Efek Tidur Setelah Waktu Subuh


Setelah habis waktu sahur atau setelah salat Subuh biasanya beberapa di antara kita biasanya ada yang tidur lagi bukan? Padahal sebenarnya kebiasaan tidur lagi sehabis Subuh bukanlah kebiasaan yang baik. Lho mengapa?

Dikutip dari solopos.com (Rabu, 9/7/2014), tidur lagi setelah waktu Subuh atau solat subuh bagi yang muslim tidak dianjurkan. Menurut psikolog dari Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Soleh Amini, hal itu merupakan sesuatu yang buruk baik secara psikologis maupun fisik.

Dampak yang akan diperoleh secara psikologis ketika tidur setelah subuh adalah berupa lazy syndrome atau sindrom kemalasan. Waktu setelah Subuh adalah waktu yang paling nikmat untuk tidur, ketika seseorang sudah tertidur di waktu ini maka rasa malas pun akan bermunculan dan membuat enggan untuk beraktivitas.

Sementara dampak yang akan dirasakan secara fisik adalah akan menghambat metabolisme kerja otak sehingga otak mengalami kebekuan otak. Seseorang yang tidur pada waktu Subuh akan melepaskan kesempatan bagi tubuh untuk menghirup udara segar dan bersih pagi hari yang baik untuk kesehatan otak dan tubuh.

“Kalaupun sangat mengantuk, sebaiknya ditahan dulu. Misalnya dengan membasuh muka, ” ujar Soleh Amini.

Nampaknya, kebiasaan yang dilakukan orang Jepang patut ditiru. Orang Jepang sudah terbiasa bekerja mulai dari pagi hari dan akan beristirahat pada pukul 09.30 ketika matahari mulai meninggi. Jika memang seseorang kurang tidur pada waktu malamnya, lebih baik tidur lagi ketika matahari sudah terbit, hal itu akan membuat tubuh memiliki kesempatan melewati waktu Subuh menjadi lebih produktif.

Dampak lain dari rasa malas yang menimpa seseorang adalah biasanya ketika berhubungan  dengan orang lain akan mencari orang yang bisa menguntungkan dirinya dan mejadi pribadi yang tidak suka bekerja keras untuk mendapatkan apa yang diinginkannya.(dea)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak