Don't be Captious

spot_img

Cara mengatasi Instagram keluar sendiri di Android

Tantri Widya
Tantri Widya
Suka hal-hal yang berhubungan dengan teknologi dan media sosial. Mahasiswa yang sedang berjuang menggapai cita-cita.

Sobat JBers, jutaan orang di seluruh dunia menggunakan Instagram setiap harinya. Banyak orang yang sangat bergantung pada aplikasi ini. Namun, saat ini ada masalah umum yang sedang banyak orang alami mungkin termasuk kamu juga, yaitu aplikasi Instagram sering mengalami crash di perangkat Android.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, aku akan bagikan solusinya di artikel ini dan memberikan panduan mudah untuk kamu mengatasi Instagram keluar sendiri di Android.

Setelah aku riset permasalahan ini, rupanya banyak pengguna yang mengeluhkan bahwa aplikasi Instagram crash saat mereka membukanya. Namun, sebagian dari kamu mungkin menghadapi masalah yang berbeda. Misalnya, jika aplikasi Instagram mengalami crash saat kamu sedang memposting foto atau video, dan sebagainya.

Penyebab Instagram keluar sendiri di Android

Tidak ada satu alasan yang pasti mengapa hal ini terjadi. Beberapa faktor yang mungkin menyebabkan masalah ini antara lain update aplikasi yang bermasalah, pengaturan yang tidak biasa, overclocking pada ponsel, kesalahan server, atau pengaturan ponsel pengguna. Setiap pengguna mungkin memiliki alasan yang berbeda ketika aplikasi Instagram keluar sendiri saat membuka pesan atau saat melakukan tindakan tertentu.

Namun, kamu dapat mencoba tips pemecahan masalah di atas untuk memperbaikinya. Aku sejujurnya tidak yakin metode mana yang akan berhasil untuk kamu, mungkin solusi pertama atau mungkin solusi terakhir. Tetapi kamu harus mencoba langkah-langkah ini satu per satu.

Cara mengatasi Instagram keluar sendiri di Android

1. Restart ponsel Android

Ponsel kamu adalah bagian teknologi dan bukan sesuatu yang sempurna. Aku paham jika cara ini mungkin saja sering kamu dengar. Namun masalah serupa seperti konflik aplikasi latar belakang dapat diperbaiki hanya dengan merestart ponsel saja.

Kamu mungkin berpikir bahwa masalah ini adalah masalah aplikasi Instagram. Namun, sebenarnya, masalah tersebut bisa jadi ada pada perangkat Android kamu.

  • Tekan dan tahan tombol daya (biasanya di sisi perangkat) hingga muncul opsi power menu.
  • Pilih opsi Restart atau Restart Ulang untuk memulai kembali perangkat.
  • Setelah perangkat selesai merestart, coba buka aplikasi Instagram untuk melihat apakah masalahnya telah teratasi.

Dengan merestart perangkat, kamu memberikan kesempatan bagi sistem operasi dan aplikasi untuk memulai ulang dengan bersih. Ini dapat membantu mengatasi konflik dan masalah yang mungkin terjadi di latar belakang.

2. Uninstall dan Pasang Ulang Aplikasi

Banyak orang telah berhasil memperbaiki masalah ini dengan hanya menghapus dan menginstal ulang aplikasi. Yang perlu kamu lakukan adalah masuk ke toko aplikasi Google Play Store dan uninstall aplikasi Instagram. Setelah itu, restart perangkat dan kemudian pasang kembali aplikasi tersebut.

Jika kamu masih mengalami masalah yang sama, cobalah mencari versi lama terakhir yang menurut kamu berfungsi dengan baik. Namun, jika ada pembaruan berikutnya yang tersedia, jangan lupa untuk mengunduhnya.

3. Tutup aplikasi yang berjalan di latar belakang

Kamu mungkin tidak melihatnya, tetapi ada cara yang mudah untuk melakukannya. Periksa apakah ada beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang, kemudian tutup semuanya. Mengapa demikian? Karena aplikasi-aplikasi ini menggunakan lebih banyak memori dan hal-hal terkait perangkat keras. Oleh karena itu, aplikasi-aplikasi ini mungkin mengganggu kinerja aplikasi Instagram dan menyebabkannya sering keluar sendiri.

Sebelum melakukannya, tutup aplikasi multitasking. Sekarang, pergi ke Pengaturan di perangkat, lalu pilih Aplikasi dan masuk ke bagian Penggunaan Aplikasi.

Di sana, kamu akan menemukan aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang. Aku juga sarankan kamu memeriksa aplikasi-aplikasi ini satu per satu dan mencari tahu aplikasi mana yang menyebabkan konflik dengan aplikasi Instagram.

BACA JUGA: Cara Melihat Instagram Story Orang Lain Tanpa Ketahuan

4. Periksa Pembaruan Aplikasi Instagram

Sekarang, ada dua hal yang akan aku jelaskan terkait dengan pembaruan aplikasi. Jika kamu mengira sudah memiliki versi terbaru yang terinstal di perangkat, tetapi aplikasi tetap keluar sendiri atau sejenisnya, maka kamu perlu mendapatkan pembaruan versi lama.

Mengapa demikian? Karena versi yang saat ini terinstal penuh dengan bug. Aplikasi mungkin tidak sepenuhnya kompatibel dengan beberapa aplikasi atau versi Android perangkat kamu. Dalam situasi seperti itu, unduh versi lama, tetapi jangan lupa memperbarui aplikasinya saat pembaruan berikutnya tersedia.

Setelah itu, jangan lupa untuk merestart perangkat sebelum mulai menggunakan aplikasi.

5. Periksa Memori dan Penyimpanan Ponsel

Buka pengelola file dan periksa apakah kamu memiliki cukup penyimpanan. Bersihkan beberapa file cache menggunakan aplikasi pembersih.

Jika ada cukup penyimpanan, maka masalahnya mungkin terkait penggunaan memori (RAM). Periksa apakah perangkat kamu memiliki cukup RAM untuk menangani proses yang sedang berjalan dan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

6. Hapus Data Cache

Mungkin kamu telah memperbarui aplikasi ke versi terbaru, tetapi masih mengalami masalah keluar sendiri pada Instagram. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa aplikasi masih menggunakan cookie dan data cache dari versi terinstal sebelumnya. Sekarang yang perlu kamu lakukan adalah menghapus data cache dan cookie aplikasi tersebut. Kamu perlu pergi ke pengaturan aplikasi di perangkat. Temukan Instagram dan ketuk aplikasinya. Setelah itu, ketuk tombol Hapus Data. Dan sudah selesai.

7. Coba Perbarui Semua Aplikasi

Aku mengerti mungkin terdengar aneh bagi kamu. Namun, baik kamu dan aku tidak tahu aplikasi mana (proses latar belakang) atau bug di aplikasi yang menyebabkan masalah ini. Kamu bisa menyebutnya konflik aplikasi. Aku yakin setelah kamu memperbarui semua aplikasi yang terinstal dan merestart perangkat kamu, masalah ini akan teratasi.

8. Kembalikan Ponsel ke Pengaturan Pabrik

Ini adalah langkah terakhir yang dapat kamu coba ketika tidak ada solusi di atas yang berhasil. Kamu dapat mencoba mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik.

Namun, perlu diingat bahwa mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik akan menghapus semua data pribadi kamu, termasuk aplikasi, foto, video, dan pengaturan yang ada. Pastikan kamu telah mencadangkan semua data penting sebelum melanjutkan.

Untuk mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik di perangkat Android, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan pada perangkat.
  2. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Sistem” atau “Pengaturan Tambahan”.
  3. Pilih opsi “Pengaturan Pabrik” atau “Pengaturan Ulang”.
  4. Di sini, Kamu mungkin perlu memasukkan kata sandi atau PIN perangkat untuk melanjutkan.
  5. Setelah itu, pilih opsi “Reset Pabrik” atau “Reset Data Pabrik”.
  6. Konfirmasikan tindakan kamu dan tunggu perangkat kamu menghapus data dan mengembalikan pengaturan ke pengaturan pabrik awal.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Pesan DM Instagram Tertutup Warna Hitam

Latest article