Don't be Captious

spot_img

8 Aplikasi Deteksi Gempa Bumi untuk HP Android

Ardy Messi
Ardy Messihttp://killingcr.co.cc
Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Sobat JBers, sebagai orang yang tinggal di zona rawan gempa seperti Indonesia nggak ada salahnya untuk memperhatikan banget usaha-usaha pencegahan yang bisa kita lakukan mulai dari diri sendiri.

Pada kesempatan kali ini aku akan berbagi tentang aplikasi-aplikasi berguna banget buat pantau soal gempa bumi yang terjadi di sekitar kita. Gak cuma buat nambah wawasan, tapi juga bisa bikin kita lebih siap menghadapi gempa.

Dengan menginstal aplikasi, kalian bisa mendapatkan info peringatan dini tentang gempa. Tapi inget ya, peringatan dini ini cuma ada beberapa detik sebelum gempa beneran datang, jadi kita juga harus siap-siap diri di rumah, tempat kerja, atau di tempat lain yang sering kita kunjungin.

Oke, gak usah berlama-lama lagi, ini dia 8 aplikasi deteksi gempa bumi untuk HP Android yang bisa kalian coba.

1. My Earthquake Alerts

Aplikasi My Earthquake Alerts

Aplikasi pertama deteksi gempa bumi adalah My Earthquake Alerts. Dengan aplikasi ini kalian bisa memantau aktifitas gempa yang terjadi di seluruh dunia. Selain itu My Earthquake Alerts juga bakal kasih tau kalo ada gempa di daerah sekitar kalian. Kalo notifikasinya gak muncul, kalian bisa coba ini buat benerin notifikasi di Android kamu.

Kalian bisa atur notifikasi ini sesuai kebutuhan, mau dikasih tau kalo ada gempa di seluruh negara atau cuma daerah kalian aja. Selain itu, kita bisa set level magnitude-nya biar dikasih tau kalo ada gempa yang selevel sama yang sudah di set.

Di halaman utama aplikasi ini, kalian bisa lihat daftar gempa-gempa terbaru. List ini bisa diatur sesuai region, level magnitude, layout, dan waktu. Kalian juga bisa cari gempa di daerah lain yang terjadi di belahan bumi lainnya.

Bagi kalian yang ingin mencobanya, Aplikasi My Earthquake Alerts tersedia gratis. Ada juga versi berbayar yang tentunya bebas dari iklan.

2. Detektor Gempa

Aplikasi Detektor Gempa

Aplikasi berikutnya adalah Detektor Gempa. Aplikasi ini bisa memberikan info secara langsung berdasarkan lokasi kalian saat terjadi gempa bumi. Selain itu, kalian juga bisa cek laporan gempa dalam 24 jam terakhir lewat fitur jaringan seismik di aplikasi ini, bahkan kalian bisa ikutan jadi relawan dari jaringan ini dan melaporkan gempa.

Fitur lainnya yang bisa kalian nikmati dari Detektor Gempa diantaranya adalah tambahin filter sesuai negara, daerah, jarak, atau magnitudonya gempa. Selain itu, ada fitur chat yang bisa dipake buat ngobrol sama orang-orang dari seluruh dunia dan sharing pengalamanmu.

Aplikasi ini gratis, tapi ada fitur-fitur pro yang bisa kalian dapatkan kalo beli versi berbayar, seperti notifikasi dengan sintesis suara, prioritas pesan di chat, dan tanpa iklan.

BACA JUGA: Aplikasi Deteksi Gempa Bumi

3. MyShake

Aplikasi MyShake

Aplikasi MyShake sebenarnya hampir mirip-mirip dengan aplikasi deteksi gempa bumi lainnya. Namun perbedaan pada aplikasi ini adalah kalian dapat berkontribusi ke komunitas dengan melaporkan gempa yang terjadi. Selain itu kalian juga bisa liat laporan dari orang lain tentang intensitas guncangan di berbagai struktur.

Tak kalah penting juga MyShake menyediakan survei kepada para penggunanya dan mendapatkan input mengenai pengalaman yang dirasakan saat terjadi gempa bumi. Survei ini bisa membantu orang lain dan juga peneliti dalam meningkatkan studi mereka.

MyShake juga dilengkapi fitur yang bisa atur filter di peta, seperti magnitudonya, rentang waktu, atau lokasi tertentu. Aplikasi ini juga punya fitur sensor yang bisa mendeteksi gempa dan memberikan laporan berdasarkan data sensor.

Ada juga fitur notifikasi yang bisa diaktifkan sesuai kebutuhan dan ubah satuan jarak, dan aplikasi ini juga punya mode hemat baterai yang mencegah penggunaan daya terlalu banyak.

4. Pelacak Gempa

Aplikasi Pelacak Gempa

Aplikasi Pelacak Gempa memiliki tampilan antarmuka yang sederhana dibandingkan aplikasi yang sudah dibahas diatas. Kalian bisa liat detail dari setiap gempa dengan membuka kartu tersebut. Aplikasi Pelacak Gempa juga memungkinkan kalian mencari gempa tertentu berdasarkan magnitudonya, jarak, waktu, atau tanggal.

Di tampilan peta, kalian bisa melihat gempa terbaru di seluruh dunia. Seperti aplikasi lain yang ada di daftar ini, kalian juga bisa atur notifikasi untuk gempa bumi sesuai kebutuhanmu.

BACA JUGA: Ini 5 Tips Menyelamatkan Diri Saat Gempa Ketika Berada di Gedung Tinggi

5. Earthquakes Tracker

Aplikasi Earthquakes Tracker

Aplikasi Earthquakes Tracker memiliki fitur notifikasi real-time berdasarkan aktivitas seismik terdekat. Earthquakes Tracker juga menampilkan frekuensi, energi, dan indeks penting lainnya. Kalian bisa filter daftar gempa berdasarkan waktu, magnitudo, kedalaman, atau jarak dan melihat kejadian yang terlihat secara visual dan dilaporkan. Selain itu, aplikasi ini memiliki pusat informasi tsunami yang memberikan berita terbaru tentang kemungkinan tsunami.

Jika kalian memiliki pengetahuan tentang detail teknis gempa bumi, aplikasi ini bisa banget untuk menyesuaikan kebutuhan kalian. Kalian bisa menyesuaikan notifikasi dan peringatan, seperti suara peringatan dan magnitudo atau kedalaman minimum. Aplikasi ini juga memiliki fitur pengumuman suara untuk beberapa kejadian. Tentu fitur ini sangat membantu saat aplikasi berjalan di latar belakang dan hanya mengumumkan suatu kejadian melalui speaker.

6. Info Gempa Indonesia

Aplikasi Info Gempa Indonesia

Aplikasi untuk deteksi gempa bumi berikutnya adalah Info Gempa Indonesia. Di aplikasi ini kalian dapat memantau aktifitas gempa bumi yang terjadi khusus di Indonesia. Data-data yang didapatkan oleh aplikasi ini merupakan sumber data BMKG indonesia. Sehingga keakuratannya sudah tidak perlu kalian ragukan lagi.

7. Info Gempa Bumi Terkini

Aplikasi Info Gempa Bumi Terkini

Sesuai dengan namanya aplikasi Info Gempa Bumi Terkini akan memberikan informasi seputar situasi gempa bumi terupdate di Indonesia.

Aplikasi ini juga dapat mengetahui jarak lokasi gempa dan mengukurnya dengan lokasi dimana kita berada, untuk memberikan peringatan awal bila gempa akan menjangkau wilayah yang kita diami.

Seluruh data dan informasi yang ada di aplikasi Info Gempa Bumi Terkini diambil dari BMKG, sehingga keakuratan datanya terjamin.

8. Meter Getaran

Aplikasi Meter Getaran

Aplikasi yang terakhir pada ulasan kali ini adalah Meter Getaran. Cara kerja aplikasi ini cukup unik. Cara kerjanya adalah dengan menggunakan sensor yang terdapat pada smartphone Android yang akan mengukur getaran gempa.

Aplikasi ini akan memperingatkan berapa besar getaran atau gempa yang terjadi lengkap dengan dampak apa yang mungkin ditimbulkan oleh gempa tersebut. Vibration Meter juga sudah dibekali dengan alarm yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Kesimpulan

Kesimpulannya, ada beberapa aplikasi gempa bumi yang tersedia di pasar yang dapat membantu kita dalam mempersiapkan diri, memantau dan mendapatkan peringatan dini tentang gempa bumi di sekitar kita.

Beberapa fitur umum yang ada di aplikasi-aplikasi ini termasuk notifikasi real-time, peta interaktif, filter untuk mengatur notifikasi, dan kemampuan untuk melaporkan gempa bumi. Beberapa aplikasi juga memiliki fitur tambahan, seperti pusat informasi tsunami dan fitur suara untuk memberi peringatan suara saat ada gempa bumi.

Meskipun aplikasi ini dapat membantu untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan kita terhadap gempa bumi, namun tidak boleh menjadi satu-satunya sumber informasi. Kita harus tetap waspada dan memperhatikan tanda-tanda alam sekitar serta mengikuti petunjuk evakuasi jika terjadi gempa bumi.

BACA JUGA: Ternyata Ini Penyebab Gempa dan Tsunami Aceh 2004 yang Sebenarnya

Latest article