8 Aplikasi Video Time Lapse Terbaik untuk Android

Apakah kamu termasuk seseorang yang senang bereksperimen dalam dunia audio visual? Jika iya, maka kurang afdol rasanya jika tidak mencoba aplikasi video time lapse. Sebab, dapat membantu menghasilkan konten lebih menarik dan keren.

Apalagi, bagi kamu yang gemar fotografi dan videografi, pasti sudah tidak asing dengan istilah time lapse. Namun, bagi orang yang awam, tentu kurang paham apa sebenarnya time lapse.

Time lapse adalah salah satu teknik fotografi yang bertujuan untuk menghasilkan video klip pendek dari sekumpulan foto pada satu objek yang sama serta dalam interval waktu yang sama.

Sekarang ini, sudah banyak aplikasi yang mendukung video time lapse di HP Android. Tentu, sangat memudahkan bagi para fotografer untuk menghasilkan konten yang keren.

Sayangnya, tidak semua orang paham tentang aplikasi video time lapse ini. Kendati demikian, kamu sudah tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan informasi lengkapnya pada pembahasan artikel ini.

Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

Apa itu Aplikasi Video Time Lapse?

Video time lapse adalah jenis video yang dibuat dengan menggabungkan serangkaian foto atau klip video yang diambil dalam rentang waktu tertentu. Setelah itu, diputar dengan kecepatan lebih cepat dari waktu sebenarnya.

Secara sederhana, time lapse atau selang waktu adalah video yang dihasilkan melalui gabungan beberapa foto yang diambil dari sudut yang sama secara berurutan dan dalam waktu tertentu.

Video ini bisa memberikan efek bergerak di satu posisi dan menggeser atau memiringkannya. Di mana, semua gerakan yang ada di dalam video bisa dibuat dengan efek yang sangat menarik.

Tujuan pembuatan video time lapse adalah untuk merekam pergerakan atau perubahan objek yang dipotret secara lambat, tapi bisa dilihat dalam waktu yang singkat.

Untuk menghasilkan konten video semacam ini, kamu hanya perlu menggunakan smartphone dan bantuan dari aplikasi. 

Dengan bantuan aplikasi video time lapse, dijamin kamu bisa mengabadikan momen yang sangat menarik untuk ditonton. Mulai dari pemandangan matahari terbit, suasana kota, pergerakan awan di langit, dan sebagainya.

BACA JUGA: 6 Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Snack Video

Rekomendasi Aplikasi Video Time Lapse di Android

Banyak yang berpikir, jika membuat video time lapse harus menggunakan kamera canggih dengan spesifikasi mumpuni. Namun, jangan salah, karena kamu bisa membuatnya lewat HP Android, loh.

Berikut ini beberapa aplikasi video time lapse yang bisa kamu pilih:

1. Microsoft Hyperlapse Mobile

Pertama, ada aplikasi besutan Microsoft Corporation yang bisa kamu gunakan untuk menghasilkan video time lapse yang luar biasa.

Aplikasi Microsoft Hyperlapse Mobile, memungkinkan pengguna untuk meningkatkan kecepatan video. Aplikasi ini juga sudah dilengkapi fitur untuk menghaluskan gerakan dalam video time lapse, sehingga tampak lebih stabil. 

Dengan begitu, dijamin gerakan di dalam video tidak akan terlihat aneh atau kaku. Ada pula beberapa fitur yang memudahkan proses editing pengguna.

Microsoft Hyperlapse Mobile juga dibekali dengan beberapa pilihan resolusi untuk merekam video. Hal ini pengguna bisa memilih resolusi video, mulai dari standar hingga tinggi dan disesuaikan dengan kebutuhan.

2. Lapse It

Aplikasi video time lapse yang bisa menghasilkan konten berkualitas tinggi adalah Lapse It. Sebab, kamu bisa melakukan proses editing sesuai keinginan dengan mudah melalui beberapa fiturnya.

Kamu bisa menambahkan efek atau filter, meningkatkan atau mengurangi kecepatan, menambahkan background musik, dan lain sebagainya.

Lapse It juga memungkinkan pengguna untuk mengatur kamera, seperti kecerahan, fokus, dan white balance untuk menghasilkan kualitas yang lebih optimal.

Bahkan, aplikasi ini selain digunakan untuk membuat video time lapse, juga bisa membuat stop motion, loh. Menarik, bukan?

3. Framelapse

Selanjutnya, ada Framelapse yang bisa kamu pilih untuk menghasilkan video time lapse. Dibekali berbagai fitur yang lengkap, memungkinkan pengguna untuk menggunakannya lebih mudah.

Aplikasi ini juga sudah dibekali dengan fitur pengaturan interval waktu yang digunakan untuk merekam perubahan peristiwa dalam waktu tertentu.

Terdapat pula kontrol kecepatan video, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Tentu, karya yang dihasilkan menjadi lebih menarik.

Selain itu, Framelapse juga menyediakan fitur ekspor video dengan beberapa pilihan resolusi dan format. Hal ini memungkinkan kualitas video yang dihasilkan semakin baik.

4. Time Lapse Camera

Beberapa aplikasi video selang waktu menawarkan layanan gratis kepada pengguna. Namun, seringkali iklan muncul ketika proses editing video, tentu ini sangat mengganggu.

Kendati demikian, kamu tidak perlu khawatir lagi karena bisa menggunakan aplikasi Time Lapse Camera untuk menghasilkan video selang waktu yang berkualitas.

Terlebih lagi, aplikasi ini sudah tidak ada watermark pada video yang telah dibuat. Tentu, ini menjadi keuntungan tersendiri bagi pengguna.

Fitur yang disediakan pun sudah sangat lengkap layaknya aplikasi video selang waktu lainnya. Hal inilah yang membuat Time Lapse Camera telah digunakan lebih dari 1 juta pengguna.

5. Timelapse Easy Camera

Aplikasi video selang waktu selanjutnya adalah Timelapse Easy Camera. Sebab, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menghasilkan video time lapse yang keren hanya melalui perangkat Android saja.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Tentu, sangat cocok bagi kamu yang ruang penyimpanan ponselnya tinggal sedikit.

Beberapa fitur juga sudah disediakan di dalam aplikasi untuk menghasilkan video selang waktu sesuai keinginan pengguna.

6. Time Lapse Video Recorder

Salah satu aplikasi selang waktu yang mempunyai tampilan sederhana adalah Time Lapse Video Recorder. Namun, aplikasi ini sudah dibekali dengan fitur yang sangat lengkap bagi pengguna.

Pengguna bisa mengatur video sesuai keinginan, mulai dari resolusinya, durasi, interval, frame, rate, dan lain sebagainya. 

Tentu, aplikasi ini sangat cocok bagi kamu yang sudah mulai expert dalam membuat video selang waktu. Kamu bisa mengabadikan momen-momen terbaik dalam kehidupan sehari-hari dan upload hasilnya di media sosial.

7. Time Lapse Camera & Video

Rekomendasi aplikasi video time lapse selanjutnya adalah Time Lapse Camera & Video. Aplikasi ini dirancang dengan dilengkapi semua alat profesional yang dibutuhkan dalam teknik fotografi selang waktu.

Kamu juga bisa langsung menambahkan musik melalui aplikasi ini. Tentu, musik yang kamu tambahkan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Menariknya, Time Lapse Camera & Video bisa menangkap bingkai di resolusi apa pun. Bahkan, aplikasi ini juga bisa menyesuaikan tingkat frekuensi pada gambar serta tangkapan kamera.

8. Time Lapse – Sony Camera

Sony juga turut menghadirkan aplikasi selang video yang bisa digunakan untuk penggunanya. Diberi nama Time Lapse, tentu fungsinya untuk menghasilkan video selang waktu yang sempurna.

Namun, aplikasi ini lebih cocok digunakan untuk HP Android seri Sony Xperia. Jadi, kamu yang menggunakan telepon seri Sony Xperia, bisa menggunakan aplikasi ini.

Menariknya, aplikasi ini sudah mendukung resolusi video 4K. Hal ini membantu kamu untuk menghasilkan video time lapse lebih sempurna dan sangat keren.

Tips Membuat Video Time Lapse di HP Android

Setelah kamu mengetahui beberapa rekomendasi aplikasi time lapse di atas, kami akan memberikan informasi mengenai tips membuat video yang hasilnya keren.

Berikut cara mudah membuat video time lapse menggunakan HP Android:

1. Cari referensi

Sebelum mulai menciptakan video keren, kamu harus mencari referensi video dari kreator lain terlebih dahulu. Kamu bisa mencari videonya di youtube atau media sosial lain untuk dijadikan sumber ide dan inspirasi.

Tidak hanya untuk mengambil ide saja, melainkan juga bisa mengetahui bagaimana cara menempatkan HP supaya video yang dihasilkan terlihat lebih bagus.

Bahkan, kamu juga bisa mengeksplor alat bantu apa saja yang biasa digunakan oleh mereka. Di sini, kamu akan banyak belajar dari para ahli fotografi tersebut demi menghasilkan karya terbaik.

2. Pilih objek yang tepat

Setelah menemukan ide dan inspirasi, kamu bisa langsung turun ke lapangan untuk memulai petualangannya. Namun, pastikan kamu memilih objek yang tepat dan sesuai supaya hasilnya bagus.

Ketika memilih objek, pastikan untuk mempertimbangkan elemen dinamis atau sesuatu yang akan mengalami perubahan visual yang menarik seiring berjalannya waktu, salah satunya matahari terbenam.

Selain itu, terpenting kamu harus mempertimbangkan pula faktor pencahayaan serta kondisi cuacanya. Sebab, faktor ini akan mempengaruhi hasil akhir video selang waktunya.

3. Atur kecepatan time lapse

Sebelum mulai merekam objek, pastikan sudah mengatur kecepatan time lapse sesuai keinginan atau kebutuhan. Hal ini berpengaruh terhadap hasil akhir videonya.

Tujuan pemilihan kecepatan ini akan memberikan efek dramatis sesuai ide awal pembuatan. Tentu, ini akan menghasilkan video selang waktu yang lebih sempurna.

Kecepatan lambat bisa menyoroti perubahan secara detail, sehingga akan menciptakan suasana tenang.

Sementara itu, kecepatan lebih cepat akan memberikan energi dan dinamika di setiap adegan. Maka dari itu, kamu harus mengatur kecepatan dengan tepat untuk menghasilkan karya lebih baik.

4. Gunakan HP yang mendukung kebutuhan time lapse

Terakhir, pastikan memilih dan menggunakan HP yang mendukung kebutuhan time lapse. Sebab, pemilihan perangkat yang tepat akan berpengaruh terhadap hasil akhir videonya.

Kendati demikian, smartphone sekarang ini sudah banyak yang mendukung kebutuhan time lapse, sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi. 

Meski begitu, kamu harus tetap memilih smartphone dengan kualitas kamera yang baik, terutama dalam hal menangkap detail pencahayaan. 

Selain itu, resolusi kamera dan fitur penstabilan gambar juga perlu diperhatikan, supaya hasil karya semakin terlihat profesional.

Kemudian, kamu juga harus memastikan bahwa smartphone yang dipilih sudah mempunyai kapasitas baterai memadai untuk digunakan pengambilan video yang memerlukan waktu lebih lama.

Nah, itulah beberapa rekomendasi aplikasi video time lapse yang bisa kamu pilih dan gunakan di HP Android. Pembahasan di atas juga sudah dijelaskan mengenai tips membuat video selang waktu supaya hasilnya lebih profesional dan sempurna.

Bagaimana? Apakah kamu masih merasa kebingungan? Tentu, sudah tidak lagi, bukan?

Untuk informasi dan tips–tips menarik lainnya, silakan mengikuti berita terbaru dari kami, ya! Dijamin, semua kebutuhan dan masalah kamu ada solusinya di sini!

BACA JUGA: Rekomendasi 10 Aplikasi Edit Video Terbaik di HP Android Terbaru 2024

Written by Atsna Himmatul Aliyah

I have an interest in the SEO, Content Writer, and Copy Writer