Rekomendasi 10 Aplikasi Edit Video Terbaik di HP Android Terbaru 2024

Saat ini, kebutuhan manusia terus berkembang berkat hadirnya teknologi. Teknologi pun memberikan dampak cukup signifikan bagi manusia. Salah satunya adalah kebutuhan publish media sosial seperti di Instagram dan TikTok, sehingga membutuhkan aplikasi edit video.

Kondisi tersebut dikarenakan semakin berkembangnya dunia maya yang menuntut pengguna perangkat elektronik untuk mengabadikan kegiatan sehari-harinya di media sosial.

Tak heran, jika sekarang ini banyak konten video di media sosial. Bahkan, konten-konten tersebut bisa menghasilkan uang bagi pemiliknya.

Itulah kenapa dibutuhkan aplikasi edit video untuk membuat video profesional yang bisa mendatangkan penghasilan. Biasanya, mereka disebut sebagai content creator.

Namun, kebutuhan edit video tidak hanya bagi content creator saja. Melainkan semua pengguna smartphone pun membutuhkan aplikasi untuk edit video.

Lantas, apa sebenarnya aplikasi edit video tersebut? Apakah bisa digunakan di smartphone saja? Berikut jawabannya untuk Anda!

Apa Itu Aplikasi Edit Video?

Aplikasi edit video adalah software atau perangkat lunak yang memang dirancang khusus untuk mengedit file berupa video. Tujuan dari adanya aplikasi ini adalah memberikan pengguna alat yang diperlukan untuk mengolah dan menghasilkan video sesuai kebutuhan.

Secara umum, aplikasi untuk mengedit video sudah dilengkapi beberapa fitur yang menunjang pengguna. Mulai dari pemotongan dan penggabungan, efek visual, pengeditan audio, timeline, export dan berbagi, dan lain sebagainya.

Semua fitur yang disediakan tersebut bertujuan untuk membantu pengguna dalam menghasilkan video lebih sempurna. 

Bahkan, ada pula beberapa aplikasi yang menyediakan tutorial edit video bagi pengguna, terutama yang masih pemula. Hal ini membantu pemula untuk menghasilkan video layaknya editor profesional.

Menariknya lagi, aplikasi juga menawarkan beberapa template gratis yang bisa digunakan. Tujuannya supaya pengguna tidak perlu mengedit video dari awal karena secara otomatis akan menyesuaikan template yang dipilih.

Mengedit video pun tidak hanya bisa dilakukan di laptop atau PC, melainkan di HP Android juga bisa. Tersedia beberapa aplikasi edit video terbaik yang bisa digunakan smartphone. Fungsi dan fiturnya pun sama jika menggunakan di laptop.

BACA JUGA: 5 Cara Download Video di YouTube Shorts Terbaru

Daftar Aplikasi Edit Video Terbaik di HP Android

1. CapCut

Pertama, ada CapCut yang termasuk ke dalam daftar rekomendasi aplikasi edit video terbaik di HP Android. Aplikasi ini pun sudah sangat populer di kalangan masyarakat, terutama generasi Z dan milenial.

Kehadiran aplikasi CapCut sangat membantu para content creator maupun pengguna smartphone untuk menghasilkan video yang kreatif dan inovatif.

Didesain dengan tampilan aplikasi yang user friendly, CapCut semakin memikat hati para pengguna. Apalagi, aplikasi ini bisa digunakan secara gratis untuk beberapa fitur yang telah disediakan.

CapCut sudah dilengkapi dengan berbagai filter yang sangat menarik. Tersedia pula beberapa template untuk membuat video secara otomatis. Bahkan, musik yang viral saat ini juga bisa digunakan secara gratis.

2. FilmoraGo

Selain CapCut, aplikasi yang bisa digunakan untuk edit video di Android adalah FilmoraGo. Aplikasi ini sangat menarik untuk digunakan karena tersedia berbagai fitur-fitur yang luar biasa untuk mendukung kreativitas pengguna.

Aplikasi ini pun menjadi salah satu pilihan editor untuk menghasilkan karya atau konten secara profesional. Apalagi, telah disediakan berbagai fitur gratis bagi semua pengguna. Bahkan, opsi edit video dan langsung di upload ke media sosial pun sudah tersedia.

Selain itu, FilmoraGo juga memberikan dukungan mode reverse play, duration, mute, rotate, duplicate, dan lain sebagainya. Kemudian, ada pula transisi seperti wipe, split, shutter, zoom out, dan dissolve pun sudah ada.

Selain gratis, pengguna juga bisa membeli fitur premium untuk dukungan edit video lebih banyak. Pasalnya, layanan premium akan menyediakan berbagai fitur, filter, template, dan lain sebagainya lebih banyak.

3. KineMaster

Bagi para editor video, tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi KineMaster. Aplikasi ini sempat viral beberapa tahun lalu karena menawarkan kemudahan untuk mengedit video dengan tampilan aplikasi yang sederhana.

Kini, aplikasi KineMaster tersedia versi gratis dan berbayar bagi pengguna. Untuk yang gratis, masih terdapat watermark di hasil videonya serta terdapat beberapa fitur yang masih terkunci dan tidak bisa digunakan.

Sementara itu, layanan premium memungkinkan pengguna menggunakan fitur lebih lengkap untuk menunjang kreativitas. Mulai dari multiple layer, special effect, tools editing lebih lengkap, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, hasil video di aplikasi KineMaster sudah mendukung beberapa format, yakni MP4, 3GP, dan MOV. Tentu, ini sangat spesial bagi para editor video profesional.

4. InShot

Selanjutnya, ada aplikasi yang sangat cocok dan ramah bagi pemula untuk edit video, yakni InShot. Aplikasi ini didesain sedemikian rupa untuk memudahkan editor pemula supaya bisa menghasilkan karya profesional.

Menghadirkan berbagai tools yang mudah digunakan serta tampilan yang user friendly, semakin memudahkan pengguna menggunakannya. Apalagi, aplikasi ini juga tersedia versi gratis dan berbayar.

InShot juga sudah dilengkapi dengan berbagai filter yang menarik dan lucu. Bahkan, tersedia pula emoji yang lucu untuk ditambahkan di dalam karya kamu, loh.

5. VivaVideo

Bagi para pengguna HP Android, maka wajib mencoba aplikasi VivaVideo untuk menghasilkan karya video yang luar biasa. Pasalnya, aplikasi ini menawarkan tools yang mudah dimengerti pengguna.

Apalagi, tampilannya pun cukup simpel dan tidak terlalu berat ketika digunakan. Layaknya aplikasi untuk edit video lainnya, aplikasi besutan QuVideo Inc ini sudah tersedia banyak fitur di dalamnya.

Kamu bisa menambahkan efek yang menarik dan sesuai dengan video, sehingga hasilnya lebih sempurna. Bahkan, kamu juga bisa untuk menambahkan teks, GIF, dan transisi untuk dubbing suara langsung, loh.

Hasil videonya pun bisa diekspor dengan kualitas 4K, sehingga sangat luar biasa.Hal inilah yang membuat aplikasi ini sudah di download lebih dari 100 juta pengguna di Play Store.

BACA JUGA: 10 Aplikasi Edit Video di HP Gratis 2023

6. PowerDirector

Daftar aplikasi edit video selanjutnya adalah PowerDirector yang wajib dicoba untuk menghasilkan karya lebih profesional. Aplikasi ini sudah menyediakan fitur super lengkap dan mudah digunakan.

Menariknya lagi, aplikasi ini sudah dilengkapi lebih dari 30 efek dan transisi yang berbeda. Banyaknya dukungan fitur ini memungkinkan kamu untuk eksplor karya video lebih kreatif dan inovatif.

Bahkan, kamu juga bisa dengan mudah untuk membuat video green screen. Terlebih lagi, PowerDirector juga sudah dilengkapi dengan video tutorial bagi pemula yang belum terbiasa menggunakannya. 

7. VideoShow

Aplikasi berikutnya yang sudah tidak perlu diragukan lagi adalah VideoShow. Pasalnya, VideoShow ini sudah mendapatkan banyak penghargaan sebagai salah satu aplikasi edit video terbaik untuk android.

Apalagi, sudah tersedia banyak filter untuk semakin mempercantik hasil video. Bahkan, VideoShow juga sudah dilengkapi dengan tema lebih dari 50 jenis. Tentu, hasilnya pun semakin berkualitas karena bisa diekspor ke dalam kualita 4K.

Kamu juga bisa menambahkan efek, GIF, teks, dan transisi saat proses editing. Sangat menarik dicoba, bukan? Kamu bisa langsung download di Play Store, loh.

8. Quik Video Editor

Apakah kamu ingin mencoba mengedit video dengan aplikasi yang mempunyai kemampuan pembuatan video secara otomatis? Jika iya, maka Quik Video Editor bisa menjadi pilihan dan alternatif terbaiknya.

Pasalnya, Quik Video Editor menawarkan konsep edit video dengan sangat mudah karena cukup tap – tap saja. Dengan memilih video dari galeri atau media sosial, hasil karyanya pun akan menakjubkan.

Menariknya, aplikasi ini juga menambahkan 75 foto ke dalam karya video. Bahkan, Quik juga menawarkan 25 tema lebih untuk menghasilkan konten yang seru dan menyenangkan.

9. Magisto

Selain aplikasi di atas, ada Magisto yang termasuk ke dalam aplikasi edit video terbaik di android. Melalui aplikasi ini, kamu bisa dengan mudah untuk mengedit video secara otomatis lewat ponsel.

Bahkan, bagi editor pemula pun juga disarankan menggunakan aplikasi ini karena kemudahan yang ditawarkan. Tampilan aplikasi yang user friendly semakin membuat pengguna nyaman menggunakan.

Setelah hasil karya selesai, kamu juga bisa langsung untuk membagikan ke media sosial, seperti TikTok dan Instagram. Sangat menarik, bukan?

10. Adobe Premiere Rush

Terakhir, aplikasi besutan dari Adobe juga patut untuk dicoba demi menghasilkan karya video profesional. Adobe Premiere Rush menjadi salah satu aplikasi edit video gratis di HP android.

Aplikasi ini sudah dibekali dengan fitur drag dan drop yang semakin memudahkan pengguna untuk mengedit video. Apalagi, sudah terdapat pilihan soundtrack, efek audio, dan loop yang bisa kamu gunakan dengan bebas.

Terlebih lagi, kamu juga bisa langsung untuk membagikan video secara otomatis ke beberapa platform media sosial, seperti Instagram dan TikTok.

Nah, itulah beberapa rekomendasi aplikasi edit video di HP android yang bisa digunakan. Apalagi, terdapat layanan gratis yang bisa digunakan untuk menghasilkan karya yang profesional. Kamu tidak perlu membayar untuk menghasilkan keperluan konten di media sosial.

Bagaimana? Semakin tertarik untuk menggunakan, bukan? Yuk, segera pilih aplikasinya dan coba berbagai fitur yang ada untuk proses editing video kamu!

BACA JUGA: 10 Aplikasi Edit Video di PC 2023

Written by Atsna Himmatul Aliyah

I have an interest in the SEO, Content Writer, and Copy Writer