Biar Nggak Dehidrasi Saat Puasa, Lakukan 5 Hal Mudah Ini

Tantangan yang menurut sebagian besar orang berat saat puasa bukanlah menahan lapar, namun menahan haus. Dengan cuaca Indonesia yang cukup terik, dan dengan segudang aktivitas yang harus dijalani, membuat tubuh menguras cairan di dalamnya sehingga menimbulkan rasa haus dan dehidrasi. Alhasil, tubuh jadi cepat lelah, kulit menjadi kering, dan warna urin jadi menggelap. Untuk menghindari dehidrasi saat puasa, kamu bisa lakukan 5 hal mudah ini.

1. Hindari jus buah, kopi dan minuman soda

Jus buah (Hellosehat)

Nggak semua minuman itu bisa membuat tubuh kamu bisa tetap terhidrasi. Jus buah yang terasa sehat, justru nggak dapat mengganti cairan tubuh. Mengutip penjelasan dari Cleveland Clinic, jus buah cenderung mengandung terlalu banyak karbohidrat sehingga dapat menimbulkan rasa nggak nyaman di perut. Sama halnya dengan minuman kafein dan soda, keduanya justru membuat tubuh dehidrasi.

2. Minum air mineral

Air mineral (Beritagar)

Untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, selalu konsumsi air mineral. Sebab selain menghidrasi, air mineral sangat penting untuk mengembalikan keseluruhan fungsi tubuh, termasuk melarutkan zat mineral dan berbagai nutrisi dari makanan lain sehingga dapat diserap organ tubuh.

3. Jangan sering minum saat sahur

Ilustrasi minum (Assajidin)

Mungkin kamu berpikir untuk sering minum saat sahur agar lebih tahan haus saat puasa. Padahal, cara ini sama sekali nggak memberikan hasil apapun, kecuali rasa kembung selama seharian. Seorang ahli diet, Nour El-Zibdeh, merekomendasikan untuk minum dua gelas air mineral saat sahur, dan nggak perlu meminumnya secara berturut-turut. Takaran itu sudah cukup untuk mengisi cairan dalam tubuh dan menjaga tetap terhidrasi.

4. Konsumsi makanan kaya mineral

Salad (Simplyrecipes)

Makanan seperti timun, paprika, tomat, bayam, serta buah-buahan membantu menjagamu tetap terhidrasi. Kamu bisa mengolah bahan-bahan itu menjadi salad untuk berbuka, atau smoothies untuk sahur. Pilihan makanan ini jauh lebih baik daripada roti, keju, atau olahan yang digoreng.

5. Mengurangi aktivitas

Berkeringat (Fahbench)

Jika memungkinkan, kurangi kegiatan yang membuatmu banyak berkeringat, atau hindari banyak bergerak saat berpuasa. Cara ini dapat mengurangi keluarnya cairan dari dalam tubuh. Jangan pula berolahraga berat selama puasa.

Semoga setelah melakukan 5 hal di atas, kamu jadi lebih tahan haus saat puasa. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...