5 Band yang Langsung Tenar Lewat Debut Single

Sebuah band atau seorang penyanyi baru, dalam membangun karir dalam industri musik tentulah tidak mudah. Mereka harus melalui banyak proses jatuh bangun di dalamnya. Namun, ada juga yang baru membuat debut single, malah langsung membawakan kesuksesan besar bagi sang musisi tersebut. Tak jarang, keberhasilan debutnya itu, bertahan terus selama bertahun-tahun karirnya di industri musik dunia. Dilansir dari Kapanlagi, Sabtu (1/11/2014), berikut adalah 5 band yang langsung tenar lewat debut single.

1. Arctic Monkeys

Arctic Monkeys
Arctic Monkeys

Sejak merilis debut single pertamanya sembilan tahun yang lalu, nama Arctic Monkeys langsung menjadi pembicaraan oleh penikmat musik di seluruh dunia. Lagu fenomenal mereka tersebut adalah, “I Bet You Look Good On The Dance Floor”. Dirilis pada tanggal 17 Oktober 2005 silam, single ini langsung melesat menduduki urutan teratas UK Single Chart. Bahkan single tersebut mampu untuk menggeser nama tenar kala itu, seperti Sugababes dan Robbie Williams.

2. The Killers

The Killers
The Killers

11 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 29 September 2003, The Killers mencetak kesuksesannya dengan debut single “Mr. Brightside”. Lagu ini langsung melesat ke dalam jajaran 10 besar di chart musik Amerika dan Inggris. Tentu saja, pencapaian ini langsung berimbas pada karir bermusik band ini. Nama dan aksi panggung mereka, begitu sangat ditunggu-tunggu oleh para penikmat musik dunia saat itu.

3. Weezer

Weezer
Weezer

Lewat debut single Weezer berjudul “Undone-The Sweater Song” pada 1994 silam, band ini langsung diganjar penghargaan triple platinum. Tak hanya itu, kritik positif dari para pengamat musik dunia pun membanjiri mereka. Sang frontman, Rivers Cuomo juga sempat berkomentar perihal hits single-nya ini. “Ini adalah sebuah perasaan yang kau dapat ketika mengetahui kereta yang kau tumpangi berhenti, dan tiba-tiba ada orang kerdil datang mengetuk pintumu. Seharusnya ini menjadi lagu sedih, namun orang-orang banyak malah menilai kalau ini begitu lucu,” terangnya.

4. Radiohead

Radiohead
Radiohead

Siapa yang tidak kenal dengan lagu “Creep” dari Radiohead? Meskipun termasuk lagu yang lama, namun hingga saat ini, terbukti masih sangat enak untuk didengarkan dan dinikmati. Berkat lagu ini pula, Radiohead dapat menorehkan kesuksesan di awal karir bermusik meraka pada 1992 silam. Sebelumnya, lagu ini banyak yang memprediksi tidak akan meledak, namun ternyata prediksi mereka salah.

5. The Strokes

The Strokes
The Strokes

Melalui single debut “The Modern Age” yang rilis pada tahun 2001 silam, nama The Strokes langsung menjadi pembicaraan para penikmat musik dunia. Lewat single ini, The Strokes mulai meracuni industri musik dunia dengan genre garage rock ala mereka. Padahal, saat itu publik sedang diserang oleh wabah Nu Metal seperti, Linkin Park, Limb Bizkit dan Korn. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

STORY: Usai Terbentur Meja, Wanita Buta Ini Bisa Melihat

Ini 8 Kesalahan Film Annabelle