Waspada! Pakai High Heels Sebabkan Cedera Lutut


Bagi kaum hawa, mengenakan sepatu berhak tinggi (high heels) dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka. Selain itu, para wanita juga terlihat seksi jika memakai high heels.

Namun, tahukah Anda bahwa ternyata memakai sepatuh high heels bisa bikin cedera lutut. Terkait hal ini, Dr. L. Andre Pontoh, SpOT (K), Dokter spesialis bedah orthopedi di Rs Pondok Indah membenarkan soal itu.

Ia mengatakan, memakai sepatu hak tinggi sangat berbahaya untuk lutut, di mana bisa membuat tulang rawan lutut wanita mengalami pengkapuran dini. Pasalnya, tekanan sendi lutut meningkat sebanyak 26% ketika wanita mengenakan high heels.

“Sepatu hak tinggi itu sepatu hak yang lebih dari empat centimeter. Artinya jarak dari kaki dan tumit lebih dari empat centimeter. Inilah yang berbahaya, yang bisa menyebabkan perkapuran dini. (tulang rawan),” ujar Dr. Andre

Dilansir Okezone, Dr. Andre menambahkan, terdapat dua hal yang bisa menyebabkan wanita mengalami perkapuran dini. Pertama,wanita yang memiliki sepatu hak tinggi setiap hari dan sudah menjadi daily activities.

Kedua, naik turun tangga itu berisiko membuat perkapuran dini. “Terlepas naik turun tangga baik untuk jantung, tapi sebaiknya dihindari jika wanita punya masalah lutut,” lanjutnya.

Terakhir, Dr. Andre pun menjelaskan gejala munculnya nyeri di lutut. Waspadalah jika Anda duduk kemudian berdiri muncul nyeri sakit. Itu artinya Anda terkena perkapuran dini. “Nah, kalau sudah ada bunyi ‘kretek-kretek’ tuh, berarti sudah tanda awal gejalanya,” tutup Dr. Andre.

Selain mengakibatkan cedera lutut, sering memakai high heels juga menyebabkan gejala lain seperti otot tubuh mengecil, radang ibu jari, kerusakan tulang telapak kaki, memicu tubuh melengkung, penyebab tumor jinak, resiko penyakit osteoarthitis, dan resiko sering keseleo,

Jika Anda tak ingin mengalami cedera lutut, sebaiknya pilih high heels yang lebih pendek. Selain itu, kurangilah waktu pemakaian high heels untuk mencegah masalah pada kaki Anda.


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak