Halo Halo, Es Campur Ala Filipina


Es campur mungkin sudah sering Anda jumpai, karena banyak tersedia di pinggir jalan maupun restoran-restoran. Namun Anda mungkin belum pernah mencicipi es campur ala negara Filipina. Seperti apa es campur ala Filipina itu?

Es campur ala Filipina itu bernama Halo Halo. Sebutan unik untuk dessert ini membuat tak sedikit orang jadi penasaran. Tampilannya berwarna-warni memikat plus topping melimpah, dan mampu menghilangkan dahaga. Di dalam es unik ini terdiri dari es krim, agar-agar, kacang merah, pisang, dan nangka. Sesuai namanya, es ini diberi nama Halo karena memang Halo dalam bahasa Tagalog berarti campur.

Biasanya orang mengenali Halo Halo ini dari es krim dan juga agar-agarnya. Dilansir dari Detik, Jumat (5/9/2014), umumnya Halo Halo memakai topping es krim berwarna menyala yang terbuat ubi ungu. Namun karena dessert ini sudah mulai diadopsi di banyak negara, es krim yang dipakai juga makin beragam seperti cokelat, vanila dan stroberi.

Untuk isiannya es campur ini ditata rapi dalam gelas cekung yang besar atau bahkan mangkok. Isiannya tak jauh berbeda dengan es campur biasa. Jagung manis ditaruh di dasar gelas, kemudian nangka, kacang merah, kelapa muda, dan yang terakhir irisan pisang. Setelah itu agar-agar yang dipotong dadu berwarna merah, hijau dan kuning.

Rasa manis Halo Halo bukan cuma berasal dari es krim, tetapi juga dari campuran susu dan sedikit gula cair. Cara menikmati Halo Halo juga tergantung selera, ada yang suka mengaduk es krim dan isinya menjadi satu atau ada juga yang lebih suka menikmati es krimnya terlebih dahulu.

Bila Anda pensaran dengan es campur ala Filipina ini, Anda bisa coba mendatangi mal-mal yang ada di daerah Anda, karena kini sudah mulai banyak mal yang menjual Halo Halo ini. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak