10 Rekomendasi Tempat Wisata di Karawang yang Layak Dikunjungi

Bingung mau ke mana buat mengisi waktu libur? Yuk, jalan-jalan ke salah satu dari 10 rekomendasi tempat wisata di Karawang yang layak dikunjungi. Simak sampai habis dan selamat berlibur.

Sebelum lanjut, perlu diketahui bahwa Karawang merupakan sebuah kabupaten yang berada di pantai utara Pulau Jawa. Bagi kamu yang tinggal di Jakarta, daerah ini bisa menjadi pilihan berwisata karena waktu tempuhnya hanya 1 sampai 2 jam melalui jalan tol.

Secara potensi, Karawang memiliki tempat wisata dengan beragam konsep, mulai dari alam hingga kekinian. Meskipun demikian, kami hanya merekomendasikan 10 tempat wisata di Karawang yang layak dikunjungi sebagai berikut.

1. Kampung Turis

Kampung Turis (Foto: https://www.instagram.com/entrisnawnt/)

Tempat wisata di Karawang yang satu ini bisa menjadi pilihanmu untuk healing. Kampung Turis memiliki konsep waterpark yang menyatu dengan alam. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan khas dataran tinggi sambil bermain air.

Selain waterpark, tempat ini juga terdapat Bukit Sidampyak. Melalui bukit ini, kamu bisa menikmati pemandangan Gunung Sangga Buana serta terasering layaknya di Ubud, Bali. Selain menikmati pemandangan, Bukit Sidampyak juga cocok untuk kegiatan family gathering dan outbound.

Kampung Turis beralamat di Kampung Parakan Badak, Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang. Adapun harga tiket waterpark seharga Rp 25.000 untuk hari biasa dan Rp 40.000 untuk akhir pekan. Jam operasional waterpark mulai pukul 09.00 sampai 17.00.

2. Green Canyon

Green Canyon (Foto: https://www.instagram.com/ririfajr/)

Tempat wisata di Karawang ini masih bernuansa alam. Green Canyon memiliki objek utama berupa dua tebing hijau setinggi 10 meter. Di antara dua tebing tersebut, terdapat kolam yang cocok untuk berenang. Kamu bisa berenang di sini dengan menyewa pelampung.

Selain berenang, kamu juga bisa menikmati pemandangan alam. Pemandangannya bukan hanya tebing hijau, melainkan adapula air terjun setinggi 5 meter. Air terjun tersebut juga dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun.

Green Canyon terletak di Desa Medalsari, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang. Harga tiket masuknya seharga Rp 50.000. Jam operasionalnya mulai pukul 08.00 sampai 16.00.

BACA JUGA: Green Canyon Pangandaran, Jembatan Tanah yang Ditemukan Bule Swiss

3. Alun-alun Karawang

Alun Alun Karawang (Foto: mauzafiq.com)

Ketika berkunjung ke suatu kabupaten atau kota, tak lengkap apabila tidak mengunjungi alun-alunnya. Salah satunya adalah Alun-alun Karawang. Di sini, kamu bisa jalan-jalan tanpa perlu keluar banyak biaya.

Supaya tidak keluar banyak biaya, kamu bisa memanfaatkan fasilitas yang tersedia. Contohnya seperti menghirup udara di taman, nongkrong di tempat lesehan, membeli jajanan murah, atau hanya duduk menikmati pemandangan saat sore hari.

Alun-alun Karawang terletak di Desa Karawang Kulon, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang. Tempat ini bisa dimasuki secara gratis dan dibuka 24 jam.

4. Monumen Kebulatan Tekad

Monumen Kebulatan Tekad (Foto: https://www.instagram.com/ajeng_wsw/)

Ketika di Karawang, jangan lupa berkunjung ke Monumen Kebulatan Tekad. Di sini, kamu akan teringat dengan peristiwa penculikan Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok. Penculikan tersebut dilakukan supaya dwitunggal tersebut segera memproklamasikan kemerdekaan.

Untuk mengingat peristiwa Rengasdengklok, kamu juga akan melihat sebuah rumah bersejarah. Rumah tersebut dulunya dipakai untuk rapat antara golongan tua dengan golongan muda. Rapat tersebut diadakan untuk membahas proklamasi kemerdekaan.

Monumen Kebulatan Tekad berada di Jalan Raya Rengasdengklok, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang. Tempat wisata di Karawang ini tidak dipungut biaya dan dibuka 24 jam.

5. Candi Jiwa

Candi Jiwa (Foto: https://www.instagram.com/marijelajahyuk/)

Satu lagi tempat wisata bersejarah yang layak dikunjugi. Candi Jiwa merupakan candi yang dibangun pada masa Kerajaan Tarumanegara, yaitu abad ke-5 sampai 6 Masehi. Meskipun demikian, candi ini memiliki fisik layaknya candi muda karena dibangun dengan bata merah.

Untuk bisa mengunjungi candi ini, kamu perlu melewati pematang sawah. Hal itu dilakukan karena letak Candi Jiwa yang berada di tengah sawah. Lokasinya ini menjadi nilai plus karena menyuguhkan pemandangan indah.

Candi Jiwa berada di Desa Segaran, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang. Harga tiketnya hanya Rp 5.000 per orang. Jam operasionalnya mulai pukul 08.00 sampai 18.00.

6. Marigold Garden

Marigold Garden (Foto: https://www.instagram.com/nurulchotimah.21/)

Tempat wisata di Karawang ini mengusung tema kekinian. Di sini, kamu bisa berfoto di spot-spot yang Instagramable. Di antara spot foto yang tersedia, jangan lupa untuk berfoto dengan ribuan kincir angin di belakangnya.

Ribuan kincir angin tersebut menjadi ikon di Marigold Garden. Total ada 13.000 kincir angin yang terpasang di tempat ini. Banyaknya kincir angin tersebut tak terlepas dari ide salah seorang warga Desa Tamelang, Heri Dinata.

Marigold Garden terletak di Desa Tamelang, Karawang Timur. Harga tiketnya sebesar Rp15.000. Jam operasionalnya mulai pukul 07.00 sampai 18.00.

7. Kampung Budaya Karawang

Kampung Budaya Karawang (Foto: https://www.instagram.com/mukhzin_ali/)

Tempat wisata di Karawang ini cocok untuk pecinta budaya lokal. Kampung Budaya Karawang menjadi tempat untuk menjaga budaya asli Sunda supaya tidak punah. Di sini, kamu bisa melihat pertunjukan tari tradisional sampai mencicipi makanan khas Sunda.

Bukan hanya budayanya, tempat ini juga menyuguhkan alam yang indah. Ketika memasuki Kampung Budaya, terdapat hamparan sawah yang memanjakan mata. Sawah-sawah tersebut sengaja dibuat supaya mengingatkan bahwa Karawang adalah salah satu penyumbang beras nasional.

Kampung Budaya Karawang berada di Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang. Tempat ini dibuka 24 jam dan tanpa biaya masuk.

8. Pantai Sedari

Pantai Sedari (Foto: https://www.instagram.com/rynrsnnto/)

Pantai Sedari bisa menjadi salah satu pilihan tempat wisata di Karawang. Pantai ini memiliki pasir yang halus serta berwarna putih kecoklatan. Karakter lainnya adalah tidak adanya karang tajam sehingga pengunjung bisa bermain dengan nyaman.

Supaya bisa menikmati keindahan pantai, kamu juga bisa menaiki kuda. Kuda-kuda di sini tidak akan berlari sehingga kamu akan merasa rileks. Supaya tetap tenang, kuda tunggangan akan dipandu oleh seorang pawang.

Pantai Sedari beralamat di Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang. Harga tiketnya seharga Rp 7.500. Jam operasionalnya mulai pukul 06.30 sampai 00.00.

9. Puncak Sempur

Puncak Sempur (Foto: https://www.instagram.com/inidasdas.15/)

Puncak Sempur menawarkan wisata alam khas dataran tinggi. Oleh sebab itu, tempat ini seolah menjadi oase di tengah hiruk pikuknya kota Karawang. Di sini, kamu akan menghirup sejuknya udara serta melihat pemandangan alam yang memukau.

Bukan hanya itu, kamu juga bisa melihat matahari terbit yang indah. Supaya bisa melhatnya, kami sarankan untuk berkemah. Kamu bisa membuka tempat-tempat yang tersedia, seperti di pinggir puncak.

Puncak Sempur terletak di Desa Cintalaksana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang. Harga tiketnya hanya Rp 10.000. Jam operasionalnya mulai pukul 08.00 hingga 17.00.

BACA JUGA: Menikmati Pemandangan Alam dari Atas Bukit di Puncak Sempur Karawang

10. Goa Dayeuh

Goa Dayeuh (Foto: https://www.instagram.com/irmoo/)

Terakhir, ada tempat wisata alam dengan konsep yang berbeda. Goa Dayeuh memiliki hutan purba yang terdapat di dalam cekungan goa. Dinamakan hutan purba karena terdapat pohon-pohon berusia ratusan hingga ribuan tahun di sini.

Tidak hanya hutan purba, Goa Dayeuh juga terdapat goa-goa lainnya. Goa-goa tersebut seperti Goa Paseban, Goa Inten, Goa Keraton, dan goa lainnya. Di antara semua goa tersebut, Goa Paseban menjadi yang terlaris karena sering dikunjungi oleh para peziarah.

Goa Dayeuh terletak di Desa Tamansari, Kecamatan Pangkalan, Kabepaten Karawang. Harga tiketnya seharga Rp 5.000. Jam operasionalnya mulai pukul 08.00 sampai 17.00.

Penutup

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Karawang yang layak kamu kunjungi bersama keluarga atau teman. Hati-hati di jalan dan selamat berlibur.

BACA JUGA: 10 Tempat Wisata di Cikarang yang Wajib Kamu Kunjungi

Written by Zari

7 Rekomendasi Tempat Wisata Hidden Gem di Malang Raya

4 Rekomendasi Wisata Unik dan Menarik di Kota Palangkaraya