Wah! Es Krim Ini Terbuat dari Kulit Manggis


Manggis adalah salah satu buah yang memiliki daging berwarna putih dengan tekstur sedikit berserat namun renyah. Rasa buah ini pun sangat manis dan menyegarkan karena mengandung banyak air.

Sebagaimana diketahui, munculnya iklan bertema kulit manggis sontak menarik perhatian khalayak ramai. Sampai-sampai, iklan tersebut menjadi populer dan kerap dibuat kreativitas dalam bentuk lain.

Siapa sangka? Bermula dari melihat iklan tersebut, ternyata kulit manggis dapat dinikmati dalam bentuk es krim. Adapun kreasi unik itu dibuat oleh mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Dilansir WowKeren, Rabu (16/7/2014), Tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan menjelaskan bahwa kulit manggis memiliki manfaat bagi tubuh.

Meski begitu, pemanfaatan kulit manggais dinilai belum maksimal. Pasalnya, tak sedikit orang yang mengklaim bahwa manggis yang lezat hanya buahnya. “Sebagian besar masyarakat membuang begitu saja kulit manggis tersebut setelah diambil dagingnya,” ucap Ani Rahmawati.

Kyki Roshita Dewi dan Yuyun Amsari juga menambahkan bahwa pemilihan dalam bentuk es krim lantaran mudah dibuat dan dapat dinikmati kapan saja oleh semua orang.

Meski terbuat dari kulit manggis, namun rasa es krim ini tidak pahit. Es krim ini pun memiliki tiga varian rasa yakni cokelat, vanila dan stroberi. Lebih lanjut Ani dan rekan-rekannya mengatakan, kulit manggis sangat perlu untuk diperhatikan dari segi nilai ekonomis dan kesehatannya.

Pasalnya, kulit manggis diketahui memiliki senyawa antioksidan yang bermanfaat juntuk mencegah kanker. “Kulit manggis mengandung zat yang baik untuk kesehatan yakni senyawa golongan xanton,” jelas Ani.

“Dari percobaan isolasi yang dipandu uji aktivitas diketahui senyawa paling aktifnya adalah alfa-mangostin, gamma-mangostin, dan garsinon-E.” lanjutnya

Namun, Anda harus berhati-hati lantaran kulit manggis mengandung kadar resin, serat kasar, dan tanin yang bisa mengakibatkan gangguan pencernaan jika dikonsumsi terlalu banyak. (nha)

 


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak