5 Cara Memilih Asuransi yang Tepat untuk Orangtua

Asuransi yang Tepat untuk Orangtua

Seiring pertambahan usia, tentunya ada banyak gangguan kesehatan yang mulai dirasakan oleh orangtua. Karena itu, memiliki asuransi kesehatan sangat dibutuhkan bagi orangtua. 

Asuransi kesehatan mampu menanggung berbagai risiko kesehatan yang mungkin dialami. Tak hanya asuransi kesehatan saja, penting juga untuk mempertimbangkan membeli asuransi jiwa orang tua dan penyakit kritis.

Pasalnya, kita tidak pernah tahu risiko apa yang akan terjadi ke depannya. Untuk itu, penting bagi Anda memilih asuransi terbaik untuk orangtua. 

Asuransi kesehatan bisa menjadi proteksi supaya risiko finansial akibat orangtua sakit atau mengalami kecelakaan bisa terkelola dengan lebih baik. Pertanyaannya kini, bagaimana cara tepat memilih asuransi kesehatan untuk orangtua? 

Buat mengetahuinya, mari kita simak beberapa tips berikut ini:

Mengetahui Kebutuhan Orangtua

Untuk orangtua, ada berbagai macam pilihan asuransi yang bisa dipilih mulai dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan serta asuransi penyakit kritis dan kecelakaan. Tentukan jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan orangtua Anda.

Asuransi kesehatan biasanya lebih dibutuhkan apabila usia tua menyebabkan kondisi badan jadi lebih rentan terhadap gangguan kesehatan. Karena itu, sebaiknya lakukan pemeriksaan kesehatan atau medical check up terlebih dahulu kepada orangtua.

Dengan demikian, Anda akan mengetahui kondisi kesehatan terakhirnya. Sehingga bisa menentukan asuransi kesehatan mana yang paling sesuai untuk orangtua.

Pertimbangkan asuransi kesehatan yang bisa memberikan proteksi untuk penyakit kritis seperti sakit ginjal, jantung, kanker ataupun penyakit berat lainnya. Kemudian, untuk asuransi kecelakaan diperlukan apabila mobilitas dari orangtua masih cukup tinggi.

Sementara itu, asuransi jiwa umumnya lebih dibutuhkan untuk seseorang yang memiliki tanggungan jiwa serta nilai ekonomi. Apabila orangtua sudah pensiun dan tidak lagi menanggung hidup anak-anaknya, maka bisa jadi asuransi jiwa sudah tidak diperlukan lagi.

BACA JUGA: Seberapa Penting Asuransi dalam Kehidupan Saat Ini?

Menyiapkan Budget untuk Pembelian Asuransi

Setelah melakukan medical check up dan mengetahui kondisi penyakit terakhir dari orangtua, maka Anda akan mengetahui asuransi kesehatan apa yang dibutuhkan oleh orangtua. Saatnya menyiapkan budget untuk pembelian asuransi.

Asuransi kesehatan untuk orangtua mempunyai premi yang lebih mahal di bandingkan orang yang lebih muda. Sebab, risiko yang diasuransikan juga lebih besar.

Dengan menyiapkan budget di awal untuk pembelian asuransi untuk orangtua, Anda jadi lebih fokus menentukan asuransi mana yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

Memeriksa Kelengkapan Asuransi Orangtua

Ketika Anda memilih asuransi, selain memperhatikan berapa biaya premi setiap bulannya, Anda juga perlu memeriksa kelengkapan asuransi yang lainnya.

Antara lain bagaimana cara pembayaran dokter atau rumah sakitnya, pelayanan medis apa saja yang tercakup ada asuransi tersebut, apa saja jumlah biaya yang ditanggung (apakah sudah termasuk biaya pengobatan, rawat jalan, rawat inap, biaya operasi, atau pemeriksaan tambahan lainnya), rumah sakit rekanan asuransi serta hingga berapa lama asuransi tersebut berlangsung.

Lakukan Riset pada Produk Asuransi yang Dipilih

Langkah selanjutnya, lakukan riset terhadap produk asuransi yang Anda pilih sesuai kebutuhan dan budget yang Anda miliki. Anda bisa melakukan riset melalui internet untuk mencari produk yang sesuai.

Atau menghubungi perusahaan asuransi dari produk yang Anda incar. Kemudian, mintalah penjelasan lebih detail mengenai produk asuransi tersebut.

Jangan lupa untuk mencari 3 sampai 4 produk untuk bisa Anda bandingkan mana yang lebih baik diantaranya. Pelajari dengan detail setiap polis dari masing-masing produk asuransi tersebut.

Mengungkapkan Kondisi Penyakit Orangtua Secara Jujur

Setelah Anda sudah menentukan produk asuransi mana yang sesuai keinginan Anda, sebaiknya informasikan secara jujur kondisi kesehatan orangtua pada pihak asuransi. 

Sebab, apabila Anda tidak jujur di awal, pihak asuransi nantinya malah bisa menolak untuk membayarkan klaim asuransi nantinya.

Informasikan kondisi kesehatan orangtua seperti penyakit kritis yang diderita, penyakit yang membahayakan jiwa serta adanya kondisi tertentu seperti cacat akibat kecelakaan. 

Jika orangtua mengidap kondisi seperti yang disebutkan diatas, Anda juga perlu memahami apakah nantinya biaya pengobatan dan lain-lain dapat ditanggung perusahaan asuransi atau tidak.

Demikian beberapa cara yang perlu Anda simak dalam mencari asuransi yang paling tepat untuk orangtua. Semoga informasi ini bermanfaat! (jow)

BACA JUGA: Cara Mudah Membedakan Antara Asuransi Umum dan Asuransi Syariah