Studi: Posisi Duduk Berkaitan dengan Suasana Hati


Setiap harinya, manusia pasti senantiasa melakukan aktivitas duduk. Baik itu di rumah, di kantor, di sekolah, maupun ditempat-tempat lain. Saat duduk, seseorang kerap memakai posisi yang berbeda, ada yang duduk dengan posisi lurus, bahkan duduk posisi menunduk.

Terkait hal ini, sebuah studi yang dilakukan University of Auckland di New Zealand mengungkapkan bahwa posisi duduk sangat erat hubungannya dengan suasana hati. Mereka menjelaskan bahwa posisi duduk tegak diklaim sebagai cara efektif untuk meredakan rasa stres atau suasana hati yang tengah kacau.

Mereka menyatakan bahwa seseorang yang duduk tegak dengan bahu lurus cenderung memiliki suasana hati yang lebih baik dibandingkan mereka yang duduk menunduk atau dengan bahu terkulai, saat harus menghadapi kondisi stres.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (31/10/2014), hal itu dikarenakan postur tubuh yang berpengaruh terhadap suasana hati. Pasalnya, posisi otot yang berbeda akan mempengaruhi fungsi hormon dan sistem saraf dalam tubuh manusia.

Untuk membuktikannya, para peneliti melibatkan sebanyak 74 responden dan meminta mereka duduk tegak atau membungkuk. Selanjutnya, para responden tersebut diminta menceritakan tentang karier impian mereka selama lima menit.

Hasilnya, seseorang yang duduk tegak diklaim memiliki rasa percaya diri lebih tinggi, suasana hati yang lebih baik dan rasa takut yang lebih rendah. Tak hanya itu saja, seseorang dengan posisi duduk tegak juga menggunakan kata-kata yang lebih positif ketika berbicara dengan orang lain.

Sebaliknya, mereka yang duduk membungkuk terlihat lebih tegang, cenderung gugup dan berlaku kasar. Selain itu, seseorang dengan posisi duduk membungkuk cenderung pasif dan lebih cepat lelah.

Studi ini pun mengutarakan bahwa duduk tegak rupanya mempunyai manfaat lebih dalam menangani stres. Studi ini pun diterbitkan di jurnal Health Psychology. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak