Bahaya! Tidur dengan Lampu Terang Sebabkan Obesitas


Bagi Anda yang tidur selalu menyalakan lampu, sebaiknya kini tak dilakukan lagi. Pasalnya, sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa tidur saat lampu menyala terang dapat menyebabkan pinggang semakin melebar.

Tim ilmuwan dari Cancer Research di London menemukan bahwa lingkar pinggang seorang wanita akan membesar jika tempat tidurnya memiliki lampu yang sangat terang di malam hari.

Studi yang melibatkan 113.000 wanita di Amerika ini membandingkan jawaban-jawaban mereka dengan beberapa ukuran obesitas. Mereka ditanya mengenai tingkat penerangan lampu kamar ketika membaca, ketika melihat ke kamar sebelah, kemampuan melihat objek di depan, atau melihat tangan sendiri.

Hasilnya terbilang mengejutkan, massa tubuh, index, rasio pinggang hingga panggul dan lingkar pinggang memiliki angka yang tinggi pada wanita dengan lampu kamar terang. Bahkan, dalam kelompok responden besar ini terdapat hubungan antara paparan sinar lampu di malam hari dengan kelebihan berat badan atau obesitas.

“Namun begitu belum ada bukti yang bisa digunakan untuk mewajibkan orang-orang memiliki lampu kamar yang lebih gelap. Membuat lampu gelap belum tentu akan membuat perbedaan pada ukuran berat badan. Mungkin ada beberapa penjelasan yang berhubungan dengan ini. Namun penelitian ini bisa menjadi dasar untuk penelitian lanjutan,” ujar Prof Anthony Swerdlow, seperti dilansir BBC, Senin (16/6/2014).

Swerdlow mengatakan bahwa cahaya terang di malam hari akan mengacaukan pengenalan waktu dalam tubuh. “Tubuh tidak bisa mengenali waktu malam jika keadaan lampu terang di malam hari. Hal ini akan mengacaukan kekuatan perasaan dan fisik untuk mengenali rasa kenyang dan keinginan untuk makan. Produksi hormon tidur melatonin juga akan tertunda karena kekacauan waktu tersebut,” ujar Swerdlow.

Meski demikian, para ilmuwan tak mewajibkan wanita untuk mematikan lampu saat malam. Pasalnya, ilmuwan hanya ingin menitikberatkan pada pentingnya tingkat penerangan lampu.

“Studi ini menitikberatkan pada pentingnya cahaya gelap. Lagipula lampu jalan, beberapa jam alarm dan lampu stanby pada perangkat elektronik bisa dijadikan penerangan yang cukup,” tutupnya. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak