Hati-hati, Penyakit Diare Melanda Musim Kemarau


Diare adalah sebuah penyakit dimana penderitanya mengalami rangsangan buang air besar yang terus menerus dengan tinja yang mempunyai kandungan air berlebihan.

Salah satu wilayah di Indonesia tepatnya di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, saat ini tengah diterjang oleh penyakit diare yang menimpa para warganya. Hal ini disebabkan Kabupaten Bangkalan kekurangan air bersih yang terjadi sepanjang musim kemarau

Untuk mencegah penyakit ini agar tak menyebar luas, penduduk Kabupaten Bangkalan diminta berhati-hati. Sebagaimana diketahui, penyakit diare akan menyerang terhadap tubuh manusia yang kekurangan cairan. Tak hanya itu saja, seseorang yang tidak menerapkan pola hidup bersih dan sehat juga bisa terjangkit penyakit diare.

“Walaupun penyakit diare tidak berbahaya, tapi masyarakat harus mewaspadai supaya terhindar dari diare,” papar dr Nur Aida Rachmawati selaku Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangkalan, seperti dilansir HealthOkezone, Kamis (30/10/2014).

Lebih lanjut dr Nur menambahkan, sekarang tren diare mulai mengalami peningkatan di saat musim kemarau. Namun, belum masuk Kejadian Luar Biasa (KLB). Banyak faktor yang bisa menyebabkan diare menyerang manusia, salah satunya adalah kesalahan dalam mencuci tangan.

“Biasakan cuci tangan yang bersih sebelum makan. Kemudian jangan lupa untuk mengendalikan lingkungan terutama jentik nyamuk,” lanjut dr Nur

Ternyata, bukan hanya diare saja, ada pula penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang juga patut diwaspadai. Ia menyarakankan kepada masyarakat agar jangan sampai ada genangan air yang tertampung.

“Karena itu akan menjadi tempat jentik nyamuk untuk berkembang biak. Oleh karena itu, masyarakat harus rajin menguras bak mandi dan menjaga lingkungan bersih agar terhindar dari penyakit ini,”¬†tutur dr Nur.

Beberapa gejala seperti sakit perut, sering mual dan muntah, buang air besar terus menerus, nafsu makan berkurang, demam tinggi, nyeri pada punggung, perut berbunyi juga menyebabkan timbulnya penyakit diare. Oleh sebab itu, pola hidup sehat sangat penting diterapkan agar terhindar dari penyakit ini.

(nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak