Don't be Captious

Mengapa Kita Tiba-Tiba Menangis di Pesawat?

Ardy Messi
Ardy Messihttp://killingcr.co.cc
Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Sobat JBers, sebagian dari kamu mungkin pernah mengalaminya saat tiba-tiba menangis di pesawat. Hal ini rupanya juga dialami oleh banyak orang yang sering bepergian menggunakan transportasi udara.

Saat kamu duduk dan mulai menikmati perjalanan kamu tiba-tiba menangis. Hal ini juga terjadi kepada penumpang yang susah untuk mengeluarkan air mata sekalipun. Jadi menurut artikel yang terbitkan oleh rd.com baru-baru ini, ada banyak teori namun seorang pakar Samantha Brown baru-baru ini berbicara kepada CNN tentang hal ini.

Mengapa kita menangis di pesawat?

Dalam videonya, Brown menjelaskan satu teori populer mengapa kita menangis di pesawat. Dia mengklaim bahwa “mata kita mencoba membuat kelembapan alami” hal ini untuk melawan udara kering di pesawat. Dia melanjutkan, “Satu-satunya cara mata kamu menciptakan kelembapan adalah dengan menangis. Jadi, ini menjadi respons fisik yang otak kirimkan untuk mengeluarkan air mata.”

BACA JUGA: Awas, Jangan Tidur Saat Pesawat Take-off dan Landing, Ini Alasannya

Selain penjelasan dari Brown, jadiberita.com juga mendapatkan sejumlah penyebab yang mungkin saja membuat kamu tiba-tiba menangis di pesawat.

  1. Selama penerbangan, tekanan di kabin pesawat berubah. Perubahan ini dapat mempengaruhi telinga dan sinus kamu, yang pada akhornya dapat memicu perasaan tidak nyaman dan emosi yang kuat.
  2. Bepergian dengan pesawat sering kali melibatkan perjalanan jarak jauh, perbedaan waktu, dan kelelahan fisik. Kondisi ini dapat meningkatkan tingkat stres dan membuat seseorang lebih rentan terhadap reaksi emosional.
  3. Bagi sebagian orang, terbang dapat menjadi pengalaman yang membuat mereka merasa tidak memiliki kendali atas situasi. Hal ini dapat memicu kecemasan dan emosi yang meningkat.
  4. Terbang juga bisa membangkitkan kenangan masa lalu atau menimbulkan perasaan nostalgia. Pemandangan dari jendela pesawat, musik di dalam kabin, atau aroma makanan pesawat dapat memicu respons emosional yang kuat.
  5. Ruang yang terbatas di pesawat, postur duduk yang tidak alami, serta perasaan tidak nyaman akibat tekanan kabin dapat menyebabkan ketidaknyamanan fisik yang dapat berkontribusi pada reaksi emosional.

Mengapa kita menjadi emosional di pesawat?

Namun, ada catatan menarik dalam teori ini. Brown menjelaskan, “kamu harus emosional untuk menangis, tubuh kamu beradaptasi dengan kekeringan dan menciptakan air mata, tetapi harus menciptakan emosi terlebih dahulu untuk mengeluarkan air mata.” Dengan kata lain, otak kamu mungkin menciptakan respons emosional yang tidak lazim terhadap sesuatu yang sebaliknya tidak akan membuat kamu merasa sedih.

Bagi Brown, adegan yang membuatnya teringat adalah adegan kilas balik dari seekor anjing herder Jerman dalam film Beverly Hills Chihuahua. Meskipun film dapat membantu otak Anda merasakan suasana menangis, beberapa penumpang pesawat juga mengalami tangisan ini saat membaca, menulis, merenung, atau hanya menatap keluar jendela.

Bagaimana cara menghindari menangis di pesawat?

Kamu tidak perlu merasa malu saat tiba-tiba menangis di pesawat. Fenomena tersebut adalah respons alami tubuh kamu. Tetapi jika kamu ingin mencari solusi agar tidak menangis di pesawat, Brown mengatakan sambil bercanda, “Saya akan merekomendasikan untuk menonton semua film Taken dengan Liam Neeson.” Dia mengatakan bahwa dia memilih untuk menghindari film yang mengundang emosional.

Selain memilih hiburan di pesawat yang sesuai, hindari emosi dengan mengurangi stres perjalanan kamu. Jika kamu cemas saat terbang, mulailah dengan perasaan santai dan usahakan duduk di kursi pesawat yang menjadi favorit kamu untuk lebih menenangkan pikiran.

Terakhir, tidak peduli seberapa sering kamu naik pesawat, pastikan juga kamu menghormati penumpang lain yang mungkin saja mengalami fenomena ini. Pengetahuan ini akan mempersiapkan kamu untuk berinteraksi dengan penumpang lain dan pramugari dengan menyenangkan.

BACA JUGA: Ingin Liburan Lancar? Hindari Pesawat Delay dengan Trik Cerdas Ini

Latest article