Air Terjun Telun Berasap, Keindahan Tersembunyi di Kerinci Seblat


Jika menjejakan kaki di Gunung Kerinci, jangan melupakan satu hal yang terdapat di dalamnya. Pastikan Anda berkunjung dan melihat pemandangan indah nan rupawan khas Taman Nasional Kerinci Seblat, yakni Air Terjun Telun Berasap.

Suara gemuruh air terjun yang deras jatuh dari ketinggian 50 meter ini dijamin memukau siapapun yang melihatnya. Telun Berasap tersembunyi di tengah lebatnya pepohonan Gunung Kerinci, air terjun mengalir deras menghantam bebatuan dan berhulu di Danau Gunung Tujuh.

Menurut warga sekitar, nama Telun Berasap berasal karena proses aliran air yang jatuh dari ketinggian sehingga menciptakan kabut air di sekelilingnya. Yang lebih istimewa lagi, ketika sinar matahari menyinari butiran uap air yang melayang di udara seolah melayang dan menciptakan kilau warna-warni.

Selain itu, terdapat sebuah goa pada air terjun ini yang mana bisa dimasuki, namun sangat sulit. Goa tersebut sulit dilewati karena air terjun yang turun sangat deras sekali. Belum ada orang yang pernah memasuki goa Air Terjun Telun Berasap.

Untuk Anda yang ingin menikmati pemandangan air terjun ini dari ketinggian, di sekitar area air terjun terdapat sebuah pondok yang memungkinkan Anda melihat pemandangan dari atas.

Bagi Anda yang ingin datang menikmati pemmandangan air terjun ini, bisa melalui dua cara yakni melalui Kota Padang menuju Tapan yang kemudian dilanjutkan hingga ke wilayah Sungai Penuh membutuhkan waktu hingga 7 jam atau bisa juga melalui Kota Jambi menuju Sungai Penuh dengan perkiraan waktu 10 jam. Sedangkan untuk menuju lokasi air terjun, Anda harus menempuh anak tangga sejauh 300 meter. Anak tangga ini sudah dikelola dan ditata rapi, jadi Anda tidak perlu khawatir akan menghadapi medan yang sulit dan terjal untuk sampai ke air terjun. (dea)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak