Kamar Warna Biru Bikin Tidur Lebih Nyenyak


Anda mungkin akan merasa sangat sulit untuk tidur saat stress, terlalu lelah atau terlalu banyak pekerjaan. Anda mungkin akan menggunakan beberapa cara seperti menggunakan selimut, menghirup aromaterapi atau menikmati secangkir susu hangat jika Anda merasa sulit untuk tidur.

Namun ternyata ada cara yang lebih mudah lagi, yaitu menggunakan warna biru sebagai warna kamar Anda. Suzy Chiazzari, seorang ahli terapi holistik dan konsultan interior desain, mengungkapkan bahwa kualitas dan kuantitas tidur Anda setiap malamnya dipengaruhi oleh cahaya dan warna kamar tidur Anda.

Dilansir dari Travelodge, Jumat (12/9/2014), sebuah survey yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh warna cat tembok terhadap kualitas tidur, menemukan bahwa warna biru adalah warna cat tembok yang paling menenangkan.

Penelitian ini melibatkan responden sebanyak 2 ribu orang dan menemukan hasil bahwa perasaan akan lebih tenang, denyut jantung akan lebih lambat dan tekanan darah akan berkurang dengan adanya penggunaan warna biru pada kamar tidur.  Selain itu, seseorang juga dapat tertidur dengan lebih nyenyak selama delapan jam dalam semalam dengan kamar tidur yang memiliki cat warna biru. Pagi harinya, mereka juga bisa bangun dengan perasaan senang dan pikiran positif.

“Setiap manusia memiliki reseptor saraf khusus yang disebut sel ganglion retina di mata. Bagian inilah yang paling sensitif terhadap warna biru. Reseptor ini akan memberikan informasi umpan ke dalam otak, dan mengontrol irama otak selama 24 jam, dan memengaruhi aktivitas dan perasaan setelah bangun tidur,” kata Chris Idzikowski, seorang ahli tidur dari Edinburgh Sleep Centre.

Sedangkan warna yang sebaiknya Anda hindari untuk kamar tidur Anda adalah abu-abu, cokelat dan ungu. Warna-warna tersebut adalah warna-warna gelap yang tidak disarankan untuk digunakan karena dianggap menyedihkan dan terlalu suram.

Meskipun warna ungu dapat memberi kesan elegan dan mewah, namun warna tersebut berhubungan kuat dengan alam bawah sadar seseorang. Anda akan mengalami mimpi buruk di malam hari dan merasa lelah di pagi hari karena warna ungu akan merangsang kreativitas di alam bawah sadar. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
31
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak