Studi: Pengguna Angkot Relatif Lebih Kurus


Dalam berpergian ke suatu tempat, Anda biasanya menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum? Jika Anda kerap memakai kendaraan pribadi, maka sebaiknya hal ini harus dihindari. Pasalnya, belum lama ini studi terbaru di Inggris menyatakan bahwa orang yang menggunakan transportasi umum, sepeda, dan berjalan kaki menuju tempat kerja cenderung lebih kurus daripada orang yang menaikin kendaraan pribadi.

“Anda mungkin dapat memangkas kesempatan memiliki berat badan berlebih dan mencapai komposisi tubuh sehat juga,” tutur Ellen Flint, selaku peneliti yang memimpin studi, seperti dilansir kantor berita Reuters, Rabu (20/8/2014)

Flint dan rekan-rekan sesasam peneliti dari London School and Tropical Medicine dan University College London telah mensurvei data yang dikumpulkan dari sampel nasional warga Inggris. Hasilnya, peneliti sukses mengumpulkan data lemak tubuh dari 7.424 responden dan indeks massa tubuh dari 7.534 responden.

Selain itu, survei juga menjelaskan terdapat 76% dan 72% wanita menggunakan kendaraan pribadi, khususnya mobil ke tempat kerja. Sedangkan, 10% pria dan 11% wanita menggunakan transportasi umum. Sisanya yakni 14% pria dan 17% wanita memilih transportasi umum, berjalan kaki atau bersepeda ke tempat kerja.

Hasil ini telah disesuaikan dengan beberapa faktor seperti status sosial ekonomi serta olahraga. Para peneliti mengklaim bahwa orang yang berjalan kaki, bersepeda, dan menggunakan transportasi umum memiliki rata-rata indeks massa tubuh serta persentase lemak tubuh lebih rendah dibandingkan orang yang menggunakan kendaraan pribadi.

“Bila Anda membandingkan transportasi umum dengan kendaraan pribadi, hasilnya cukup mirip dengan ketika Anda membandingkan active transport dengan kendaraan pribadi,” imbuh Flint.

Meski demikian, pada intinya penelitian ini tidak bisa membuktikan bahwa active transport dan menggunakan transportasi umum bisa menurunkan berat badan. Sebaiknya, cermatlah dalam memilih transportasi yang baik bagi diri Anda. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak