Lemot? Lakukan 5 Hal Ini Agar Sinyal Wi-Fi Lancar, Internetan Makin Ngebut Anti Lelet!


Ilustrasi pakai sinyal Wi-Fi (Pixnio)

Smartphone keluaran zaman sekarang tentunya sudah mendukung jaringan 4G LTE, dengan begitu koneksi internet pun makin cepat. Selain mendukung jaringan 4G, smartphone dikatakan ketinggalan zaman jika nggak bisa menerima sinyal Wi-Fi. Penggunaan Wi-Fi ini cukup berguna bagi kamu yang lebih sering internetan di kafe atau bahkan rumah sendiri. Lalu, bagaimana jika sinyal Wi-Fi ini justru lemot? Lakukan 5 hal ini untuk perlancar sinyal Wi-Fi kamu.

1. Ganti password Wi-Fi

Ilustrasi Wi-Fi (Pixabay)

Jika sinyal Wi-Fi tiba-tiba lemot, bisa jadi Wi-Fi kamu dibobol oleh orang yang bertanggung jawab, yang ingin internetan namun nggak modal. Jika sudah begini, kamu bisa mengganti password router kamu, dan jangan beritahu kepada orang lain. Dengan begitu sinyal Wi-Fi kamu akan aman dari pencurian.

2. Letakkan router di tempat terbuka

Router (Flickr)

Kamu bisa meletakan router wifi di tempat terbuka. Tujuannya simpel, yaitu biar sinyal Wi-Fi kamu nggak terhalang tembok, pintu, atau lemari. Sinyal yang terhalang tembok bisa bikin kamu internetan nggak lancar karena kecepatannya berkurang.

3. Hapus jaringan Wi-Fi yang tersimpan di smartphone kamu

Ilustrasi Wi-Fi (Pixabay)

Buat kamu yang sering memakai Wi-Fi di kafe, perpustakaan, atau tempat lain yang ada menyediakan Wi-Fi, smartphone kamu akan menyimpan jaringan Wi-Fi yang ada di tempat tersebut secara otomatis. Mulai sekarang lebih baik kamu hapus saja jaringan W-Fi tempat-tempat tersebut yang sudah nggak dipakai. Ternyata hal ini bisa berpengaruh untuk melancarkan sinyal Wi-Fi lho.

4. Lepas casing smartphone

Smartphone (Pixabay)

Casing yang terpasang di smartphone kamu juga bisa jadi penghalang buat sinyal Wi-Fi lho. Jadi, kalau kalian lagi internetan terus tiba-tiba lemot, kalian lepas saja casingnya, dengan begitu sinyal Wi-Finya bakal jadi lancar lagi. Memang merepotkan, namun mau bagaimana lagi?

5. Pakai custom kernel

Pakai smartphone (Pixabay)

Kalau di smartphone kamu ada custom kernel, kamu bisa menggunakannya saat akan internetan. Custom kernel dapat memberikan perbaikan yang bisa meningkatkan sinyal Wi-Fi kamu. Kernel sendiri adalah inti yang ada dari sebuah OS yang memang fungsi utamanya adalah penghubung antara hardware dan software atau sebuah aplikasi yang digunakan. Kernel bertugas menangani Driver, Power Management, dan lain-lain. oleh karena itu Kernel secara nggak langsung berdampak cukup besar dengan performa smartphone itu sendiri.

Jika kamu sudah lakukan 5 hal di atas namun masih lemot, kemungkinan masalah ada di smartphone kamu, atau bahkan router milikmu yang sudah harus diganti. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak