Uniknya Danau Leitisvatn di Denmark

Jika biasanya danau berada di tengah-tengah pulau, berbeda dengan danau yang satu ini. Danau Leitisvatn di Kepulauan Faroe, Denmark, bisa dibilang cukup unik dan satu-satunya di dunia. Pasalnya danau ini berada di tebing dan berada 30 meter di atas lautan.

Danau Leitisvatn dilihat dari udara
Danau Leitisvatn dilihat dari udara

Dilansir Unusualplace, Jumat (7/2/2014), danau ini berada di Pulau Vagar dengan luas danau sebesar 3,4 kilometer persegi. Selain ukurannya yang besar, danau ini juga terkenal karena pemandangan cantiknya. Jika dilihat dari udara, Danau Leitisvatn ini terlihat seperti danau dengan dua tingkat.

Danau Leitisvatn dilihat dari udara
Danau Leitisvatn dilihat dari udara

Uniknya danau ini jelas mengundang banyak wisatawan untuk berkunjung ke danau ini. Kebanyakan dari mereka datang ke danau ini karena penasaran dan ingin berfoto-foto di danau ini sebagai kenang-kenangan. Tidak sedikit juga yang datang ke danau ini hanya untuk memancing.

Desa di sekitar danau
Desa di sekitar danau

Sayangnya, ketenaran danau ini membuat dua desa yang berada di dekatnya, yaitu Sorvagur dan Midgavur, jadi bertikai. Penduduk Sodvagur menyebut danau ini sama dengan nama desa mereka. Sedangkan Midgavur, menyebut nama danau ini dengan Leistisvatn. Agar tidak terjadi pertengkaran lebih lanjut, ekdua belah pihak sepakat untuk menyebut danau ini dengan nama Vatni, yang berarti danau. (tom)