Mengenal Kanker Serviks dan Cara Mencegahnya


Artis Julia Perez diketahui mengidap kanker serviks stadium 2A. Hal ini membuat publik terkejut, karena pedangdut yang akrab disapa Jupe tersebut sebelumnya tidak diketahui mengidap penyakit tersebut. Lantaran penyakit itu juga, Jupe nekat melakukan suntik sperma agar memiliki keturunan walaupun sudah banyak pihak yang melarangnya.

Lantas bagaimana kanker serviks bisa terjadi dan bagaimana cara pencegahan agar seseorang tidak sampai terkena kanker serviks?

Kanker serviks atau kanker mulut rahiim biasanya menyerang wanita. Penyakit ini disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik. Virus ini menyerang leher rahim wanita. Wanita yang mengidap kanker ini tidak merasakan apapun pada gejala awalnya. Tetapi, pada stadium lanjut gejalanya akan terasa seperti keputihan yang tidak normal, pendarahan pasca menopause, dan keluar cairan kekuningan bercampur darah dan memiliki bau yang tidak sedap.

Dikutip dari berbagai sumber (Rabu, 29/10/2014), kanker serviks bisa timbul dari berbagai faktor mulai dari faktor kebersihan, seperti penyakit menular seksual, keputihan pada vagina yang dibiarkan terus-menerus tanpa diobati, atau membasuh kemaluan tidak menggunakan air bersih.

Ada beberapa cara untuk mencegah kanker serviks ini muncul yakni dengan melakukan vaksin HPV pada wanita yang berusia 10 hingga 55 tahun atau bisa juga melakukan screening.

Selain itu juga bisa dengan cara yang alami dengan mengonsumsi buah dan sayuran setiap hari. Penelitian yang dimuat dalam jurnal Cancer Research tertulis bahwa mamakan sayur atau buah alami dalam jumlah yang tinggi dapat melawan infeksi dari virus HPV.

Namun jika sudah mengalami kanker serviks dengan stadium yang cukup serius bisa dilakukan pengobatan dengan cara operasi pengangkatan mulut rahim, radioterapi, hingga kemoterapi.

Saat ini kesadaran akan bahaya kanker serviks masih sekitaDari penelitian yang dilakukan oleh Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) tahun 2011, hanya sekitar 60% yang peduli terhadap kanker serviks. Pencegahan sejak dini sangat penting dilakukan agar tidak menyesal di kemudian hari.(dea)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak