Serunya Bermain Air di Lembah Salaka


Kota hujan Bogor memang terkenal dengan tempat wisata alamnya. Kota yang letaknya sekitar dua jam dari Jakarta ini memiliki pesonanya tersendiri sebagai tempat liburan. Kawasan Puncak yang terkenal dengan kesejukannya selalu menarik perhatian warga Ibu Kota untuk menghabiskan akhir pekan di kawasan Puncak.

Namun, Bogor tak hanya memiliki kawasan wisata Puncak saja yang bisa dijadikan tempat asyik liburan. Kawasan Gunung Halimun Salak atau yang dikenal dengan Salak Ensah bisa menjadi alternatif liburan Anda jika berkunjung ke Bogor.

Disini Anda akan menemukan banyak air terjun alami atau yang biasa disebut curug oleh warga sekitar. Airnya jernih dan menyejukan, ketika Anda menceburkan diri ke dalamnya, Anda akan merasakan segar dan dinginnya air yang langsung berasal dari mata air gunung. Sejuk sekali!

Dikutip dari kompas.com (Sabtu, 14/6/2014), Gunung Salak Endah terletak di daerah Leuwiliiang-Bogor. Jarak tempuhnya hanya dua jam dari Jakarta melalui tol Jagorawi kemudian terus menuju arah Dramaga-IPB. Rute ini jauh dari Puncak sehingga Anda tak perlu khawatir akan macet. Ada enam curug yang letaknya berdekatan di kawasan Salak Endah yakni Curug Pangeran, Curug Ngumpet 1, Curug Ngumpet 2, Curug Seribu, dan Curug Cigamea. Curug Cihurang, Curug Ngumpet 1, Curug Cihurang, dan Curug Ngumpet 2. Curug-curug tersebut termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Halimun Salak (TNHS).

Kawasan wisata air terjun tersebut letaknya memiliki lahan parkir yang luas untuk parkir mobil. Jaraknya pun tak jauh dan tak menanjak. Hal inilah yang membuat kawasan wisata air terjun ini menajdi favorit berlibur keluarga karena treknya yang aman dan mudah dijangkau, anak-anak maupun orang tua.

Jika Anda mampir ke Curug Ngumpet 1, Anda akan melihat derasnya air terjun yang dikelilingi pepohonan. Jarak tempuhnya hanya 15 meter saja dari pintu masuk dan hanya diminta biaya masuk sekitar Rp 5.000. Walaupun tidak terllau tinggi, air terjun yang satu ini memiliki pesonanya tersendiri. Tak ada alasan untuk tidak menceburkan diri ke dalam jernihnya kolam yang airnya berasal langsung dari derasnya air terjun.

Jika ingin air terjun yang lebih besar, Anda bisa berkunjung ke Air Terjun Cihurang. Di air terjun ini Anda akan menemukan kolam air terjun dengan kedalaman hingga 1 meter.

Soal makanan, tenang saja. Di sekitar kawasan wisata air terjun ini Anda akan menemukan banyak warung0warung kecil yang menyediakan berbagai makanan dan teh hangat.

Ingin wisata alam yang dekat dan murah? Datang saja ke Bogor dan temukan sensasi liburan yang menyenangkan. (dea)

 


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak