5 Aplikasi yang Wajib Kamu Install saat Meninggalkan Rumah dalam Keadaan Kosong

Aplikasi saat meninggalkan rumah

Aplikasi saat meninggalkan rumah yang harus kamu install atau pasang ada banyak. Selama rumah yang dimiliki sudah memasang sistem otomatis online. Tentu beberapa aplikasi atau apk pilihan ini akan membantu.

Bagi kamu yang masih belum memiliki sistem tersebut, harus memasang lebih dahulu agar semua lebih dapat dikontrol. Tidak terjadi hal tidak diinginkan seperti konslet, kebakaran, dan pencurian bahkan perampokan rumah.

5 Daftar Aplikasi saat Meninggalkan Rumah yang Harus Dipasang

Saat rumah kosong tanpa adanya penghuni, memang rentan terjadi masalah apalagi jika ditinggalkan dalam waktu lama. Meski juga sudah mengantisipasi dengan memastikan semua sudah ok, tetap saja ada kemungkinan lainnya.

Sehingga di tengah majunya teknologi jaman sekarang, membuat kamu harusnya bisa memanfaatkan itu. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi yang digunakan saat meninggalkan rumah agar semuanya bisa terkontrol. Tapi harus dengan rumah pintar.

Kami tekankan sekali lagi bahwa semua aplikasi atau apk ini hanya bisa dipakai oleh pemilik rumah pintar atau smart home. Jadi baiknya untuk kamu yang belum memilikinya, perhatikan saja informasinya.

Siapa tahu ke depannya dapat membeli sistem smart home pada rumah kesayangan. Ada beberapa aplikasi yang harus selalu dimasukkan pada hp, di antaranya CCTV, listrik, dan masih banyak lagi lainnya.

BACA JUGA: Cara melacak lokasi seseorang tanpa diketahui dengan aplikasi

1. CCTV online

Aplikasi saat meninggalkan rumah pertama jelas harus ada CCTV. Jangan takut untuk menyediakan sistem ini, sebab saat ini harga untuk bisa menjangkau fitur keamanan jauh lebih murah dan mudah dilakukan.

Harga CCTV sekarang sudah dapat ratusan ribu satu pasang, lalu untuk dapat sinkronisasikan hanya perlu terhubung dengan Wi-Fi rumah. Jadi biaya pemasangan tidak akan lebih dari 500 ribu per bulan.

2. Kontrol listrik

Ketika sudah membuat semua dalam sambungan smart home, kamu juga bisa mengatur hidup matinya listrik. Tentu saja apk ini dapat diunduh langsung dari Google Play kesayangan, bisa Play Store atau App Store.

Tergantung dari perangkat yang digunakan, jadi di saat sedang berada di luar hunian tapi lupa mematikan listrik. Bisa dengan mudah mematikannya tanpa perlu kembali ke hunian hanya untuk mulai mematikannya.

3. Aplikasi kunci pintu digital yang terkoneksi internet

Tidak hanya sekedar untuk urusan CCTV dan listrik yang notabene alat elektronik saja. Kini kontrol terhadap rumah juga dapat dilakukan melalui pintu digital lock. Sesuai namanya locking dilakukan jarak jauh.

Tentu saja berbekal aplikasi ini kamu bisa lebih amankan rumah. Siapa tahu masih ragu belum kunci atau tidak. Jadi dengan berbekal ini semua jadi lebih terjamin aman.

4. Deteksi kebakaran juga bisa dimasukkan ke dalam sistem smart home

Tidak hanya BMKG yang sudah mencapai kemajuan dengan memberikan sistem deteksi kebakaran hutan. Bahkan jauh sebelumnya jika kamu gunakan smart home, pasti dapat deteksi kebakaran hunian langsung ke ponsel pintar.

Jadi ketika masih terjadi kebakaran kecil, kamu bisa langsung lapor ke tetangga terdekat. Dengan harapan agar Mereka melakukan penanganan bersama tetangga lainnya. Sehingga tetap butuhkan bantuan dari orang lain juga.

5. WA (WhatsApp)

Mungkin ini tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya, semua pasti bayangkan apk yang dimaksud adalah menyangkut keamanan elektronik. Tapi ternyata Whatsapp juga masuk ke dalam daftar, sebab ini artiannya lebih penting.

Kamu tidak mungkin bisa hidup di perumahan tanpa tetangga. Bagaimanapun menyebalkan Mereka, tetap saja Mereka orang terdekat. Kamu harus menganggapnya seperti keluarga agar selalu bisa komunikasi, terutama saat sedang bepergian.

Pastikan Juga Sudah Memastikan Semua Aman

Meski sudah ada banyak bantuan aplikasi saat meninggalkan rumah dari CCTV online hingga WA. Tetap saja disarankan agar memastikan semuanya aman, mulai dari mencabut gas sampai mematikan listrik.

Semua harus dilakukan jikalau memang urgent untuk pergi jauh. Tapi jika hanya pergi beberapa saat saja, lebih baik untuk membiarkan semuanya tertancap seperti semula. Khusus gas memang harus lebih diperhatikan.

Sebab gas adalah benda yang cukup berisiko, serta listrik tidak mesti dimatikan. Hanya saja di dapur sebaiknya lampu dalam keadaan mati. Demi minimalkan risiko terjadi ledakan dari pada tabung gas.

Bagaimana apakah sudah miliki semuanya? Jika sudah memilikinya tentu kamu akan merasa aman. Apalagi jika ditambah dengan adanya asuransi di samping bantuan aplikasi saat meninggalkan rumah yang sudah dijelaskan lengkap.

BACA JUGA: Cara Aman Anti Maling dengan Aplikasi Deteksi Jarak Jauh