Don't be Captious

Cara Mengatasi TikTok yang Tidak Bisa Dibuka

Tantri Widya
Tantri Widya
Suka hal-hal yang berhubungan dengan teknologi dan media sosial. Mahasiswa yang sedang berjuang menggapai cita-cita.

Halo sobat JBers, jika kamu mengalami masalah TikTok yang tidak mau terbuka, otomatis kamu tidak dapat melihat video terbaru yang lewat di FYP (For You Page). Biasanya, video atau profil TikTok tidak akan terbuka jika server aplikasi mengalami masalah, atau layanan video online mengalami file yang rusak.

Namun, kamu bisa mencoba melakukan pembaruan aplikasi atau menghapus VPN untuk membantu mengatasi TikTok yang tidak bisa dibuka.

Tenang, aku akan berikan panduan untuk mengatasi aplikasi TikTok yang tidak bisa dibuka. Dengan begitu kamu bisa mengatasinya sendiri hanya dengan mengikuti panduan di yang aku berikan di sini. Sebelum masuk ke pembahasan inti, pahami dulu beberapa alasan kenapa aplikasi TikTok kamu tidak bisa dibuka di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Mengatasi TikTok Tidak Ada Koneksi Internet

4 Alasan TikTok yang Tidak Bisa Dibuka

Video TikTok tidak akan bisa terbuka di perangkatmu jika tidak terhubung ke internet. TikTok adalah platform media sosial online yang membutuhkan koneksi jaringan yang stabil, jika tidak, TikTok tidak akan memuat media apapun. Untuk dapat memutar video di aplikasi TikTok kamu membutuhkan sekitar 3Mbps – 5Mbps.

Alasan lain yang akan menyebabkan TikTok tidak bisa dibuka adalah sebagai berikut:

1. Server TikTok sedang tidak tersedia

Jika server TikTok tidak tersedia saat kamu mencoba mengakses aplikasi, beberapa fungsi dan fitur tidak akan dapat diakses.

Server bisa down karena maintenance rutin, atau masalah sistem yang tidak terduga yang menyebabkan crash.

Kamu dapat memeriksa status server TikTok dengan mencari “Apakah TikTok down”. di media sosial Twitter atau mesin pencarian Google. Atau bisa juga kamu cukup kunjungi website downdetector.com untuk mengetahui status server TikTok secara realtime.

2. File cache TikTok

TikTok akan secara otomatis mengunduh file cache setiap kali kamu membuka aplikasi untuk menyimpan data di perangkatmu. Ini dilakukan untuk meningkatkan performa layanan video dan mempercepat waktu pemuatan aplikasi.

Namun, seiring berjalannya waktu, file cache ini bisa rusak dan mengganggu performa TikTok.

Ketika cache TikTok terlalu penuh, hal ini juga akan menghambat fungsi aplikasi karena tidak ada ruang untuk file cache lebih lanjut yang akan diunduh.

3. Aplikasi TikTok yang rusak

Aplikasi TikTok yang terpasang di perangkatmu mungkin mengandung perangkat lunak yang rusak.

Perangkat lunak ini akan mengganggu performa aplikasi dan menghentikannya dari memuat video. Aplikasi TikTok bisa rusak melalui instalasi yang bermasalah, atau seiring berjalannya waktu melalui penggunaan umum.

4. Gangguan VPN TikTok

Jika kamu menggunakan VPN untuk mengakses TikTok, kamu mungkin akan menerima pesan kesalahan; ‘Tidak ada Jaringan’.

TikTok tidak akan bisa dibuka jika aplikasi telah memblokir alamat IP kamu. Ini terjadi ketika TikTok menyadari bahwa kamu bukan menggunakan aplikasi melalui jaringan pribadi.

BACA JUGA: 7 Cara Mengatasi TikTok Error di HP Android

Cara Mengatasi TikTok yang Tidak Bisa Dibuka

Jika aplikasi TikTok kamu tidak dapat dibuka untuk memuat video atau profil, cobalah untuk restart koneksi internetmu. Ini akan membuat TikTok buat koneksi jaringan baru. Jika internetmu mengalami masalah koneksi, ini akan membantu memperbaiki kesalahan dan meningkatkan stabilitas jaringanmu. Matikan router Wifi kamu selama beberapa menit untuk memulai ulang koneksi internetmu.

Solusi lain untuk mengatasi TikTok yang tidak bisa dibuka adalah:

1. Bersihkan cache TikTok

Jika kamu menghapus file cache TikTok yang tersimpan di perangkatmu, ini akan membuka ruang dan menghapus file yang rusak. Sehingga aplikasi TikTok kamu akan refresh seperti pada saat kamu baru instal pertama kali.

Cara membersihkan cache TikTok:

  • Buka TikTok di perangkatmu
  • Klik pada ‘Profil’ kamu
  • Akses ‘Pengaturan dan Privasi’
  • Pilih ‘Bersihkan Cache’ di bawah ‘Cache & Data Seluler’

TikTok akan secara otomatis menghapus file cache yang tersimpan.

2. Instal ulang aplikasi TikTok

Jika aplikasi kamu rusak, kamu perlu menghapusnya dari perangkatmu dan menginstal ulang untuk menghapus data yang rusak dan menghentikan TikTok dari menampilkan layar kosong.

  • Hapus atau uninstall aplikasinya dari perangkatmu.
  • Buka Google PlayStore atau AppStore dan unduh kembali aplikasi TikTok.

3. Perbarui VPN

Jika kamu tidak perlu menggunakan VPN untuk mengakses TikTok, matikan fitur ini dan buka aplikasi melalui jaringan asli kamu.

Namun, jika kamu memerlukan jaringan pribadi virtual, kamu perlu mengubah ke server IP yang berbeda agar TikTok tidak mengenali browsermu.

Kesimpulan

Sobat JBers, untuk mengatasi TikTok yang tidak bisa dibuka, ada beberapa solusi yang dapat dilakukan, seperti memulai ulang koneksi internet, membersihkan cache TikTok, atau menginstal ulang aplikasi.

Koneksi internet yang stabil sangat penting untuk menampilkan video TikTok, dan masalah dapat terjadi jika server TikTok sedang tidak tersedia atau file cache TikTok terlalu penuh dan rusak. Kadang-kadang, aplikasi TikTok itu sendiri mungkin rusak atau VPN yang digunakan juga dapat mempengaruhi kemampuan aplikasi.

BACA JUGA: Cara Mengatasi TikTok Keluar Sendiri

Latest article