Buah Kaya Manfaat yang Populer Saat Ramadan


Memasuki bulan Ramadan, ada beberapa buah yang jarang kita temui sebelum Ramadan menjadi banyak tersedia di mana-mana. Selain nikmat dikonsumsi saat berbuka puasa, buah-buah ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan kita. Berikut adalah beberapa buah yang populer ketika bulan Ramadan tiba, dilansir dari Detik, Sabtu (5/7/2014).

1. Blewah

Blewah
Blewah

Blewah, atau yang bernama ilmiah Cucumis melo L. adalah salah satu buah yang banyak dijual di bulan Ramadan, namun jarang ditemukan di bulan-bulan lain. Daging buahnya yang berwarna oranye bertekstur agak kenyal dan berair. Biasanya daging buah blewah diserut memanjang dan disajikan bersama es sirop atau dijadikan campuran es buah untuk berbuka puasa. Manfaat dari blewah ini antara lain adalah dapat mengatasi maag, menurunkan tekanan darah, sampai mencegah kanker rahim.

2. Kolang-kaling

Kolang-kaling
Kolang-kaling

Kolang-kaling atau buah atap berasal dari pohon enau atau aren (Arenga pinnata). Bentuknya lonjong dan berwarna putih transparan dengan tekstur kenyal. Biasanya kolang-kaling saat Ramadan menjadi salah satu bahan yang ada di kolak. Beberapa manfaat dari kolang-kaling antara lain adalah dapat melancarkan pencernaan, memperkuat tulang, dan mengatasi radang sendi.

3. Kurma

Kurma
Kurma

Buah khas Timur Tengah ini banyak diimpor menjelang bulan Ramadan. Buahnya yang kecil lonjong dan berwarna cokelat kehitaman sering dimakan untuk mengawali berbuka puasa, agar sesuai dengan hadis Nabi yang menyebutkan akan lebih baik berbuka dengan yang manis, salah satunya adalah buah kurma. Buah kurma baik dikonsumsi ibu hamil. Selain itu, konsumsi kurma juga dapat melancarkan buang air besar, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sampai menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Timun Suri

Timun suri
Timun suri

Timun suri sebenarnya bukan buah musiman, namun kebanyakan petani menanam timun suri hanya saat menjelang Ramadan. Daging buah timun suri yang berwarna putih pulen ini biasanya dipotong-potong dan dicampurkan dengan es sirop sebagai sajian berbuka puasa. Sementara manfaat dari timun suri ini bermacam-macam, di antaranya adalah mencegah flu dan infeksi, menghilangkan racun dalam tubuh, sampai mencegah penuaan dini. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak