spot_img
spot_img
BerandaTravel9 Rekomendasi Tempat Wisata di Trenggalek

9 Rekomendasi Tempat Wisata di Trenggalek

From Author

Ardy Messi
Ardy Messihttp://killingcr.co.cc
Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Berbicara mengenai wisata di Jawa Timur, memang tidak akan pernah ada habisnya. Mulai dari wisata alam berupa pantai, air terjun, dan gunung, hingga wisata budaya dan bersejarah. Salah satunya yaitu tempat wisata di Trenggalek yang menawarkan pesona luar biasa menakjubkan.

Trenggalek merupakan salah satu daerah yang mempunyai tempat wisata indah dan wajib untuk dikunjungi. Daerah ini terkenal dengan kuliner khasnya, yakni Alen-Alen dan Rujak Uyup yang wajib dicoba ketika berkunjung ke sini. Tidak hanya kulinernya, namun juga tempat wisata di Trenggalek mampu memanjakan mata para wisatawan, baik dari dalam maupun luar daerah.

Biar tidak semakin penasaran, mari kita bahas satu per satu tempat wisata yang wajib kamu kunjungi saat libur tiba di Trenggalek. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata di Trenggalek!

1. Hutan Mangrove Pancer Cengkrong

Hutan Mangrove Pancer Cengkrong (Foto: venturoustrenggalek)

Pertama, ada tempat wisata berupa Hutan Mangrove Pancer Cengkrong yang langsung dikelola oleh Kelompok Masyarakat Pengawas. Di tempat ini, Anda bisa melihat hutan bakau yang merupakan habitat burung serta berbagai jenis ikan. Anda bisa bersua foto di atas jembatan yang kanan kirinya terdapat tumbuhan mangrove.

Pesonanya tidak perlu diragukan lagi, karena sangat menakjubkan bagi wisatawan yang datang ke sini. Apalagi, Hutan Mangrove ini langsung bermuara ke pantai yang tentu wisatawan bisa mendapatkan dua spot wisata sekaligus. Terlebih lagi, jika Anda berkunjung ke sini saat sore hari menjelang sunset, dijamin viewnya sangat luar biasa. Tempat wisata ini tidak jauh dari Pantai Cengkrong, yang menjadi muara dari lokasi mangrove. 

  • Alamat : Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo, Trenggalek
  • Harga tiket : Rp 5.000 / orang
  • Jam buka : 08.00 – 21.00 WIB

2. Goa Ngerit Senden Kampak

Goa Ngerit Senden Kampak (Foto: veranutripreneur.id)

Nama tempat wisata ini memang cukup unik, namun pesonanya menarik perhatian banyak orang. Dengan keindahan alam yang masih asri dan alami, membuat Anda wajib berkunjung ke sini.

Terdapat tebing-tebing raksasa yang menyerupai rumah batu, menjadi salah satu daya tarik tempat wisata ini. Ada pula goa-goa kecil yang tersebar di antara tebing raksasa tersebut dengan kedalaman yang berbeda masing-masing goa.

Selain itu, daya tarik tempat wisata di Trenggalek berupa Goa Ngerit ini adalah terdapat air terjun dan juga jembatan putri. Bagaimana tidak, air terjun ini terletak di antara tebing raksasa sekitar goa yang menjadi tempat favorit untuk berswafoto bersama keluarga. Sementara untuk jembatan putri dibangun di atas air terjun dengan tujuan sebagai penghubung antara goa yang satu dengan lainnya.

  • Alamat : Desa Senden, Kecamatan Kampak, Trenggalek
  • Harga tiket : Rp 10.000 / orang
  • Jam buka : 08.00 – 16.00 WIB

3. Pantai Karanggongso

Pantai Karanggongso (Foto: abet_yurigen)

Trenggalek juga mempunyai tempat wisata pantai yang sangat menarik dan wajib untuk dikunjungi. Salah satunya yaitu Pantai Karanggongso yang menawarkan pemandangan alam sangat indah.

Pantai ini memiliki daya tarik tersendiri karena terdapat hamparan pasir putih yang sangat bersih dan lembut. Saking bersihnya, pantai ini mempunyai sebutan dengan nama Pantai Pasir Putih. Terlebih lagi, warna lautnya yang berwarna biru menjadikan tempat ini banyak sekali dikunjungi para wisatawan.

Selain itu, Pantai Karanggongso menyediakan berbagai fasilitas yang bisa digunakan oleh wisatawan. Mulai dari sewa pelampung, tempat snorkeling, hingga warung di sekitar lokasi. Bahkan, pantai ini juga mempunyai pesona berupa rumah apung di tengah lautan yang wajib untuk Anda kunjungi.

  • Alamat : Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Trenggalek
  • Harga tiket : Rp 10.000 / orang
  • Jam buka : 06.00 – 18.00 WIB

4. Bukit Banyon

Bukit Banyon (Foto: dikysaputra_108)

Trenggalek juga mempunyai tempat wisata alam yang memanjakan mata dengan keasriannya. Salah satunya yaitu Bukit Banyon yang bisa untuk menikmati keindahan alam dari atas ketinggian kurang lebih 1.175 mdpl. Dari atas bukit ini, Anda bisa menyaksikan indahnya ciptaan Tuhan YME yang patut disyukuri.

Menariknya, di tempat ini juga bisa melihat awan yang menyelimuti bukit dan bisa dijadikan spot foto menarik dengan background awan. Kondisi ini membuat wisatawan bisa menikmati sensasi seperti sedang berada di atas awan. Dengan begitu, Bukit Banyon sangat cocok sekali dijadikan tujuan liburan selanjutnya karena mempunyai beberapa spot foto yang sangat menarik dari ketinggian.

  • Alamat : Desa Widoro, Kecamatan Gandusari, Trenggalek
  • Harga tiket : Rp 5.000 / orang
  • Jam buka : 24 jam

5. Goa Lowo

Goa Lowo (Foto: ben.bensky)

Tahukah Anda, jika salah satu goa terpanjang di Asia Tenggara ini berada di Indonesia. Tepatnya terletak di Goa Lowo yang memiliki panjang sekitar 2 km dengan lebar ruangan mencapai 50 meter. Meski begitu, tempat ini hanya bisa dinikmati oleh wisatawan sekitar 850 meter saja.

Goa ini menjadi salah satu tempat wisata favorit dan andalan di Trenggalek. Daya tarik pada Goa Lowo ini adalah karena terdapat bebatuan yang terukir alami dari hasil partikel tetesan air. Terlebih lagi, semakin indah dan menakjubkan karena diselimuti oleh stalagtit dan stalagmit.

Selain itu, untuk memudahkan dalam menyusuri goa, tempat ini telah disediakan jembatan dengan panjang 859 meter. Anda bisa menyusuri goa melalui jembatan ini dari pintu masuk hingga ujung goa sebagai pintu keluar. Menariknya, di dalam Goa Lowo juga terdapat aneka lampu warna-warni di sela-sela bebatuan yang semakin menambah pesona indah luar biasa.

  • Alamat : Desa Watuagung, Kecamatan Watulimo, Trenggalek
  • Harga tiket : Rp 10.000 / orang
  • Jam buka : 08.00 -17.00 WIB

BACA JUGA: Berkunjung ke Tempat Wisata Sungai Maron Pacitan, Amazonnya Jawa Timur

6. Pantai Ngulungwetan

Pantai Ngulungwetan (Foto: dinosaurus.ijooo)

Tempat wisata di Trenggalek selanjutnya adalah Pantai Ngulungwetan yang menjadi salah satu tujuan berlibur masyarakat sekitar. Pantai ini hampir tidak pernah sepi dari wisatawan, baik weekdays maupun weekend.

Pantai ini terlihat sangat eksotis karena masih terjaga keasriannya, sehingga membuat nyaman wisatawan yang berkunjung. Terdapat beberapa pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang bibir pantai, semakin menambah suasana rindang dan sejuk ketika datang ke sini.

Daya tarik tempat wisata ini adalah karena ombak lautnya cenderung kecil dan tenang, sehingga cocok untuk bermain air di tepi pantai. Apalagi, pasir di sini juga berwarna putih dan sangat cantik. Jika Anda merupakan anak senja, Pantai Ngulungwetan sangat cocok untuk menikmati sunset bersama orang tersayang.

  • Alamat : Desa Ngulungwetan, Kecamatan Munjungan, Trenggalek
  • Harga tiket : Rp 10.000 / orang
  • Jam buka : 24 jam

7. Pantai Prigi

Pantai Prigi (Foto: tehnun)

Selanjutnya, ada Pantai Prigi yang wajib Anda kunjungi ketika berkunjung ke Trenggalek. Pantai ini menawarkan pesona alam yang memukau dan memanjakan mata para wisatawan. Di tempat ini, terdapat area pelabuhan kecil serta jembatan kayu yang menjorok ke arah laut. Jembatan ini menjadi salah satu daya tarik karena menawarkan sesuatu yang unik untuk berswafoto bagi wisatawan.

Menariknya, Pantai Prigi juga terkenal menjadi salah satu spot foto prewedding terbaik di Trenggalek. Panorama alam yang sangat bagus ini, menjadi salah satu alasan mengapa tempat ini sering dijadikan spot foto prewedding. Apalagi, dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan oleh pihak pengelola.

  • Alamat : Desa Tasikmatu, Kecamatan Watulimo, Trenggalek
  • Harga tiket : Rp 10.000 / orang
  • Jam buka : 24 jam

8. Rumah Apung

Rumah Apung (Foto: destinasitrenggalek)

Trenggalek mempunyai tempat wisata yang saat ini sangat populer dan menjadi favorit masyarakat. Yap, dia adalah wisata Rumah Apung yang merupakan destinasi baru di Trenggalek. Anda bisa merasakan sensasi menyelam bersama biota laut yang sangat cantik di tempat ini.

Pasalnya, Rumah Apung ini berada di tengah laut yang mengharuskan wisatawan untuk menempuh perjalanan laut kurang lebih 10 menit. Untuk sampai ke tempat ini, Anda bisa mulai menaiki perahu dari Pantai Pasir Putih maupun Pantai Simbaronce. Harga sewa perahunya juga cukup terjangkau, yakni Rp 10.000 saja sudah diantar sampai ke lokasi.

Rumah Apung ini merupakan rumah kayu berbentuk persegi dengan luas kurang lebih 20 meter. Di sini, Anda bisa menyaksikan aneka terumbu karang, habitat ikan kerapu hasil budidaya, serta menyelam ke bawah laut di temani biota laut super cantik.

  • Alamat : Sumbergedong, Kecamatan Trenggalek, Trenggalek
  • Harga tiket : Rp 10.000 / orang untuk 1 jam
  • Jam buka : 24 jam

9. Wisata Edukasi Rumah Coklat

Wisata Edukasi Rumah Coklat (Foto: dinaspertanianpangan.trenggalekkab.go.id)

Nah, bagi Anda yang ingin mengajak buah hati untuk bermain dan menikmati liburan di Trenggalek dan bingung mau kemana, Wisata Edukasi Rumah Coklat solusinya. Tempat ini tidak hanya untuk anak-anak saja, melainkan orang dewasa yang mau berkunjung atau sekedar menamani buah hati juga bisa datang ke sini.

Di tempat ini, Anda akan menemukan berbagai jenis coklat dan bisa juga untuk dimakan. Wisata Edukasi Rumah Coklat mengusung konsep berupa rekreasi edukasi, di mana akan mengenalkan kepada anak-anak tentang jenis-jenis coklat dan cara menanamnya.

Menariknya, di sini ada cafe yang menyuguhkan berbagai menu aneka jenis coklat kepada wisatawan. Mulai dari bakmi coklat, pentol coklat, pizza coklat, hingga donat lumer coklat bisa ditemukan di tempat ini. Tentu, bagi Anda yang suka dengan coklat akan dimanjakan ketika berkunjung ke tempat wisata in.

  • Alamat : Pinggirsari, Karangan, Trenggalek
  • Harga tiket : Gratis
  • Jam buka : 09.00 – 22. 00 WIB

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai rekomendasi tempat wisata di Trenggalek yang paling populer dan wajib dikunjungi. Terkenal dengan keindahan alam yang menawan, membuat Trenggalek memiliki berbagai macam tempat wisata yang wajib Anda kunjungi. Maka dari itu, segera agendakan untuk mengunjungi salah satu tempat wisata populer di Trenggalek sesuai referensi di atas. Semoga bermanfaat dan tidak membuat Anda semakin penasaran, ya!

BACA JUGA: Pesona 5 Negeri di Atas Awan di Bumi Indonesia

Latest Article

Intel memperkenalkan prosesor tanpa E-core

Baru-baru ini Intel ngeluarin chip baru berbasis arsitektur Raptor Lake, tapi sayangnya tanpa pengumuman besar-besaran. Untuk saat ini, chip...

More Articles Like This