Sate Bu Bejo, Kuliner Kesukaan Presiden Jokowi


Jika berkunjung ke Solo, sempatkan diri untuk mampir ke warung sate milik Bu Bejo yang berlokasi di daerah Lodjiwetan. Tempat makan ini merupakan favoritnya para presiden. Presiden Soeharto dan Presiden baru Joko Widodo sering mampir ke warung ini.

Dikutip dariĀ viva.co.id (Selasa, 21/10/2014), sate Bu Bejo sudah berdiri sejak 42 tahun silam. Awalnya dikelola oleh sang suami Pak Bejo, tapi setelah sang suami meninggal, akhirnya warung sate ini dikelola oleh sang istri yang bernama Siti Ngaisyah atau yang akrab disapa BU Bejo.

Sejak awal berdiri, makanan yang ada di warung ini menggunakan bahan utama daging kambing. Mulai dari sate, tengkleng, gulai, tongseng, hingga sate buntel. Sate buntel merupakan sate yang paling banyak penggemarnya di warung ini.

Sate buntel berbeda dari sate biasa. Daging yang digunakan merupakan daging kambing yang telah dicincang kemudian dibungkus oleh lemak kambing dan dibakar.

Setelah dibakar hingga matang. Sate kemudian disajikan bersama bumbu yang terbuat dari campuran bawang merah, asam, jinten, merica, gula jawa, ketumbar dan kecap. Perpaduan rasa gurih, manis, dan asin berpadu sempurna.

Rasanya yang khas membuat para pesohor negeri menyempatkan diri untuk makan sate buntel di warung ini. Seperti presiden ketujuh Jokowi yang telah menjadi langganan dari warung sate Bu Bejo.

“Kalau Pak Jokowi itu sudah langganan sejak dulu. Pak Harto juga sering pesan di sini,” jelas Bu Bejo.

Diakui Bu Bejo, Presiden Jokowi telah menjadi langganan sejak dirinya menjabat sebagai wali kota Solo. Selain sate, Jokowi pun sering memesan tongseng dan tengkleng.

Selain Pak Soeharto dan Jokowi. Pejabat negara lainnya yang pernah berkunjung adalah Mari Eika Pangestu dan Andi Malarangeng.

Satu porsi sate buntel dibanderol dengan harga Rp 37.000. Setiap harinya warung Bu Bejo buka mulai 07.30 WIB hingga 17.00 WIB. (dea)

 


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak