Don't be Captious

spot_img

Pemandian Air Panas Cangar, Pesona Alam Asri dan Alami Kota Batu

Ardy Messi
Ardy Messihttp://killingcr.co.cc
Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Kota Batu merupakan salah satu daerah yang berada di Provinsi Jawa Timur. Daerah ini tepat terletak di sebelah barat Kota Malang, dan termasuk bagian dari Malang Raya.

Kota Batu memang terkenal sebagai kota wisata dengan menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Mulai dari wisata alam hingga buatan, Kota Batu punya semua dan menjadi salah satu tujuan destinasi wisata masyarakat sekitar.

Apalagi, Kota Batu termasuk daerah di dataran tinggi dengan cuaca yang cukup dingin membuat semakin sejuk ketika berkunjung ke sini. Salah satunya yaitu wisata alam yang masih asri berupa Pemandian Air Panas Cangar.

Tentang Pemandian Air Panas Cangar, Kota Batu

Pemandian Air Panas Cangar merupakan salah satu destinasi wisata air yang menawarkan pesona alam asri dan alami di Kota Batu. Apalagi, ditambah udara yang sejuk dan dingin Kota Batu membuat wisatawan nyaman dan betah berlibur ke sini.

Masyarakat sekitar Kota Batu tentu menginginkan suasana baru berupa kehangatan di tengah suasana dingin kota ini. Untuk itu, solusinya adalah dengan datang ke Pemandian Air Panas Cangar.

Di Pemandian Air Panas Cangar ini wisatawan bisa relaksasi diri dengan mandi air panas, sehingga membuat badan terasa lebih hangat. Selain bisa menikmati suasana baru untuk menghangatkan badan, para wisatawan juga bisa menikmati pesona alam yang luar biasa di sekitar area pemandian.

Pemandian Air Panas Cangar ini disediakan dengan desain kolam, seperti halnya kolam renang pada umumnya, sehingga bisa digunakan untuk berendam dan menghangatkan badan.

Bahkan, di tempat ini juga dibedakan antara kolam laki-laki dan wanita. Kolam tersebut dibuat khusus bagi wanita yang menjadi kolam tertutup, sehingga beda dengan kolam umum. Tujuan dibuat kolam khusus wanita adalah agar mereka yang menutup aurat bisa tetap menikmati suasana Pemandian Air Panas Cangar.

Selain itu, kolam khusus tersebut ditujukan pula agar wisatawan perempuan bisa menikmati suasana tanpa ada rasa malu dengan orang lain atau orang yang bukan muhrim.

Bahkan, untuk menambah daya tarik wisatawan, pihak pengelola tempat wisata ini mendesain kolam dengan nuansa di Jepang. Ditambah sekeliling sumber mata air ini dikelilingi pepohonan hijau yang masih asri, sehingga menambah kesan lebih segar bagi wisatawan yang datang.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Tempat Wisata Hidden Gem di Malang Raya

Tiket Masuk Pemandian Air Panas Cangar

Bagi wisatawan yang ingin datang ke sini, tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk menikmati suasana sejuk dan segar Pemandian Air Panas Cangar. Harga tiket yang disediakan oleh pihak pengelola cenderung masih tergolong murah.

Apalagi, destinasi wisata ini masih tetap terjaga keasriannya karena tentu dirawat oleh pihak pengelola. Hal inilah yang menjadikan Pemandian Air Panas Cangar menjadi salah satu destinasi wisata favorit masyarakat.

Berikut ini mengenai harga tiket masuk Pemandian Air Panas Cangar:

·         Tiket masuk : Rp 16.500 / orang

·         Tiket kolam keluarga : Rp 100.000 / jam

·         Parkir : Rp 3.000 / motor dan Rp 5.000 / mobil

Dengan tiket masuk yang tergolong murah, wisatawan bisa menikmati suasana alam yang asri di Pemandian Air Panas Cangar.

Jam Operasional

Untuk bisa menikmati suasana di Pemandian Air Panas Cangar, wisatawan bisa datang kapan saja antara Senin sampai Minggu. Bahkan, libur nasional pun wisata ini masih tetap buka dan semakin ramai kedatangan wisatawan luar daerah.

Namun, perlu diketahui jika hari Jumat kolam pemandian akan dikuras demi menjaga kebersihan dan kenyamanan para wisatawan yang datang. Jam operasional Pemandian Air Panas ini dibuka mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Pemandian Air Panas Cangar tepat terletak di Desa Sumber Brantas, Bumiaji, Batu, Jawa Timur. Tempat wisata ini terletak di dataran tinggi yang membuat suasana semakin sejuk dan dingin.

Jarak antara pusat kota dengan Pemandian Air Panas Cangar ini sekitar 20 km. Perlu diketahui, jika sumber mata air panas ini berasal dari pegunungan yang tentunya masih alami.

Untuk datang ke sini, wisatawan bisa melalui jalur Batu yang kemudian menuju Sumber Brantas dan sampai ke Cangar, lokasi pemandian.

Fasilitas Pemandian Air Panas Cangar

Setiap destinasi wisata, tentunya mempunyai dan menawarkan berbagai fasilitas yang disediakan bagi para wisatawan yang datang. Tak terkecuali di Pemandian Air Panas Cangar yang menyediakan berbagai fasilitas, antara lain:

1. Lahan Perkemahan

Untuk wisatawan yang tidak suka berenang, bisa mencoba berkemah di sini dengan ditemani suasana yang masih asri dan alami. Wisatawan bisa membawa peralatan kemah dari rumah, kemudian mendirikan tenda di lokasi yang sudah disediakan.

2. Mushola

Mushola menjadi salah satu fasilitas penting dan utama yang wajib disediakan di setiap tempat wisata. Pasalnya, wisatawan yang beragama Islam tentu akan melaksanakan Sholat di tengah waktu liburannya.

Dengan begitu, tempat ini juga sudah menyediakan Mushola yang bisa digunakan siapa saja untuk beribadah.

3. Toilet

Fasilitas yang utama lainnya yaitu toilet yang mana wajib untuk disediakan. Apalagi, wisata Pemandian Air Panas ini membutuhkan toilet untuk mengganti baju dan lain sebagainya. Terdapat beberapa bilik kamar mandi yang bisa digunakan di tempat wisata ini.

4. Sewa Ban atau Baju Renang

Sebagai tempat wisata pemandian, tentunya disini juga menyediakan peralatan yang digunakan untuk berenang. Mulai dari sewa ban dan baju renang sebagai alat pelengkap untuk berenang.

5. Kantin dan Gazebo

Wisatawan juga bisa menikmati fasilitas kantin yang sudah disediakan. Kantin disini menyediakan berbagai makanan dan minuman, tentunya juga khas Kota Batu.

Selain itu, untuk menyantap dan bersantai di sekitar lokasi juga disediakan Gazebo. Terdapat beberapa Gazebo yang disediakan oleh pihak pengelola.

BACA JUGA: Refreshing ke Pantai Teluk Asmoro, Raja Ampat-nya Malang yang Nggak Kalah Indah

Daya Tarik Pemandian Air Panas Cangar

Pemandian Air Panas Cangar tentu mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Terdapat beberapa daya tarik yang bisa dinikmati oleh wisatawan, berikut daya tarik Pemandian Air Panas Cangar, Kota Batu.

1. Kolam Hangat yang Berkhasiat

Perlu diketahui, jika air panas yang ada di kolam pemandian tersebut merupakan air panas alami yang berasal keluar langsung dari perut bumi, sehingga suhu panasnya cukup tinggi. Namun, air yang berada di kolam sudah dicampur dengan air alami dengan suhu yang lebih rendah.

Oleh karena itu, mayoritas masyarakat percaya bahwa air panas di Cangar ini bisa menyembuhkan penyakit kulit. Bahkan, mitos yang beredar juga menyatakan jika pemandian air panas ini bisa membuat kulit jauh lebih awet muda.

2. Lokasi yang Bersejarah

Pemandian Air Panas Cangar yang terletak di kawasan Tahura R. Soeryo ini merupakan tempat yang bersejarah. Hal ini dikarenakan dahulu menjadi saksi penjajahan pada masa era Jepang terhadap Indonesia.

Bukti yang menunjukkan jika lokasi ini bersejarah adalah terdapat banyak goa buatan di kawasan hutan tersebut. Diperkirakan goa ini dibuat pada 1942 – 1945 di saat Jepang sedang menjajah Indonesia.

3. Goa peninggalan Jepang

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika di sekitar lokasi pemandian terdapat goa buatan pada saat penjajahan Jepang. Terdapat lima buah goa yang bisa didatangi oleh wisatawan untuk mengenal peninggalan Jepang semasa menjajah Indonesia.

4. Jogging Track

Selain menikmati hangatnya air di sini, wisatawan juga bisa melakukan olahraga dengan jogging di sekitar area. Pihak pengelola menyediakan jogging trek yang bisa digunakan untuk jogging maupun jalan santai.

Sambil menikmati suasana alam yang indah, wisatawan bisa mengelilingi area sekitar pemandian dengan jogging.

Penutup

Demikianlah mengenai destinasi wisata Pemandian Air Panas Cangar, Kota Batu yang menawarkan pesona alam yang asri dan alami. Wisatawan bisa menikmati berbagai aktivitas melalui fasilitas yang telah disediakan di sini untuk sekedar relaksasi diri maupun berlibur bersama keluarga.

BACA JUGA: Di 5 Destinasi Wisata Malang Ini, Kamu Bakal Merasa Seperti di Luar Negeri

Latest article