

Seorang pebisnis harus mampu melihat sebuah peluang dan memiliki sudut pandang yang besar, mulai dari masalah hingga kesulitan yang akan muncul nantinya. Maka tak heran juga kalau pebisnis yang sukses justru di saat yang kurang baik. Misalnya, saat banyak orang sibuk memikirkan masalah banjir, ada pebisnis yang melihat peluang untuk menyediakan sebuah perahu karet.

2. Punya berbagai ide ‘gila’

Ilustrasi ide gila (Pexels)

Orang yang jago membangun bisnis startup selalu berorientasi untuk mencari sesuatu yang unik dan memiliki keistimewaan tersendiri jika dibandingkan dengan yang lain. Tak jarang pula, ide-ide yang muncul ini sering dinilai ‘gila’ atau nyeleneh. Namun dari sinilah ia menemukan perbedaan yang kuat dan bisa menjadi pioner atau pelopor untuk bisnisnya nanti.

3. Nggak mudah berpuas diri

Ilustrasi nggak mudah berpuas diri (Pexels)

Terkadang, menjadi pebisnis suka mendapat kecaman, sekaligus juga pujian dari lingkungan sekitar. Banyak yang menilai selalu ada kekurangan, ada yang salah, dan lain sebagainya. Hal inilah yang membuat para pelaku usaha nggak bisa puas diri dan terus memperbaiki diri untuk menjadi yang terbaik. Mereka tak ingin semua berjalan statis.

4. Tahan banting

Ilustrasi tahan banting (Pixabay)

Berbagai masalah yang muncul membuat pebisnis memiliki mental baja dan tahan banting. Dari permasalahan itu, mereka terus mencari celah untuk dijadikan jalan keluar. Dan di saat terjatuh pun mereka akan mampu bangkit untuk menjadi lebih baik lagi. Dalam membangun startup, mental baja adalah sebuah keharusan. Orang yang setengah-setengah dalam membuat startup dijamin tak akan bertahan lama.

5. Kamu adalah seorang pemimpi

Ilustrasi pemimpi (Freegreatpicture)

Poin terakhir ini bisa jadi yang paling penting. Pebisnis yang sukses selalu memiliki mimpi yang besar sebelumnya, yang itu belum terealisasi secara utuh. Sebab jika mimpi itu sudah hampir terwujud, dia selalu memiliki ‘mimpi baru’ lagi yang jauh lebih besar dari sebelumnya. Jika kamu nggak memiliki mimpi, jangan coba-coba untuk membangun startup, karena bisa jadi arah startup yang kamu buat jadi nggak jelas.

Bagaimana, apakah kamu punya 5 hal di atas dalam diri kamu? Jika iya, mungkin kamu memang memiliki bakat membangun bisnis startup dan menjadi sukses. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak